Cara Ampuh Membuat Web Seo Friendly

Blog Tino – Di kalangan blogger kata SEO (Search Engine Optimasion) sudah sangat popular dan sudah wajib hukumnya bagi pemilik website untuk membuat web mereka menjadi SEO.
SEO menjadi salah satu faktor penentu sedikit banyaknya pengunjung sebuah website karena dengan SEO yang baik akan membuat sebuah artikel muncul di halaman utama dalam pencarian. Dengan munculnya artikel di halaman utama dapat anda bayangkan berapa banyak orang yang dapat melihat artikel itu dari seluruh Dunia.Berhubungan dengan SEO (Search Engine Optimasion) kali ini saya akan membahas mengenai cara membuat Seo yang baik dan dapat anda gunakan dalam website anda. Secara garis besar SEO dibagi menjadi 2 yaitu Seo Onpage dan Seo Off Page. Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas secara dalam mengenai Seo Onpage karena tipe Seo ini mudah dioptimalkan dan bebas Biaya.

Seo Onpage dibagi menjadi beberapa bagian yaitu:

Memaksimalkan Artikel:

1. Untuk membuat sebuah artikel yang mudah ditemukan oleh search engine kita akan membuat yang namanya Keyword Density. Keyword Density adalah kata pencarian utama yang sudah kita perhitungkan akan membuat banyak pengunjung, jika anda bingung mencari keyword serahkan saja pada keyword Planner yang sudah disediakan oleh Google. Jika anda masih bingung, saya akan menjelaskan apa itu keyword density?

Keyword density adalah kata kunci utama yang kita bidik untuk tampil di mesin pencari sehingga kata itulah yang akan kita ulang dalam artikel yang kita buat.

Contoh: seperti no 1 di atas saya mengulang “keyword density” sudah 4 kali itulah yang dinamakan keyword density / pengulangan kata.

2. Dengan memiliki pengetahuan mengenai Keyword Density kita juga harus memiliki tambahan Seo lain karena jika kita hanya menggunakan Keyword Density Seo kita tidak akan maksimal. Kali ini kita akan membuat Anchor Text. Jika anda seorang pelajar yang memiliki kemampuan bahasa inggris yang baik dan pemahaman yang baik anda tidak akan bingung dengan istilah di atas. Supaya pembaca tidak bingung mengenai Anchor Text saya akan menjelaskan apa sih itu Anchor Text.

Anchor Text adalah sebuah text/kata yang disisipi link aktif untuk menuju artikel lain yang memiliki niche atau tema yang hampir serupa, sehingga pembaca mendapatkan pemahan yang lebih dari artikel yang kita miliki. Dan ini juga membuat Search Engine / Mesin Pencari menganggap artikel kita bermanfaat sehingga mesin pencari akan memberikan nilai tambah agar dapat tampil di pencarian pada halaman pertama.

Sebagia Contoh: Saya menyorot Keyword Planner dan Google pada bagian kesatu dan memberikan link aktif sehingga pembaca dapat berpindah ke alamat tersebut dan dapat melakukan seperti yang saya contohkan.

Memaksimalkan Pencarian Website

1. Meta Description
Meta Description adalah bagian terpenting untuk menjadi Seo dalam beberapa kasus, Meta Description ini menjadikan Web berada di page one (Halaman Pertama) karena Meta Descriptionnya sesuai dengan content yang ada di dalam sebuah website. Secara umum kita dapat membuat meta description minimal 100 kata pertama dari artikel yang kita buat.

Lakukan seperti gambar di atas jika anda pengguna blogspot.

Sebagai Contoh : Saya melaukan Copy pada bagian depan artikel ini hingga bagian no 2 di atas lalu melakukan paste ke search description.

2. Memberikan Gambar
Menyisipkan gambar yang relevan dengan topik yang sedang kita bahas akan membuat artikel kita dapat tampil pada page one namun itu juga tergantung pada persaingan kata kunci yang kita pakai. Jika anda tidak memiliki gambar dalam sebuah artikel kemungkinan besar daya tarik dari pembaca akan berkurang karena terkadang ada beberapa orang yang dalam perilaku utamanya mencari artikel itu untuk mencari gambar saja dan adapula yang mencari keduanya.

Contoh penerapan gambar sudah saya berikan atas itu saya buat agar memudahkan pembaca menjadikannya sebagai panduan.

3. Seo Silo
Seo Silo merupakan salah satu bagian terpenting yang harus dimiliki sebuah blog/website. Seo Silo ini digunakan untuk memudahkan pembaca utuk mencari data yang ada dalam sebuah website. Sebenarny Seo Silo digunakan agar pembaca dapat mencari artikel yang relevan atau satu topik bahasan yang di dalamnya memiliki banyak artikel.

Sebagai Contoh Seo Silo adalah pembuatan Label/ Tags yang relevan sebagai referensi lihat gambar di atas.

4. Menyisipkan Video
Menyisipkan Video sama halnya dengan gambar, Namun Video lebih kepada tutorial atau lebih lengkap dari gambar dan penggunaan video lebih konsisten dari Gambar karena mesih pencari akan menganggap istimewa sebuah artikel yang memiliki video.

5. Backlink
Yang satu ini adalah salah satu bagian Seo yang memiliki nilai Plus (Nilai Tambah) dimata Search Engine karena backlink menentukan berapa banyak pengunjung yang datang dari website lain dengan kata lain memiliki jaringan link dari web orang lain. Backlink dapat didapat melalui blogwalking atau yang biasa disebut oleh orang indonesia berkeliling blog orang lain dengan meninggalkan jejak disana, Jejak yang dimaksud adalah link aktif yang ditinggalakan di blog orang lain dalam link komentar yang disediakan namun ini berlaku di blog yang Dofollow.

Dengan sedikitnya pengetahuan yang saya miliki mengenai SEO (Search Engine Optimasion), Hanya inilah yang dapat saya tulis dan dapat saya bagikan kepada pembaca Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pembaca.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.