Tips Supaya Pengajuan KPR Lolos Lembaga Penyalur

Blog Tino – Transaksi produk KPR merupakan transaksi dua arah yang kedua pelaku transaksi merasa harus sama-sama diuntungkan. Jika Anda sebagai pelaku pertama harus sedemikian rupa memastikan berkas produk KPR Anda berada di lembaga penyalur yang tepat, maka begitupun sebaliknya. Lembaga penyalur sebagai pelaku kedua juga tidak serta merta bisa meloloskan berkas KPR Anda jika Anda ternyata tidak memenuhi syarat yang sudah menjadi ketetapan mereka.
Berikut beberapa tips supaya berkas KPR lolos seleksi lembaga penyalur :
1. Sirkulasi Dana yang Anda miliki
Sirkulasi dana di sini merupakan penghasilan dan penghasilan Anda setiap bulannya. Anda sebaiknya bersikap jujur menyatakan nominal penghasilan sampai pengeluaran. Termasuk tunjangan ataupun bonus yang Anda terima. Pihak lembaga penyalur ingin mendapatkan jaminan bahwa Anda sanggup melunasi angsuran produk KPR mereka sampai lunas.
2. Pernyataan Anda
Anda sebaiknya berkata jujur terkait sirkulasi dana akan menjadi pertimbangan sendiri bagi pihak lembaga penyalur. Terutama menyangkut kedisiplinan Anda membayar angsuran produk KPR mereka dengan tepat waktu. Sehingga hal-hal yang tidak diinginkan bisa dihindari.

3. Dokumen yang Anda bawa
Jangan sepelekan dokumen! Dokumen merupakan bagian dari birokasi yang bisa mempemudah atau justru mempersulit aplikasi produk KPR Anda.
Berikut daftar dokumen umum yang harus Anda persiapkan :
– ┬áTanda pengenal (KTP, SIM, atau paspor).
– Surat menikah (Jika sudah menikah).
– Kartu keluarga.
– Riwayat hidup yang menjelaskan pekerjaan dan pendidikan.
– Slip bukti penghasilan.
– Surat perjanjian transaksi jual beli dengan penjual atau pengembang.
– Slip bukti pembayaran uang muka.
– Surat bukti peminjaman lain jika ada.

4. Tahap Analisa.
Tahap analisa akan dilakkukan oleh lembaga penyalur terkait hasil penilaian terhadap rumah yang layak huni. Hasil penilaian tersebut akan menentukan harga jual produk KPR Anda. Selain itu, pihak lembaga penyalur juga akan mempertimbangkan uang muka, seperti berapa jumlah maksimal yang harus anda bayar. Kedua analisa tersebut tergantung dengan dokumen dan integritas yang Anda tampilkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.