Macam-Macam Keuntungan dan Kekurangan Produk KPR


Siapa yang tidak ingin memiliki rumah? Terutama bagi pasangan baru atau calon pasangan yang hendak menikah. Namun biasanya tidak semua dari mereka memiliki cukup tabungan untuk langsung bisa menebus rumah idaman. Karena itu, sistem kredit kepemilikan rumah (KPR) bisa menjadi alternatif jitu.
Sepintas, total pengeluaran selama kurun waktu pengambilan produk KPR bisa mencari 3 kali lipat dari harga rumah sebenarnya. Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir. Harga produk KPR bisa Anda seleksi sesuai dengan kemampuan finansial Anda sampai besarnya bunga yang dibebankan.
Lagipula, masa-masa inflasi tidak bisa diabaikan. Harga seluruh produk di pasaran pasti akan mengalami kenaikan. Kondisi ini bisa menguntungkan Anda yang telah mengambil produk KPR sebelumnya. Terutama ketika produk KPR yang Anda ambil dijadikan aset ataupun investasi masa depan.
Lalu, apa saja kelebihan dan kekurangan memilih produk KPR ini? Berikut daftar kelebihannya :
·         Tidak membutuhkan modal yang besar. Asal Anda bisa membayar uang muka dan cicilan. Kondisi ini membuat Anda bisa menggunakan tabungan uang yang dimiliki untuk sekaligus memenuhi keperluan modal usaha dan kebutuhan lainnya.
·         Proses cicilan tentu akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan membayar tunai dan lunas saat itu juga.
·         Masa-masa inflasi akan membuat cicilan KPR yang anda pilih akan terasa ringan seiring berjalannya waktu.
·         Jumlah cicilan yang harus dibayar bisa disesuaikan dengan jangka waktu cicilan dan pembayaran uang muka. Semakin besar uang muka dan semakin panjang jangka waktu cicilan, maka biasanya uang cicilan yang semakin kecil.
·         Jika Anda jeli dalam memilih produk KPR, anda bisa menemukan lokasi strategis yang 5 tahun ke depan harganya bisa jauh lebih mahal sampai 3 kali lipat.
Adapun kekurangan pengambilan produk KPR ini, ialah sebagai berikut :
·         Pengambilan KPR ini terkadang mengandalkan keberuntungan supaya diterima oleh Bank. Jika tertolak, Anda harus rela menggantungkan uang muka yang sudah Anda setorkan.
·         Bertambahnya bunga cicilan berbanding lurus dengan lamanya jangka waktu pencicilan.
·         Kondisi terburuk yang bisa Anda alami di masa depan bisa mempengaruhi kemampuan Anda membayar cicilan.
·         Ketidaktelitian Anda dalam memilih lembaga penyedia produk KPR bisa mendatangkan kesulitan bahkan sampai penipuan.
           

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.