Membiasakan Hidup Bersih dan Hidup Sehat

Blog Tino – Sepanjang hari kita hidup dalam lingkungan sosial yang kita naungi baik itu sekolah,keluarga masyarakat ataupun organiasai selalu terdapat berbagai macam aturan baik tertulis ataupun tidak. Salah satu aturan yang selalu ada dalam sebuah ruang lingkup sosial adalah menjaga kebersihan meskipun terkadang tidak secara tertulis aturan tersebut ada. Sebenarnya kebersihan bukanlah hal yang harus dituliskan dalam aturan karena kebersihan adalah sebagian dari jiwa kita, karena kebersihan adalah bagian dari diri kita maka jagalah kebersihan itu.

Bagi beberapa kota besar, untuk dapat menjaga kebersihan saja memerlukan dana yang besar sebagai contoh adalah ibukota negara indonesia yaitu jakarta. Lebih dari 2 milyar rupiah hanya digunakan untuk membeli unit unit yang digunakan untuk menjaga kebersihan ibukota ini. Tidak sadarkah diri kita apabila membuang sampah sembarangan akan membuat lingkungan kita tercemar? Sebenarnya kita sudah menyadarinya, namun tetap saja kita membuang sampah sembarangan karena tertanam dalam diri kita tidak ada kemauan untuk dapat memperlakukan alam dengan bijaksana. Sebenarnya Manusia adalah deraja tertinggi dalam jenis makhluk hidup namun terkadang perilaku kita tidak lebih baik dari makhluk hidup lain.

Menjaga lingkungan tidak harus dimulai dengan kegiatan besar, namun mulailah dari kebiasaan sehari-hari. Sebagai contoh membuang sampah pada tempatnya atau jika tidak ingin pergi ke pembuangan sampah bakarlah sampah non organik seperti kertas dan semacamnya itu akan lebih baik dan bertanggung jawab daripada dibuang di saluran air atau tempat-tempat lain yang seharusnya tidak sebagai tempat sampah. Akibat dari membuang sampah sembarangan mungkin tidak terlihat secara cepat namun perlahan sampah yang dibuang sembarangan akan menunjukkan tajinya. Salah satu contoh yang sering kita temui adalah tersumbatnya aliran selokan karena terlalu banyak sampah dan mengakibatkan bertumbuhnya jentik-jentik nyamuk dan berbagai penyakit lain, Namun tidak hanya itu saja sampah juga mengakibatkan resapan air yang tidak sempurna sehingga akan menggenang sebagai contoh besar adalah kawasan ibukota yang setiap kali musim hujan selalu saja terjadi banjir. Itu semua tidak terjadi karena alam namun juga perbuatan manusianya setidaknya meskipun saat ini belum dapat membuat banjir ibukota hilang akan membuat debit air berkurang apabila pengairan lancar.

Banyak sekali hal-hal buruk yang terjadi akibat sampah. Akibat dari kebiasaan membuang sampah sembarangan maka hidup kita juga akan seperti itu, Mengapa? Karena diri kita sudah dibentuk dengan kebiasaan kebiasaan yang tidak baik sehingga apa yang kita lakukan akan cenderung menuju hal yang tidak baik tersebut. Sebagai contoh adalah jika anda memelihara dua ekor anjing dan anda memberi makan lebih banyak kepada salah satu anjing terus menerus maka anjing itu akan lebih besar dari anjing yang satunya. Ini membuktikan bahwa apabila kita memberi sesuatu yang lebih kepada suatu bagian tubuh kita maka bagian itulah yang akan menguasai kita. Menjaga alam akan memberikan kelangsungan hidup lebih lama, Bukan untuk kita saja namun untuk anak cucu kita mungkin kita berfikir bahwa umur kita sudah tua dan kita biarkan anak cucu kita saja yang menjaganya dan kita hanya perlu melakukan apa yang dapat kita lakukan. Sebanarnya itu salah baiklah kita terus menjaga agar anak cucu kita bersuka cita menikmati hasil jerih payah kita dan dapat mereka teruskan dikemudian hari.

Ada baiknya kita selalu menjaga keseimbangan alam dan juga keseimbangan tubuh kita dengan melakukan hal-hal baik, itu semua dimulai dari kegiatan kecil agar dapat menjadi besar dan terus bertumbuh hingga menghasilkan orang orang yang sukses baik itu lingkungan sosial ataupun pribadi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.