Jenis-Jenis Bilangan: Binner Octal Desimal dan Hexadesimal

Blog Tino – Mengawali pembelajaran sistem digital di jurusan teknik informatika dengan mengenal jenis bilangan yang ada dalam pembelajaran ke depannya. Beberapa yang akan dibahas adalah jenis bilangan binner octal desimal dan hexadesimal.
Berikut saya akan menjelaskan dari keepat jenis bilangan tersebut.

jenis bilangan

1. Bilangan Binner
Bilangan binner adalah bilangan yang paling banyak digunakan dalam komputerisasi karena secara langsung menjadi bilangan yang dapat dipakai berkomunikasi dengan bahasa mesin. Bilangan binner terdiri dari “1” dan “0” karena hanya terdiri dari “1” dan “0” makanya binner biasa disebut bilangan basis dua. Dari beberapa jenis bilangan selain binner semuanya dikonversi ke binner terlebih dahulu barulah mesin dapat mengeksekuainya. Pada tahap akhir dari data yang diproses oleh mesin akan dikonversi lagi menjadi jenis bilangan yang diinginkan.

2. Bilangan Octal
Bilangan octal biasa juga disebut dengan bilangan basis delapan, karena batas maksimumnya adalah 7 dan batas minimum adalah 0. Selanjutnya apabila konversi dari bilangan lain hasilnya tidak ada dari rentang 0-7 maka akan dihitung lagi dari 10-17 dan jika lebih besar lagi akan dihitung dari 20-27 sampai seterusnya.

3. Bilangan Desimal
Tahukah anda bilangan apa yang sering digunakan manusia sebagai perhitungan sehari-hari? Jika anda tidak tahu maka inilah jawabannya yaitu bilangan desimal atau disebut juga bilangan basis 10. Sebenarnya bilangan basis 10 hanya terdiri dari 0-9 namun karena nilai yang dibutuhkan lebih besar maka akan dilakukan pergantian angka depan sesuai urutannya jika sudah mencapai angka maksimum yaitu 9.

4. Bilangan Hexadesimal
Bilangan yang paling unik itulah yang terjadi dengan bilangan hexadesimal atau disebut juga dengan bilangan basis 16. Bilangan ini memiliki rentang antara 0-9 lalu jika sudah sembilan dilanjutkan dengan huruf “A-F”, perhitungannya pun agak unik jika mengkonversi bilangan dari basis 10 ke basis 16 maka akan dihitung dari gabungan huruf dan angka apabila jumlahnya lebih dari angka yang tersedia.

Saya rasa sudah cukup penjelasan mengenai jenis bilangan yang ada dalam mata kuliah sistem digital, namun jenis bilangan tidak hanya ada di sistem digital tapi jenis bilangan juga diajarkan di beberapa pelajaran lain seperti teknik elektro etc.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.