Beberapa Contoh Komponen Elektronika

Blog Tino – Sebagaimana dengan judul yang saya buat di atas, pada sesi ini saya akan membahas mengenai elektronik dan elektronika sebagaimana yang saya ketahui.Pada dasarnya elektronik dan elektronika saling berhubungan satu dengan yang lain. Elektronik adalah satuan gabungan dari berbagai komponen elektronika yang dirangkai menjadi satu kesatuan hingga menjadi sebuah alat yang dapat digunakan oleh manusia.

Elektronika adalah sebutan umum untuk bidang teknik elektro yang dimana mencakup mempelajari,merakit dan mendesain alat yang dapat digunakan menjadi alat bantu manusia.

beberapa komponen yang biasa diguanakan adalah sebagai berikut:
1.IC (integritaty circuit)

Sebagai namanya di atas, kita sudah dapat mengetahui apa itu ic. Jika ingin mengetahui deskripsi seluruhnya silahkan baca IC(integrity circuit) wikipedia.

2. Resistor

Dalam rangkaian elektronik komponen ini menjadi salah satu yang sangat penting karena komponen ini berfungsi menjadi hambatan. Full Deskpription.

3. Capasitor

Capasitor adalah sebuah komponen elektronika yang digunakan untuk menampung muatan arus listrik yang mengalir melaluinya. Satuan yang digunakan untuk menghitung nilai capasitor adalah Farad. Capasitor dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu capasitor yang memiliki kutub positif dan negatif dan kapsitor yang kedua kakinya dapat saling tertukar.

Macam-macam kapasitor saat ini yang tersedia adalah sebagai berikut:

  • Kapasitor Elektrolit (Memiliki Kutub Positif dan Negatif)

elco

Ciri-ciri kapasitor ini adalah memilliki kutub positif dan kutub negatif sehingga kapasitor elektrolit atau biasa disebut Elco ini tidak dapat terbalik saat pemasangan kaki-kakinya.

  • Kapasitor Tantalum

Untuk Kapasitor jenis ini tidak jauh berbeda dengan kapasitor elektrolit (Elco) karena memiliki kutub  positif dan negatif hanya saja bahan pembuatnya adalah logam.

  • Kapasitor Kertas

Pada kapasitor kertas tidak berlaku kutub positif dan negatif sehingga pemasangan kaki tidak akan dipermasalahkan apabila terbolak balik.

  • Kapasitor Polyprolyene

Pada umumnya kapasitor ini berbentuk segi empat dan tidak memiliki polaritas arah sehingga pemasangannya dapat dibolak balik.

  • Kapasitor Mika

kapasitor mika

Mengapa disebut kapasitor mika? karena bahan pembuatnya adalah mika dan cara pemasangannya juga tidak memiliki kutub atau bebas untuk dibolak balik.

  • Kapasitor Keramik

kapasitor keramik

Disebut kapasitor keramik karena bahan pembuatnya adalah keramik dan seperti kapasitor mika,kertas dan polyprolyene kapasitor keramik tidak memiliki kutub arah tertentu.

Sekarang itu dulu mungkin artikel ini belum lengkap saya mohon kritik dan saran dari pembaca.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.