Membangun Komunitas Blog

MEMBANGUN
KOMUNITAS BLOG
Punya blog yang didatangi oleh pengunjung tetap mempunyai banyak keuntungan. Salah satu
keuntungan yang jelas adalah memudahkan pebisnis online memasarkan produknya. Mau
jualan apa saja kemungkinan besar bisa sukses. Kenapa? Karena sudah ada market spesifik
yang sesuai dengan niche yang anda tekuni.Boleh jadi pada awal-awal mereka berkunjung hanya say hello lalu kabur begitu saja. Tapi
kalau tiap hari mereka dicekoki dengan pemikiran-pemikiran anda, maka proses hypnoarticle
(menghipnotis pikiran seseorang melalui artikel blog) makin mudah merasuk ke pikiran mereka.
Emangnya bisa menghipnotis pikiran melalui artikel? Bisa aja dong.

Saya sendiri mengalaminya. Saat baru mengenal dunia blogging, saya telah tersihir oleh daya magis
seorang Joko Susilo sehingga tanpa sadar saya telah menceburkan diri ke dunia blogging
hingga detik ini. Dan banyak newbie lainnya yang mengalami seperti ini. Cuma sebagian besar
dari mereka tidak berani mengakuinya. Hehehe.Oke, kembali ke pokok bahasan. Membangun komunitas blog mungkin terdengar sebagai
perbuatan maha berat bagi seorang newbie. Saya pun pada awalnya berpikir demikian. Untuk
punya „penggemar tetap‟ harus jadi blogger sukses dulu. Harus punya produk yang telah
dipasarkan ribuan affiliate-nya. Plus punya bukti otentik berupa beberapa rekening bank
terkemuka. Kalau perlu ditampilkan juga screen shoot penghasilan online. Wuihh, kelihatannya
too high banget ya.
Idealnya sih memang demikian. Jadi pebisnis online yang punya system otomatis yang mampu
Anda tidak harus menjadi orang sukses untuk mempunyai sebuah komunitas blog.
Menurut saya, ada 2 alasan kenapa pengunjung dengan setia bolak-balik membaca artikel
Anda. Beberapa diantaranya adalah:1. Mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh blog lain.
Keunikan tersebut bisa berupa penyajian artikel dengan bahasa gaul, renyah dan
mudah dipahami. Ada juga yang unik karena menggunakan themes yang tidak biasa.
Pokoknya, segala hal yang berhasil ditangkap oleh panca indera pengunjung dan
menimbulkan kesan mendalam di hati mereka, itulah nilai unik yang Anda punya.
Keunikan ini tidak harus berkonotasi positif. Bahkan blog yang mampu membangkitkan
kemarahan, kejengkelan dan dongkol di hati pembaca, itu juga sisi khas yang patut
diperhitungkan.

2. Menyajikan artikel bermanfaat secara konsisten.
Dua kata kunci di atas adalah „manfaat‟ dan „konsisten‟ Banyak blog yang berlomba-
lomba menawarkan artikel tetapi tidak kontinyu alias kadang waras kadang kumat.
Hahaha. Tidak mudah memang. Mengingat selalu ada daya tarik untuk keluar dari
standard penulisan yang Anda miliki.
Lalu, kapan waktu yang tepat membangun komunitas blog?
Kalau ada pertanyaan, kapan baiknya mulai membangun komunitas blog? Maka saya j awab:
lebih cepat lebih baik. Perkembangan dunia informasi semakin tak terbendung. Setiap saat
selalu tersedia info terkini mengenai satu topic pembicaraan. Kalau anda menunggu sampai
mood itu datang maka saya jamin tidak akan pernah terjadi.
Era informasi telah hampir meniadakan keajegan, yang abadi justru perubahan itu sendiri. Maka
kalau Anda loyo melakukan start, hampir bisa dipastikan Anda akan terlindas kemajuan blogger
lain. Uniknya, sampai beberapa hari lalu, saya masih mendengar keluhan salah satu kawan
blogger yang merasa kesulitan mendatangkan pengunjung dan mau meninggalkan komentar di
blog miliknya.
Duh, saya jadi miris sendiri. Pengguna internet di Indonesia (saya tidak sebut di dunia)
jumlahnya jutaan orang dan terus bertambah seiring perkembangan mobile broadband access.
Masak dari sekian banyak manusia tidak ada yang nyanthol di blog Anda. Kalau keadaannya
demikian, Anda patut was-was. Bisa jadi ada yang perlu dikoreksi nih…

1. Content alias isi tulisan.
Idiom yang berlaku di dunia blogging adalah Content is The King. Dan ini masih relevan untuk
dipraktekkan hingga hari ini. Dalam hal ini yang patut diperhatikan adalah keaslian tulisan,
keunikan dan manfaat yang didapat. Sebanyak apapun kalimat yang Anda rangkai tidak akan
mengundang komentar pengunjung kalau asal tulis saja. Apalagi saat ini adalah era informasi.
Mereka yang tanggap terhadap update berita sangat mungkin menjadi leader dalam artikel
yang related with timeline portal berita dan situs jejaring sosial. Bagaimana membangun content
Indonesia.

2. Aktivitas Blogwalking.
Dasar pemikirannya sederhana. Bagaimana orang lain akan mengunjungi blog Anda kalau
Anda sendiri tidak mencoba berkenalan. Bila Anda adalah pendatang baru, tidak ada cara
efektif yang bisa dilakukan selain rajin berkomentar di blog populer. Bahkan, mereka yang
sudah mempunya pengunjung tetap masih rajin blogwalking. Hal ini dilakukan untuk terus
melipatgandakan aliran traffic blog. Dan juga menjaring anggota baru tentunya.

3. Sedikit Gebrakan di Awal Kemunculan.
Masih ingat artikel saya yang berjudul “Menunggu Joko Susilo Nge-Game di Facebook”? Sssst,
ini rahasia lho… Itulah salah satu contoh praktek gelembung sabun yang saya gunakan untuk
memancing penasaran pengunjung. Tapi yang namanya gelembung sabun itu pasti tidak
bertahan lama. Akan habis dalam beberapa menit saja. Perlu langkah lanjutan untuk
mempertahankan moment kebangkitan kecil ini.
Tahap Membangun Komunitas Maya
Menurut Romi Satria Wahono dalam blog pribadinya, membangun komunitas di dunia maya
adalah hal unik dan menantang. Mengapa dikatakan demikian? Komunitas di internet adalah
kumpulan orang-orang yang mudah menyatu sekaligus mudah terpisah. Perekat antar anggota
komunitas sangat tipis.
Beliau menyebutnya sebagai ISeSoSBI. Singkatan dari Identification – Segmentation – Solution
– Selling – Branding – Innovation.

1. Identification
Mengidentifikasi segenap potensi dan kempetensi yang kita miliki adalah langkah pertama.
Anda harus bisa membedakan antara potensi dan kompetensi. Potensi mengacu kepada
kemampuan yang Anda miliki, sedangkan kompetensi lebih kepada daya saing yang Anda miliki
di satu bidang. Boleh jadi potensi Anda ada di bidang penulisan. Tapi siapa sangka justru
kompetensi Anda adalah menjadi seleblogger sekaligus selebritis dunia entertainment. Who
knows!
Selain itu, patut Anda identifikasi pula potensi yang dimiliki kawan ngeblog Anda. Tujuannya
apa? Siapa tahu suatu saat Anda berpeluang bergabung dengannya dalam sebuah join
venture. Jika sejak awal Anda telah mampu mengidentifikasi poin-poin penting yang dimilikinya,
tentu hal tersebut menjadi nilai plus dalam JV tersebut.

2. Segmentation
Anda harus paham segmentasi yang sedang Anda hadapi. Tentu Anda tidak mau
menyamaratakan antara komunitas blog penggila sepakbola dengan blog marketing. Setiap
tema blog memerlukan cara yang unik dan berbeda untuk menaklukkannya. Disinilah Anda
dituntut jeli menganalisa karakter masing-masing blog.
Setelah mberhasil memetakan segmentasi blog, tentu saja Anda akan mendapati kenyataan
bahwa setiap komunitas memiliki permasalahan yang unik. Cobalah menjadi trend setter
dengan memberi solusi alternative yang mampu menjawab berbagai permasalahan yang ada.

4. Selling.
Selling disini tidak berarti menjual sebuah barang atau jasa lalu mendapatkan imbal balik
sejumlah uang. Selling yang dimaksud adalah kemampuan menjual solusi atas permasalahan
yang sedang dihadapi. Harus dijelaskan pula manfaat dan fitur solusi yang anda tawarkan.

5. Branding
Seperti telah saya sebut di atas, daya jual problem solving yang Anda tawarkan akan semakin
tinggi bila Anda memiliki branding yang bagus. Sebaliknya, lemahnya branding yang dimiliki
seseorang akan berimbas kepada usaha yang lebih besar dalam meyakinkan public.

6. Innovation
Setelah solusi berhasil Anda ciptakan, branding juga sudah didapat, maka satu hal yang wajib
anda lakukan secara kontinyu adalah inovasi. Inovasi bisa dilakukan dengan beragam metode.
Dari yang moderat hingga radikal.
Membangun Komunitas Melalui Jejaring Sosial
Anda senang berselancar di website jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter? Nah, tidak
ada salahnya Anda mencantumkan profil Anda tersebut pada Google Profile Search. Tujuannya
tidak lain supaya nama Anda makin beken di mesin pencari terpopular tersebut
Dengan membuat profil Anda di Google Profile, maka ketika Anda mengetik nama Anda di
search engine tersebut, maka profil Anda akan mudah ditemukan. Tentunya ini akan membantu
proses indexing yang Google lakukan. Memang bukan hal mudah dalam meng-index profile
ataupun pencarian, Google sendiri memiliki teknik dan algoritma yang tidak mudah dipahami
sehingga mampu menampilkan halaman mana saja yang akan menjadi halaman bagian atas
dari keyword yang diisi oleh pengguna.
Menurut Joe Kraus, Direktur Product Management dari Google Apps Group, Google
mencoba lebih mewadahi pencarian profil yang lebih relevan dan sesuai dengan konten
yang dibutuhkan pengguna. Untuk dapat mengilustrasikan kegunaan dari fitur ini, Kraus
memberikan contoh atas nama Brian Jones, salah satu gitaris dari Rolling Stone,
biasanya bila kita mencari profil dengan cara yang biasa, akan begitu banyak hasil yang
muncul namun dari segi relevansinya sendiri, ya harus kita yang mengecek. Tapi bila
Anda membuat profile Anda di sini, tentu hasilnya adalah apa yang Anda buat tersebut
sebagai profile Anda di Google Search.
Hmm, Anda tertarik untuk membuat profile Anda dengan fitur ini, untuk dapat menikmati
Manfaat Pertemuan Offline
Saya singgung sekilas tentang pertemuan offline. Mengapa perlu mengikuti
pertemuan offline (lebih umum disebut kopi darat atau kopdar)? Pertanyaan ini tidak tepat jika
diberikan kepada blogger pemula yang belum pernah kopdar. Justru Anda yang sudah pernah
bertemu face to face akan sepakat mengatakan bahwa banyak sekali manfaat yang ditawarkan
acara kumpul-kumpul para blogger. Diantaranya adalah:

1. Ajang bertukar ilmu dan pengalaman seputar ngeblog.
Jika selama ini Anda banyak mengandalkan Google dan buku cetak sebagai referensi
ilmu-ilmu tentang ngeblog, hal yang unik akan Anda dapatkan dari kopdar. Mungkin
bukan berupa teks tertulis dengan struktur kata baku yang sering memusingkan kepala.
Tetapi berupa tips dan trik kecil namun menjadi pemecahan masalah yang Anda alami.

2. Sarana menunjukkan eksistensi diri.
Ingatlah ilmu „Setiap Blogger Adalah Artis‟. Kopdar menjadi bukti keberadaan Anda.
Misalnya Anda memajang sesi foto bersama ke dalam posting blog. Tanpa diminta,
gambar tersebut seolah berbicara “Ini lho wajah blogger Sukabumi yang paling cakep di
dunia dan akherat”. Apakah narsis? Memang iya. Tapi tidak masalah kok. Justru blogger
yang tidak berani nampang di depan kamera yang biasanya bernyali ciut dan susah
beranjak dari keterbatasan dirinya.

3. Membuka peluang bagi proses brainstorming yang efektif.
Saya sering mengalami luapan ide-ide penulisan saat mengikuti kopdar dengan rekan-
rekan blogger Surabaya. Sudah dapat dipastikan saya selalu membawa buku catatan
kecil sebagai pengingat poin-poin penting yang terlempar dari benak saya. Maka tak
mengherankan begitu sampai rumah saya akan menjadi kesurupan menulis artikel blog.
Mulai dari sekedar menceritakan rincian acara, sampai kepada hikmah terselubung yang
tersisa dalam otak saya.

4. Media promosi yang efektif bagi bisnis Anda.
Bisnis dan pertemanan bedanya tipis sekali. Itu yang saya alami dalam pekerjaan
offline. Tidak terkecuali dalam bisnis online. Dari percakapan ringan dengan sesama
peserta kopdar sering saya dapati pertanyaan-pertanyaan kecil seputar jasa penulisan
artikel yang saya geluti. Padahal saya belum memulai pembicaraan tentang hal itu lho.
Keberanian menceritakan bisnis yang Anda tekuni setidaknya akan membuka peluang
bagi datangnya order dari kawan blogger terdekat.

5. Meningkatkan motivasi ngeblog.
Meski Anda sudah sering bolak-balik mengunjungi beberapa blog dengan tema
motivasi, namun saya yakin Anda belum sepenuhnya mendapat suntikan motivasi yang
mampu menggerakkan langkah Anda ke dalam action nyata. Lain halnya jika Anda
bertatap muka dengan kawan blogger. Hampir semua panca indera dilibatkan dalam

6. Terbuka peluang bagi potensi bisnis online yang lain.
Pulang kopdar dan mendapat order proyek bisnis online? Apakah hal tersebut mungkin?

Jawabnya: sangat mungkin. Ada kalanya para webmaster bergerilya dari mall ke mall
untuk mendapatkan blogger berbakat yang mampu menjadi freelancer andal untuk
menghandle layanan konsumen mereka.

Nah, itu baru beberapa manfaat yang terlihat dari pengamatan saya. Masih ada manfaat-
manfaat lain yang bersifat pribadi dan ini bersifat optional. Misalnya: kopdar sebagai acara
penghilang stress, ajang mencari jodoh, pencerahan spiritual, mendiskusikan hobby dan minat
dan lain-lain.

Bagaimana mengetahui kalau ada acara kopdar? Disinilah kemampuan bergaul Anda diuji.
Peran sosial media seperti Facebook dan Twitter menjadi penting dalam hal kemudahan
ja. Perhatikan juga informasi yang tertulis di timeline.

Nggak lucu dong kalau Anda beralasan nggak pernah ikut kopdar cuma karena alasan “Wah,
sudah ada kopdar ya? Aku ketinggalan info nih…” Kalau mendengar komentar seperti itu, saya
lebih suka menjawab ”Kemana aja loe, habis berburu dinosaurus ya?”
Hambatan yang umumnya terjadi kepada blogger pemula untuk ambil bagian dalam kegiatan
kopdar adalah rasa minder, nggak pede, nervous ketemu master blogger dan sejenisnya. Mulai
sekarang buang jauh-jauh racun pikiran tersebut. Mereka juga manusia sama seperti Anda
yang membutuhkan interaksi timbal balik dan saling berkepentingan.
Percaya deh, begitu Anda sukses mengikuti kopdar pertama, saya yakin Anda akan ketagihan
untuk mengikuti kopdar-kopdar berikutnya. Hal ini akan menjadi permulaan yang baik untuk
melengkapi status Anda sebagai seleblogger yang tidak sekedar mengandalkan popularitas,
tapi juga mampu menilngkatkan nilai tambah (added value) dan membawa manfaat bagi
pengunjung blog Anda.
Selamat mencoba! Sudah siap menjadi the next seleblogger?

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.