Setting DNS Domain TLD dengan Hosting Berbayar

Paket Hosting dan domain adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah kegiatan membuat blog karena keduanya memiliki fungsi masing masing. Domain adalah alamat sebuah website atau blog sementara hosting adalah sebuah wadah untuk menyimpan blog tersebut dari keduanya harus saling terhubung agar dapat memberikan alamat yang tepat, untuk menghubungkannya kita perlu melakukan setting yang namanya DNS (Domain Nameserver) atau dapat juga diartikan sebagai alamat tujuan domain. Sesuai judul di atas kali ini akan membahas bagaimana cara melakukan setting dns untuk domain tld yang ingin ditujukan untuk hosting berbayar namun apabila anda ingin menujukan hostingnya ke hosting blogspot maka silahkan kunjungi : Setting DNS untuk Domain TLD dengan hosting gratis blogspot.
Persiapan yang harus dilakukan adalah membuka website dimana anda membeli domain dan paket hosting. Sebagai contoh saya membeli domain di freenom dan hosting saya di idhostinger.

Langkah langkah yang harus dilakukan sebagai berikut:

1. anda harus sudah membeli domain anda di freenom

2. bukalah webhosting anda dan pilih salah satu paket yang ada

3.  Bagian ini anda mengisi nama domain sesuai dengan domain yang sudah anda daftarkan di freenom tadi lihat sebagai berikut:

jika sudah maka klik lanjutkan jangan lupa passwod anda masukkan.

4. setelah itu maka anda akan diberikan form konfirmasi dan mengisi deskripsi mengapa anda memilih paket hosting tersebut dan juga melakukan ferivikasi captcha setelah itu klik saja lanjutkan/order atau semacamnya.

5. jika semua sudah siap maka sekarang menuju konfirugasi. buka layanan hosting yang sudah dipesan dengan nama domain yang sudah dibuat.

6. klik detail, disana kita akan melihat Nameserver dari hosting yang  kita punya. silahkan tambahkan Nameserver tersebut ke domain yang sudah dipesan dengan cara berikut:

1. KLik Manage Domain >>Management Tools >> Nameserver
Tambahkan semua nameserver yang sudah tersedia dari hosting tadi ke domain. seperti di bawah ini:

jika sudah maka kita hanya perlu menunggu waktu keduanya berkoneksi dan biasanya memakan waktu 1×24 jam maka sabarlah hehehehhehe…
sampai tahap di atas seharusnya sudah selesai untuk melakukan setting apabila ada masalah dalam melakukan setting dns untuk domain tld dengan hosting berbayar silahkan kirimkan komentar anda di bawah…..!!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.