Seputar Reksadana

Blog Tino – Reksadana merupakan salah satu instrumen investasi yang mulai dilirik oleh masyarakat luas. Namun tidak sedikit yang masih bigung dengan aturan main berinvestasi dengan resakdana. Simak beberapa tips bagaimana memulai investasi dengan reksadana di bawah berikut :
1. Mengenal seluk beluk reksadana.
Terdapat sekitar 800 an produk reksadana yang dipasarkan. Untuk mengendal lebih lanjut tentang reksadana yang ditawarkan, Anda wajib mempelajar prospektus reksa dana.
Adapun cara lain bisa Anda lakukan dengan membaca dokumen fund factsheet yang diterbitkan oleh manajer investasi setiap sebulan sekali. Isinya mengenai laporan kinerja selama sebulan dan rangkuman informasi suatu prospektus (tujuan dan strategi investasi, portofolio, dana minimal investasi, dan lain-lain).
Bagian terpenting, Anda harus menentukan tujuan terkait reksadana yang akan Anda ambil.
2. Lokasi pembelian reksadana.
Anda bisa membeli reksadana di manajer investasi pada setiap lembaga-lembaga penyedia reksadana. Membeli langsung pada manajer investasi yaitu harganya lebih terjangkau. Namun Anda juga bisa membelinya di bank-bank yang telah dilengkapi izin penjual reksadana (APERD). Di bank, Anda bisa melakukan pembayaran autodebet dan akan bertemu dengan lebih banyak pilihan reksadana dibanding dengan yang dijual manajer investasi.
3. Adapun cara pembelian reksadana, ialah sebagai berikut :
– Lakukan transaksi saat bursa keuangan sedang mencuat. Anda harus membuat rekening reksadana seperti membuka rekening di bank. Jangan lupa mempersiapkan syarat dokumen dengan baik. Pastikan Anda sudah memiliki NPWP. Dokumen dan pesayaratan nantinya diserahkan kepada manajer investasi. Dana harus dibayarkan setelah Anda memutuskan reksadana yang sesuai.
– Proses transaksi dilakukan berdasarkan nilai aktiva bersih atau NAB. NAB merupakan gambaran utuh kekayaan reksadana per harinya. NAB dipengaruhi oleh para investor atas pembelian dan penjualan reksadana.
– Terdapat tenggat waktu untuk setiap transaksi reksadana. Jika Anda melakukan transaksi sebelum tenggat waktu maka harga NAB saat transaksi dilakukan akan Anda peroleh. Apabila sebaliknya, maka Anda harus menuruti harga resakdana di hari berikutnya.
– Surat konfirmasi akan Anda terima paling lambat 7 hari saat bursa sedang aktif.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.