Setting DNS Domain TLD dengan blogspot

Blog Tino – DNS adalah sapaan untuk Domain Name Server atau dapat disebut alamat tujuan domain dalam bahasa indonesia. Memiliki Domain sesuai keinginan sendiri adalah hal yang didambakan oleh setiap blogger untuk membuat brand kepuasan tersendiri juga kebebasan untuk berekspresi dalam menentukan tujuan sebuah blog.
Baiklah kita sudahi saja pengantarnya sekarang kita akan memulai materi kita dalam pertemuan kali ini.

DNS sebagaimana yang sudah dijelaskan di baris teratas DNS adalah alamat untuk menentukan tujuan sebuah domain. Dengan menggunakan domain TLD(Top Level Domain) berarti kita membuat nama domain sendiri sebagai contoh domain TLD yaitu “namadomain.com” com adalah ekstensi yang paling banyak digunakan saya juga belum mengetahui kenapa hehehe. Setelah memiliki domain sendiri berarti kita juga harus memiliki hosting sendiri, apabila anda tidak ingin menggunakan hosting berbayar anda dapat menggunakan hosting dari blogspot.

Berikut akan saya jelaskan bagaimana cara melakukan setting DNS di Blogspot:

Setting DNS ke hosting Blogspot

Langkah-langkah:

Bukalah website tempat pembelian domain anda sebagai contoh anda mendaftar di Rumahweb lalu login sebagai member buka layanan anda lalu pilih domain yang sudah dibeli dan klik Manage Domain

lalu cari  “Manage DNS”

lalu akan muncul tampilan kosong namun akan ada tombol add record maka klik tombol tersebut. Sekarang anda akan menambahkan DNS  dari blogspot yaitu:

216.239.32.21
216.239.34.21
216.239.36.21
216.239.38.21

isikan seperti gambar di bawah:

Untuk penambahan cname saat ini sukses namun masih perlu pengalamatan ke blog kita menggunakan cname. jika anda belum mengetahui alamat cname blogspot anda silahkan buka blog anda lalu buka pilihan setting lalu klik basic maka anda akan melihat seperti di bawah ini setelah memasukkan domain yang sudah anda buat.

Nomor 1 adalah domain yang anda masukkan dan nomor 2 adalah cname yang diberikan oleh blogspot maka kita tinggal menambahkan cname itu ke domain kita. seperti menambahkan DNS di atas. 
lihat gambar di bawah untuk menambahkan cname:
 
1. 
2. 
jika sudah maka simpanlah perubahan di atas, ingat melakukannya itu satu per satu tidak sekaligus hehehehe…..!!

Berikut adalah Video Tutorial Setting DNS Domain ke Hosting Blogspot:

 

Sekarang sudah selesai melakukan setting dns untuk domain tld anda siap meluncurrrr……!!! 
Namun apabila anda ingin menggunakan hosting berbayar misalkan dari penyedia hosting maka berbeda dengan cara di atas. silahkan baca; Setting DNS untuk Domain dan Hosting Berbayar

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.