Penyebab Kegagalan Usaha Bagi Pebisnis Pemula

Dunia usaha kecil menengah atau yang lebih populer dengan istilah UKM merupakan salah satu bisnis yang saat ini sangat diminati oleh sebagian besar masyarakat indonesia pada umumnya  dan telah menjadi salah satu bisnis alternatif dalam mendukung reformasi bisnis dalam negeri, terutama saat pemerintah Indonesia berinisiatif memberikan pinjaman dengan bunga  rendah yang bertujuan agar mendongkrak kreativitas bagi kalangan muda yang berinisiatif untuk membuka usaha kecil menengah, tentu hal ini menjadi kabar gembira bagi para pebisnis pemula.

Secara umum dunia wirausaha memang dikategorikan sebagai usaha yang pertumbuhannya mudah meningkat secara signifikan dan juga mudah menurun, dengan kata lain dunia usaha boleh dikatakan sebagai usaha cepat untung dan cepat rugi, ada banyak sekali wirausaha yang telah mengalami kegagalan pada saat mereka baru menginjak dunia bisnis, adapun masalahnya terletak pada kurangnya pemahaman mengenai strategi bisnis pada awal mereka membuka usaha, oleh sebab itu pada kesempatan kali ini kami akan mencoba berbagi kepada anda mengenai Penyebab Kegagalan Usaha Bagi Pebisnis Pemula, nah jika anda penasaran anda dapat menyimak baik-baik penjelasan kami di bawah ini.
Salah Menentukan Lokasi Usaha
Secara umum yang menjadi penyebab kegagalan utama bagi pebisnis pemula umumnya terletak pada salah dalam menentukan lokasi usaha, Memahami secara kontekstual dan strategi bukan saja bagaimana produk itu mempunyai nilai tambah dan dibuat, namun lokasi pemasaran juga dapat menunjang daya beli masyarakat tentang produk yang telah anda buat, sebagai contoh, jika anda membuka usaha yang menargetkan pangsa pasar kelas mengenah keatas alangkah baiknya jika anda tidak membuka usaha tersebut ke lokasi pedesaan, sebab secara umum masyarakat pedesaan tidak mampu membeli barang atau produk yang harganya mahal.
Kurangnya Promosi
Saat anda membuka usaha makro maupun usaha mikro, ada baiknya jika anda ikut serta dalam merencanakan promosi produk yang anda buat, sebab salah satu strategi pemasaran  yang paling efektif ialah dengan cara berpromosi baik itu lewat media cetak maupun lewat media eletronik, adapun promosi memiliki fungsi untuk memperkenalkan barang yang anda buat kepada masyarakat luas, tanpa adanya promosi maka produk anda buat belum tentu bisa diterima oleh masyarkat, oleh sebab itu saat anda membuka usaha alangkah baiknya jika anda sering mengadakan promosi tentang produk anda.
Salah Dalam Menentukan Harga
Dunia wirausaha bukan merupakan proyek kaya dalam semalam, oleh sebab itu saat anda membuka sebuah usaha alangkah baikya jika anda tidak salah dalam menentukan harga pasar, sebab salah satu yang menjadi penyebab kegagalan dalam dunia usaha terutama bagi pebisnis pemula ialah dikarenakan salah dalam menentukan harga pasar, sebagai contoh, saat anda menjual barang alangkah baiknya jika anda menjualnya dengan harga yang terjangkau sesuai dengan daya beli masyarakat, meskipun untung atau laba yang anda peroleh sangat sedikit, dengan cara ini diharapkan usaha anda akan berkembang dengan lebih signifikan.
Mudah Menyerah
Penyebab Kegagalan Usaha Bagi Pebisnis Pemula yang terakhir ialah mudah menyerah, bagi para pebisnis pemula kebanyakan mereka hanya semangat pada awalnya, namun saat mereka menghadapi masalah yang real atau nyata, mereka akan mengeluh dan mudah menyerah, oleh sebab itu saat anda berencana menjadi wirausahawan yang sukses, alangkah baiknya jika anda tidak mudah untuk menyerah.
Mungkin hanya itu penjelasan kami mengenai Penyebab Kegagalan Usaha Bagi Pebisnis Pemula, semoga dengan penjelasan kami diatas dapat berguna bagi para pembaca sekalian, semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.