Makna Kemerdekaan Bagi Bangsa Indonesia dan Bagi Diri Sendiri

Kata merdeka terdengar luas diseluruh pelosok tanah air, namun apakah kata merdeka hanya sebuah ucapan belaka yang menandakan indonesia bebas dari penjajahan? Seharusnya tidak.
Kala itu nenek moyang kita yang terus berjuang membawa bambu runcing,sumpit dan hati yang teguh dengan pendirian yang kuatlah yang membawa negeri ini merdeka. Apakah kemerdekaan hanyalah peringatan tahunan yang hanya dipenuhi dengan peringatan? Katakan tidak untuk hal itu.
Bagi kita yang saat ini memiliki rasa empati terhadap Negara marilah kita bergotong royong dan saling menopang sebagaimana yang dilakukan oleh rakyat indonesia pada saat penjajahan yang terjadi di indonesia masa itu, marilah kita menyadari arti kemerdekaan bagi negara ini dan bagi diri kita sendiri. Pertama yang akan saya tekankan adalah bagaimana anda mengatur kehidupan anda sendiri di dalam kemerdekaan. Apakah diri kita sudah merdeka?, merdeka hanya akan terjadi apabila segala kegiatan yang kita lakukan adalah kegiatan positif yang dapat bermanfaat bagi kita dan seiring waktu itupun akan bermanfaat bagi orang lain.


Kemerdekaan Negara seharusnya lebih luas, namun jika kita melihat bangsa indonesia saat ini sebenarnya indonesia belum merdeka karena dilanda kemiskinan,kesombongan,persengketaan dan banyak hal yang membuat negara ini dikatakan belum merdeka. Hal-hal inilah yang saat ini harus kita perangi, pada masa penjajahan musuh yang kita hadapi adalah penjajah dari bangsa asing. Namun pada masa ini kita menghadapi musuh yang lebih tangguh daripada bangsa asing karena musuh kita saat ini adalah diri kita sendiri yang lahir di tanah Ibu Pertiwi ini dan juga besar dari hasil negara ini. Diri kita dibentuk oleh kebiasaan-kebiasaan yang tidak memiliki dasar yang kokoh sehingga banyak perkara yang dihasilkan oleh diri kita.
Pesan yang ingin saya sampaikan kepada pembaca adalah bagaimana kita harus menyikapi kemerdekaan Negara ini jika anda adalah salah satu orang yang selalu berbuat jujur maka negara tercinta ini akan terus berkembang hingga menjadi maju dan setiap masyarakatnya akan menjadi makmur. Marilah kita bangun diri yang siap kerja yang memiliki skill bukan hanya ijazah kosong yang kita punya namun kemampuan apa yang kita punya.
JANGALAH BERTANYA APA YANG DIBERIKAN NEGARA KEPADAMU NAMUN BERTANYALAH APA YANG SUDAH SAYA BERIKAN KEPADA NEGARA.
Pada ulang tahun Negara yang ke-70 ini marilah kita memulai untuk berubah demi anak cucu kita yang suatu saat nanti akan menggantikan kita sebagai pendahulu mereka.
Akhir kata yang dapat saya ucapakan kepada pembaca adalah DIRGAHAYU INDONESIAKU

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.