Cara Lengkap Membuat Website Sederhana Dengan Blogger

Blog Tino – Setelah beberapa waktu admin tidak menulis hal-hal yang berhubungan dengan website kali ini admin akan kembali mengulas sedikit informasi sederhana yang mungkin sudah diketahui sebagian orang namun masih ada lebih banyak orang yang belum mengetahuinya. Nah kali ini admin akan menulis cara lengkap membuat website sederhana dengan blogger.

Blogger adalah salah satu penyedia website builder yang memberikan secara cuma-cuma untuk dapat membuat website alias gratis….!!! Blogger ini sangatlah cocok bagi pemula seperti saya karena tidak perlu banyak melakukan modifikasi karena pada saat dibuat sudah dapat diisi dengan artikel dan sudah dapat online tanpa perlu modifikasi.

Marilah kita mulai untuk membuat website menggunakan blogger yang sangat sederhana itu. Persiapan yang harus dilakukan adalah:

  1. Memiliki Akun Email Google Daftar Disini.
  2. Koneksi Internet.
  3. Punya Laptop / Main di Warnet / Menggunakan Handphone.

Apabila persiapan tersebut sudah dimiliki maka langkah yang akan kita lakukan adalah membuat blog dengan menggunakan email dari google. Email google ini sangatlah komplit karena jika kita sudah memiliki email google kita dapat memiliki berbagai produk dari google seperti youtube,email,google plus dan masih banyak lagi.

  1. Langkah yang pertama adalah Buka browser anda (Mozila,Uc Browser,Google Chrome, dll).
  2. Langkah buka bloger disini.
  3. Langkah berikutnya masukkan nama website anda dan juga alamat website anda, alamat website anda terkadang tidak tersedia sesuai dengan yang anda masukkan karena sudah dimiliki oleh orang lain jadi berusahalah menentukan sesuai keinginan dan juga sesuai ketersediaan yang ada di google. Pada Tahap ini usahakan nama dan alamat web anda sesuai dengan kemampuan anda dalam menulis agar nantinya dapat terus menulis dengan konsisten.

create

Lihat gambar disamping sebagai contoh saat membuat blog dengan alamat yang tersedia. Setelah terdapat tanda centang di samping kanan anda tinggal melakukan klik Create Blog. Pada tahap ini pembuatan blog sederhana anda sudah selesai.

 

 

 

 

  1. Berikutnya adalah dengan menyiapkan pengaturan yang akan kita modifikasi sedikit, karena blog ini adalah blog untuk berjualan sarang burung. Maka kita harus mengganti thema yang cocok untuk berjualan, saat ini saya memiliki thema yang saya rasa cukup bagus untuk berjualan.

ss1

Untuk mengganti thema ini anda dapat melakukan klik pada bagian template seperti gambar di bawah ini.

ss

Selanjutnya klik Cadangkan/Pulihkan (backup/restore) lalu upload thema anda yang sudah anda miliki dalam format xml.

Pada tahap ini tampilah website anda sudah cukup untuk pemula dan yang tidak mengerti koding sama seperti saya. Apabila anda masih belum puas dengan tampilan website anda maka anda harus bermain dengan koding atau meminta seseorang yang mengerti koding untuk membuatkan anda desain tema sesuai dengan  yang anda inginkan.

  1. apabila anda ingin menghilangkan embel-embel blogspot yang ada pada alamat website anda maka anda harus membeli sebuah domain dari penyedia domain seperti (rumahweb,idhostinger,godaddy,dll). Berikut adalah tata cara setting domain berbayar ke blogspotnya.
  1. Login Ke Domain anda (Kalau saya di rumahweb).
  2. Pilih pada bagian Manage DNS (Domain Name Server).
  3. Add New Record Lalu Isikan angka2 di bawah pada bagian “destination” dengan type “A” class “IN” TTL”14400″.
  4. Isikan 216.239.32.21
  5. Isikan 216.239.34.21
  6. Isikan 216.239.36.21
  7. Isikan 216.239.38.21

Berigkut contoh gambarnya.

pj

Untuk Bagian domain biarkan saja kosong, pada tahap ini kita sudah mengisikan DNS dari hosting yang dimiliki oleh google. Tahap berikutnya adalah menambahkan CNAME dari google yang akan kita dapat dari blog dan fungsi CNAME adalah alamat khusus yang ditujukan untuk blog anda. Ikuti langkah2 berikut.

 

Masuk ke blogger dan pilih menu Setting/Pengaturan lalu anda akan melihat alamat dari blog anda contoh alamat yang saya buat di awal adalah jual-sarang.blogspot.com pada bagian blog adress. Silahkan klik pada tulisan berikut yang ada dibawah alamat blog anda “+ Setup a 3rd party URL for your blog” yang artinya adalah menambahkan alamat blog dari penyedia lain. 

Pada saat anda sudah melakukan klik maka akan ditampilkan sebuah text area yang harus anda isi sesuai dengan domain yang sudah anda beli di penyedia domain pihak ketiga tadi. apabila sudah maka disana akan ditampilkan sebuah kesalahan seperti gambar berikut ini.

ddSebenarnya pada tahap ini tidak ada kesalahan hanya saja google menampilkan CNAME untuk dimasukkan ke dalam domain yang sudah anda beli tadi. Disana dapat dilihat terdapat Name,Label dan pada bagian kanan adal destination dan target, itu adalah cname yang harus dimasukkan ke dalam DNS di domain anda. Berikut adalah cara memasukkannya.

 

Copy Name yang ada dan pasangkan dengan destination sesuai barisnya….!!! Berikut adalah contoh gambar.

www xh

Setelah itu maka klik Save pada domain yang dibuat di blogger tadi dan sekarang alamat website anda sudah berubah dan domain anda tidak ada lagi embel-embel blogspotnya.

Saat ini anda sudah memiliki Website dengan desain menarik dan juga keren karena sudah menggunakan domain sendiri, kini saatnya anda mulai menulis agar website anda lebih populer dan dikenal oleh khalayak dunia maya. Jangan lupa untuk mendaftarkan blog anda ke google webmaster dan melakukan submit sitemap.

Berikut adalah artikel yang dapat berguna membantu anda mengoptimasi website anda:

Tools untuk optimasi website

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.