Hal-Hal Yang Wajib Diketahui Oleh Pengguna Kartu Kredit


            Kartu kredit ibarat jebakan batman yang benar-benar menjebak. Di satu sisi, kartu kredit memiliki fasilitas yang memudahkan kita untuk bertransaksi maupun mendapatkan beragam keuntungan dari keanggotaan kartu kredit yang kita pakai. Namun di sisi lain, kartu kredit akan melilit kita pelan-pelan, lalu memakan kita hidup-hidup jika kita tidak bisa mengendalikan penggunaannya. Iya, seringkali kartu kredit mirip racun ular berbisa.
            Selain itu, kartu kredit bisa berfungsi sebagai tabungan darurat ketika suatu musibah menimpa keluarga kita. Namun tentu diiringi dengan birokrasi yang meletihkan dan suku bunga yang tidak bisa kita hindari sama sekali.

            Perhatikan beberapa tips di bawah supaya kita sama-sama tidak terjebak.
1.      Kartu kredit bukanlah alat pembayaran.
Meskipun salah satu fungsi kartu kredit adalah alat pembayaran namun ternyata pemikiran ini akan memudahkan kita berperilaku menyepelekan kartu kredit dan  akhirnya kita akan semakin menggunakannya. Ingat, menggunakan kartu kredit sama halnya memiliki hutang.
2.      Tenggat waktu pembayaran.
Membayar kartu kredit dengan tepat waktu akan menghindarkan kita dari suku bunga. Caranya ialah dengan membayar sebelum tenggat waktu yang ditentukan. Namun apabila terpaksa, bayarlah seluruh biaya pemakaian dan hindari melakukan pembayaran dengan jumlah minumum yang mengandung bunga.
3.      Batasi kepemilikan kartu kredit.
Pilih kartu kredit yang memiliki limit yang cukup tinggi sehingga kita bisa memaksimalkan dalam pemaikainnya. Ditambah, pembayaran yang dilakukan dalam setahun hanya berjumlah sekali.
4.      Mengatur limit kartu kredit dengan bijak.
Limit kartu kredit yang tinggi itu artinya kita menetapkan limit sebesar 5 kali pengeluaran rutin kita dalam sebulan. Dilengkapi asumsi bahwa pengeluaran rutin kita sebesar 40 % dari penghasilan tetap per bulannya. Limit kartu kredit biasanya harus kita urus sendiri.
5.      Jangan terkecoh menjadi pengguna kartu kredit teladan.
Menjadi pengguna kartu kredit teladan itu artinya kita menggunakan kartu kredit dengan berlebihan dan dalam jumlah yang tidak dikendalikan. Sehingga para pengiklan kartu kredit akan terus menerus menawarkan beragam produk kartu kredit mereka.
           



Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.