Menyiapkan Masa Pensiun dengan Asuransi


Tidak semua orang mahir dalam mengelola keuangannya sendiri. Beberapa bahkan menggunakan jasa ahli keuangan untuk tetap menjaga kesejahteraan finansial mereka. Begitu juga perihal pengaturan dana pensiun. Beberapa di antara mereka merasa yakin menyerahkan pengaturan dana pensiun pada lembaga keuangan seperti perusahaan asuransi.

Perusahaan asuransi akan membantu Anda mempersiapkan dana pensiun. Sehingga meskipun pihak perusahaan tidak menyediakan dana pensiuan, kesejahteraan Anda masih berada di atas batas aman. Pada umumnya, beberapa perusahaan asuransi memiliki jenis tipe yang sama untuk pengaturan dana pensiun para investor. Tipe tersebut dikatagorikan menjadi 2 macam. Tipe anuitas dan lumpsum.
·         Tipe Anuitas.
Dalam teori keuangan, anuitas berarti rangkaian pembayaran yang dilakukan secara berkala dalam kurun waktu tertentu. Dalam bahasa sehari-hari, anuitas berarti cicilan. Asuransi dengan tipe ini berarti mengharuskan para investor menyetorkan sejumlah uang setiap bulannya dalam rentang waktu tertentu. Selanjutnya, pihak asuransi akan mengelola uang yang disetor. Lalu sesuai dengan kesepakatan waktu pemakaian dana pensiun, maka pihak asuransi akan mengembalikan sejumlah uang pensiun setiap bulannya.
Tidak ubahnya seperti saat bekerja di perusahaan, investor seolah masih tetap menerima ‘gaji bulanan’ dari pihak asuransi. Meskipun tipe ini tidak menjamin bisa menutupi kebutuhan dan gaya hidup investor di masa tua, namun tipe ini akan memberikan rasa aman dari kekurangan finansial di setiap bulannya.
Semakin para investor mempersiapkan dana pensiun sejak dini, maka akan semakin bertambah rentang waktu terhadap ‘gaji’ yang akan terima di masa tua.
·         Tipe Lumpsum
Dalam teori keuangan, lumpsum berarti pemberian sekaligus dalam jumlah besar. Asuransi dengan tipe berarti investor akan mendapatkan seluruh uang pensiun yang sebelumnya telah disetor. Jenis tipe ini seperti halnya kontrak putus. Setelah uang pensiun diterima, maka hubungan diplomatis dengan perusahaan asuransi juga selesai. Selanjutnya terserah investor dana pensiun tersebut akan dipergunakan untuk apa.  Tipe ini cocok bagi investor yang memiliki jiwa wirausaha. Dana pensiun yang telah dituai bisa sekaligus dipergunakan untuk mengisi hari-hari dengan beragam kegiatan sekaligus berwirausaha menghasilkan uang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.