Batu Mulia yang Berasal dari Kalimantan batu kecubung

Dengan berkembangnya waktu dan tumbuhnya kebutuhan akan macam macam aksesoris baik itu aksesoris yang memiliki harga yang tinggi maupun itu memiliki harga rendah sudah sangat banyak dan memiliki berbagai macam ragam.
Tidak lupa juga dengan berbagai macam aksesoris yang dibuat dari hasil alam. Salah satunya ialah batu permata, batu permata akan didapatkan apabila ada segelintir orang yang mau berusaha menambang. Namun kala ini pertambangan perorangan atau pertambangan ilegal kerap kali dirazia karena tidak memiliki izin.
Sehubungan dengan bahasan kali ini yang mengangkat topik mengenai macam-macam batu kecubung yang berasal dari kalimantan. Saya akan membahas sebagian kecil jenis batu yang saya ketahui keberadaanya dan itu berasal dari kalimantan.


1.Batu Kecubung Ungu atau dengan bahasa lain disebut Amethis

Batu kecubung ungu adalah jenis batu yang digemari oleh kolektor batu karena memberikan keindahan warna yang natural. Batu Kecubung ungu banyak terdapat di daerah kalimantan, tidak luput juga di kampung saya yang saat ini mayoritas warganya menjadi pengrajin batu kecubung.
Kecubung ungu memiliki nama lain yaitu Keribang di daerahku.
Mengapa kecubung ungu disebut juga keribang?
Saya akan memberikan jawabannya sebagai berikut.
“Keribang adalah tanaman umbi umbian seperti talas namun berbentuk akar. Keribang memiliki warna yang hampir menyerupai warna ungu, karena pada zaman dahulu orang di pedalaman tidak mengenal warna sehingga mereka menyebutnya kucubung keribang”
Nah begitulah pemirsa…. hehehehehe5i

2.Batu Kecubung Kuning
       Di daerahku (kalimantan) memiliki banyak sekali kekayaan alam seperti batu bara,emas dan lain lain.
Oleh karena itulah terdapat banyak ragam warna batu yang berasal dari kalimantan tidak luput juga kecubung kuning.
Kecubung kuning sebenarnya tidak banyak dikenal pada masa dahulu. Namun karena seiring waktu kecubung kuning mulai banyak diminati karena sebagian besar masyarakat sudah tahu akan harga dari berbagai jenis batu, padahal pada waktu orang tuaku masih muda batu kecubung kuning tidak mendapat perhatian sedikitpun.
Kecubung kuning memiliki textur warna yang cantik karena seratnya selalu merata, tidak seperti kecubung ungu.
3.Batu Kecubung Birla (Biru Laut)
      Sama halnya dengan kecubung kuning, kecubung biru laut memiliki rekam jejak yang buruk dimasa lalu bahkan tidak pernah dipandang.
Saat ini kecubung biru laut adalah kecubung yang paling banyak dicari orang baik itu untuk dipakai atau semata untuk menjadi koleksi. Karena permintaan pasar yang besar dah sulitnya mencari kecubung ini, membuat harga kecubung biru laut menjadi cukup mahal.
Kecubung biru laut memilki kesamaan dengan batu blue topas sehingga jika orang yang baru bermain batu dapat tertipu oleh batu blue topas.
4.Batu Antik Bulu Merah (Rambut Merah)
       Batu kecubung jenis baru yang saat ini langsung terkenal adalah rambut merah atau biasa kami sebut bulu merah. Sesuai dengan namanya, batu ini terdapat warna berbentuk rambut atau bulu di dalamnya yang berwarna merah inilah yang menyebabkan namanya bulu merah.
Batu jenis ini saat ditemukan oleh penambang langsung popular dan banyak diburu sehingga membuat harga batu ini cukup mahal.
5.Batu Kecubung Antik
       Sama halnya dengan kecubung rambut merah, batu kecubung antik memiliki banyak jenis dan tipe yang mana di dalam batu tersebut memiliki keanehan atau keunikan yang memberikan daya tarik dan definisi berbeda dari setiap orang.
Jika membicarakan mengenai batu mulia mungkin tidak akan ada habisnya karena setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing. Dengan sedikit info mengenai batu kecubung yang berasal dari kalimantan ini saya mengucapkan terima kasih kepada pembaca…….!!!
Sampai Jumpa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.