Makna Revolusi Mental

Dalam pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Negara Republik Indonesia yang ke 7 atau yang ke 9 saya tidak tahu persis mana yang akan dibenarkan.
Masing-masing pasangan memiliki visi dan misinya yang sudah ditetapkan sejak awal melangkah ke kpu, dengan berbekal amunisi beberapa tahun sebelum mencalonkan diri di KPU.
Tidak lama setelah pencalonan maka tibalah saatnya untuk berkampanye, berbagai cara dilakukan baik itu yang baik maupun tidak baik. Hingga pemilihan umum selesai dilaksanakan sehingga terpilihnya satu pasangan pemenang untuk menjadi pemegang puncak kekuasaan tertinggi dalam pemerintahan.


Berbagai visi dan misi mulai dijalankan tak terkecuali yang disebut revolusi mental yang kabarnya menjadi visi utama dari pasagan jokowi-jk.

Sebenarnya apakah yang disebut dengan revolusi mental itu?
Sebagai mahasiswa saya merenungkan kata-kata tersebut. Jika di dalam wikipedia mengatakan “Revolusi adalah perubahan secara cepat yang berhubungan dengan dasar masyarakat”
Saya akan mengubah sedikit dari versi wikipedia.
Revolusi adalah sebuah perubahan menuju hal baru yang dimana kita dapat menukan hasil yang lebih positif dari saat ini.
Sedangkan mental dideskripsikan kbbi sebagai : bagian yang berhubungan dengan batin dan otak manusia.
Kali ini saya juga akan mendeskripsikan sesuai versi saya: Mental adalah kemampuan yang tersimpan dalam diri manusia untuk menentukan pilihannya
Setelah dua deskripsi kata di atas, kali ini kita akan menggabungkan dua kata yang telah kita penggal menjadi dua tersebut.
Revolusi Mental memiliki arti sederhana yaitu Memperbaharui atau mengubah sedikit atau banyak kebiasaan lama yang tertanam sejak kita kecil hingga saat ini untuk menjadi lebih baik dan bermanfaat untuk diri kita dan orang lain. Namun tidak cukup bagi kita hanya mengubah perilaku atau kegiatan kita saja tapi mari kita juga senantiasa melakukan sesuatu di dalam kelompok agar segala sesuatu yang kita lakukan lebih besar dan menjadi lebih mudah karena dikerjakan dengan dasar kebersamaan.
Sebagaimana dengan deskripsi revolusi mental, kita tentu harus memulai jika ingin mendapatkan hasil akhir. Jangan menganjurkan orang lain untuk memulai terlebih dahulu tapi dimulai dari diri sendiri agar kita dapat memberikan contoh kepada orang lain yang melihat kegiatan kita bernilai positif maka akan semakin banyak yang tertarik untuk memulai kegiatan positif.
Akhir kata dari penulis hanyalah sebuah ajakan kepada pembaca agar kita dapat bersama-sama mengubah kebiasaan lama yang sudah tertanam dalam tubuh kita untuk menjadi lebih baik.
Terima Kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.