Cara Membuat Website Gratis Dengan Blogger

Blog Tino – Memiliki sebuah website sebenarnya tidaklah sulit dan saat ini banyak sekali website yang dapat dimiliki dengan versi gratis salah satunya adalah platform website yang dikiembangankan oleh google yaitu blogger sapaan akrabnya. Nah dalam pertemuan kali ini saya akan membahas bagaimana caranya membuat website gratis dengan blogger. Tidak usah berpanjang lebar silahkan simak tahap demi tahap untuk memiliki website gratis versi blogger.

Pembuatan Email

Membangun website dengan platform blogger kita haruslah memiliki email dari google, apabila anda sudah memiliki email dari google silahkan abaikan tahap ini. Jika belum memiliki akun email google silahkan mendaftar disini.

  1. Isikan Nama Depan dan Nama Belakang anda
  2. Isikan Nama Pengguna dan itu adalah email anda, Terkadang nama tidak tersedia karena sudah dimiliki orang lain jadi carilah nama yang belum dimiliki orang lain.
  3. Isikan Sandi/Password anda dan Isikan lagi pada field konfirmasi sandi.
  4. Mengisi tanggal lahir
  5. Mengisi Jenis Kelamin
  6. yang terakhir adalah mengisi no handphone, jangan abaikan bagian ini karena pada saat anda lupa password maka untuk pemulihan no handphone anda ini akan digunakan.
  7. Submit

Pada tahan ini seharusnya email anda sudah siap hanya saja perlu dilakukan konfirmasi melalui no handphone yang anda gunakan tadi.

Pembuatan Blog

Tahap yang ditunggu tunggu kini sudah tiba kali ini kita hanya perlu membuka alamat website blogger dengan mengetikkan blogger di pencarian google pasti blogger yang kita maksud akan tampil pada bagian teratas.  Setelah masuk dalam website blogger maka kita hanya perlu Klik tulisan Blog Baru di bagian kiri. Seperti gambar dibawah ini:

des

Apabila sudah dilakukan maka kali ini kita akan menentukan nama dari website yang akan kita buat dan menentukan domain dari website kita. Domain ini haruslah unik, terkadang domain atau alamat dari website yang kita kehendaki sudah dimiliki orang lain sehingga kita tidak dapat lagi menggunakannya, jadi silahkan cari lagi yang belum dibuat oleh orang lain. Dibawah ini adalah gambar saat membuat nama website dan domain website dari blogger.

1 2

Dapat dilihat perbedaan antara ketersediaan dari sebuah domain yang ada dan domain yang sudah dimiliki oleh orang lain. Apabila anda sudah mendapat domain maka silahkan klik Buat Blog yang ada pada bagian bawa berwara kuning. Seharusnya jika anda sudah melakukan buat blog maka saat ini website versi blogger anda sudah siap digunakan dan siap diisi content berupa tulisan,video,gambar atau sebagai tempat menyimpan data pribadi. Apabila anda tidak ingin mempublikasikan website anda maka silahkan ubah pengaturan website anda menjadi private dengan cara berikut:

Klik Setelan>>Gulir kebawah>>Pembaca Blog ubah menjadi >> Pribadi, apabila masih bingung maka lihatlah gambar dibawah ini:

11 22

Jika sudah melakukan setting seperti dibawah maka dipastikan website anda tidak akan dapat dibuka oleh orang lain selain anda karena sudah dibatasi bahwa yang dapat membuka website itu adalah orang yang terlogin menggunakan email website itu dibuat.

Saat ini saya rasa sudah cukup cara untuk membuat website gratis dengan blogger kedepannya admin akan membuatkan sedikit tutorial kecil kepada pembaca yang setia dengan Blog Tino.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.