Asuransi Unit Link untuk Dana Pendidikan


            Asuransi menjadi salah satu pilihan para orang tua untuk menjamin dana pendidikan putera puteri mereka. Dengan asuransi, para orang tua hanya perlu membayar sejumlah premi dalam kurun waktu tertentu. Dana premi tersebut selanjutnya akan bisa dicairkan sesuai polis yang telah disepakati sebelumnya berdasarkan kebutuhan pendidikan.
            Salah satu alternatif yang bisa menjadi pertimbangan ialah asuransi unit link. Asuransi ini memiliki keuntungan jangka panjang bagi para pemegang polis. Pemegang polis hanya perlu memih perusahaan asuransi dengan track record yang positif. Track record akan menentukan keuntungan yang akan diperoleh pemegang polis.
·         Asuransi unit link
Jenis asuransi ini menggabungkan antara produk asuransi dan investasi. Sejumlah premi yang dibebankan pada pemegang polis akan dibelikan satu unit investasi. Unit investasi lantas akan dikelola oleh perusahaan investasi melalui manajer investasi ke dalam ragam bentuk instrumen investasi yang bisa ditentukan oleh pemegang polis.
Dana hasil unit investasi akan digunakan untuk membayar segala kebutuhan asuransi berdasarkan perjanjian polis. Setelah itu, pemegang polis baru bisa mencairkan sisa dananya untuk dana pendidikan.
Jenis asuransi ini nampak menjanjikan. Karena para orang tua juga bisa bermain dengan instrumen investasi yang berpotensi menghasilkan keuntungan yang cukup tinggi. Namun, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan perihal jenis asuransi ini :
ü  Tagihan premi yang semakin meningkat.
Meskipun hal ini biasanya tidak dicantumkan pada polis. Namun pada umumnya, tagihan akan dipotong dari dana unit investasi dan jumlahnya akan terus meningkat di setiap tahunnya.
ü  Pemotongan tagihan dalam keadaan apapun.
Unit investasi tidak pernah memberikan hasil yang pasti. Semuanya tergantung kinerja pasar uang. Namun membayar tagihan premi bagi pemegang polis itu pasti. Saat kinerja pasar uang menurun, maka mau tidak mau pemegang polis harus menambah kekurangan tagihan premi yang dibebankan (top up).
ü  Salah satu keuntungan unit link ini ialah mendawatkan penawaran asuransi tambahan seperti asuransi kesehatan. Namun jangan terpedaya. Karena biasanya penawaran ini juga menarik tagihan bagi pemegang polis.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.