Potensi Blog Untuk Generasi Muda

Untitled

Dunia blogging seperti tidak ada habisnya, setiap saat terus berkembang dan selalu menghadirkan tantangan baru. Dengan adanya perkembangan tersebut dapat kita simpulkan bahwa prospek ke depan masih sangat cerah dalam dunia blogging ini. Kali ini saya akan membahas mengenai potensi blog untuk generasi muda, mari kita simak beberapa poin yang akan saya bahas berikut.

 

 

Potensi memiliki arti sebuah kemampuan, berarti potensi ini harus dikembangkan atau ditingkatkan agar kita memiliki kemampuan yang cukup untuk bersaing dengan para blogger diluar sana.

Blog adalah sebuah sarana yang digunakan untuk melakukan kegiatan blogging, blog sendiri adalah kependekan dari web log yaitu sebuah media menulis atau menempatkan konten yang dapat bersifat pribadi dan publik yang dapat di onlinekan atau dapat disimpan di internet.

Generasi Muda adalah manusia penggerak dari kedua poin di atas yang artinya tanpa ada manusia atau disebut generasi muda ini kedua bagian diatas tidak akan dapat dilakukan. Siapakah Generasi Muda itu? Generasi muda adalah setiap orang yang saat ini memiliki usia produktif atau masa keemasannya yang mampu melakukan banyak kegiatan.

Potensi apa saja yang dapat dikembangkan oleh generasi muda?

Sebagai manusia yang berada dalam usia produktif kita tentunya memiliki banyak waktu untuk melakukan kegiatan atau semacam usaha untuk mengembangkan kemampuan diri yang tentunya bertujuan agar kita mampu melakukan kegiatan yang sebelumnya kita tidak mampu kerjakan, dapat juga kita sebut dengan upgrade skill. Beberapa potensi yang dapat dikembangkan adalah sebagai berikut:

  1. Softskill

Softskill adalah sesuatu yang berhubungan dengan jiwa pemimpin yang mana mewajibkan kita dapat mengambil keputusan dan dapat mengorganisir semua anggota yang kita miliki agar bekerja dengan baik sehingga dapat memberikan kontribusi kepada kita dalam memimpin.

  1. Hardskill

Hardskill adalah kemampuan untuk dapat melakukan suatu kegiatan yang sifatnya mutlak untuk dikerjakan, tidak kalah penting dengan softskill, hardskill memiliki tujuan untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Setelah kita mengetahui dua bentuk umum yang dapat dikembangkan oleh generasi muda maka kita pastinya memiliki spesifikasi khusus yang akan dibahas, kali ini pembahasan khusunya adalah potensi blog untuk generasi muda. Jika potensi dan blog dijadikan satu bagian maka yang terbesit dalam benak adalah peluang yang dimiliki oleh blog untuk generasi muda, nah apasaja peluang blog untuk generasi muda? Simak uraian berikut dengan baik.

  1. Menghadirkan Lapangan Kerja

Dalam hal ini kegiatan blogging sudah membanjiri nusantara tidak perduli usia dan darimana dia berasal maka dari itu tidak sedikit pemilik blog yang menawarkan pekerjaan kepada orang yang mampu bekerja khususnya dalam hal menulis. Menulis untuk orang lain akan sangat menguntungkan apabila kita tidak mampu untuk mengelola dan memonentisasi blog sendiri sehingga akan lebih profitable jika menjadi penulis orang lain karena anda akan pasti dibayara tanpa bingung harus melakukan promosi dan optimasi. Oleh karena itu lapangan kerja menulis terbuka bagi siapa saja, hal inilah yang menjadi perhatian penting karena bekerja tidak harus ada di kantor melainkan dari rumah,cafe dan sebagainya juga dapat dilakukan.

  1. Meningkatkan HardSkill Khususnya Menulis

Perlahan namun pasti adalah suatu kata yang sangat cocok dalam hal ini karena apabila kita menekuni kegiatan blogging yang pastinya melakukan kegiatan menulis maka perlahan-lahan kemampuan dalam menulis pasti akan meningkat sehingga pembaca akan  mudah memahami arti dan makna tulisan yang kita buat. Tidak hanya itu saja, jika kita sudah memiliki kemapuan menulis dengan baik maka kita dapat melakukan kegiatan lain selain blogging namun kita dapat membuat sebuah karya fiksi atau semacamnya yang diterbitkan.

  1. Menghasilkan Uang Dari Blog

Salah satu bagian penting dalam potensi blog untuk generasi muda adalah menghasilkan uang agar segala kegiatan blogging kita tidak semata mendapat kepuasan dan rasa bangga namun jika blog yang kita kelola dapat menghasilkan uang akan menjadi salah satu nilai tambah bagi kita. Menghasilkan uang melalui blog ada banyak sekali caranya berupa menjadi publisher,review produk,berjualan,menerima iklan banner dan masih banyak sekali cara untuk mendapatkan uang melalui blog. Saya akan membahas salah satu yang paling banyak digeluti oleh blogger, apakah itu?

Publisher adalah salah satu cara yang paling banyak digeluti oleh blogger, entah mengapa ini terjadi tanyakan saja pada masing-masing individu. Menjadi publisher artinya kita menjadi pihak ketiga sebagai penayang iklan dari pihak kedua yang mana pihak kedua ini adalah penadah pertama dari iklan dan kita akan dibayar oleh pihak kedua ini sementara pihak kedua akan dibayar oleh pihak pertama atau pengiklan. Ada banyak sekali jenis iklan yang dapat diterapkan dalam blog, yaitu CPM,PPC dan masih banyak lagi.

  • CPM (Click Per Mile)

CPM adalah salah satu sifat dari ikalan yang ada, kita akan mendapatkan bayaran sesuai dengan jumlah kunjungan yang masuk ke blog yang kita miliki. CPM ini sangat cocok dengan blog yang memiliki jumlah pengunjung yang besar karena perhitungannya akan dilakukan setiap 1000 pengunjung maka akan mendapatkan komisi, bisa dibayangkan apabila pengunjung blog anda hanya ratusan. Apakah anda akan mendapatkan profit?

  • PPC (Pay Per Click)

Pay Per Click yang sangat terkenal adalah kepunyaan google yaitu google adsense, secara ringkas pay per click adalah sebuah program dimana seorang pemilik websit mendaftarkan diri menjadi publisher dan menayangkan iklan yang diberikan oleh penyedia iklan lalu pemilik website akan dibayar sesuai jumlah klik pada iklan yang tampil pada website yang dimilikinya.

  1. Berjualan produk

Selain menjadi publisher owner dari sebuah website dapat melakukan banyak kegiatan lain untuk dapat meghasilkan uang melalui website yang dimilikinya, salah satunya adalah menjual berbagai macam produk melalui website yang dimiliki. Biasanya jika sebuah perusahaan atau perorangan memiliki sebuah usaha mereka akan melakukan pemasaran secara online atau melaui website. Salah satu dari perusahaan jasa domain dan hosting yang unggul di Indonesia yaitu dewaweb juga menggunakan website sebagai media untuk berjualan karena sangat efektif untuk mendapatkan konsumen baru karena sifatnya yang global.

  1. Menerima Jasa Review

Memiliki sebuah website yang pengunjungnya ribuan bahkan jutaan adalah hal yang sangat diinginkan oleh setiap owner blog karena dengan sendirinya akan mendatangkan income, salah satu jalan mendatangkan income yaitu dengan memberikan jasa review produk. Review produk adalah jasa mengulas sebuah produk yang akan direview sehingga akan tampil dalam dunia maya yang tujuannya pemilik produk mendapatkan pembeli dari seluruh penjuru dunia. Dengan review produk ini tentunya akan sangat dikenal apalagi direview oleh sebuah website yang pengunjungnya jutaan dan rankingnya di dalam mesin pencari sangat baik.

Kesimpulan potensi blog untuk generasi muda…!

Membangun sebuah website atau blog adalah pilihan namun pengunjung yang tinggi pada blog adalah keinginan. Untuk mencapai puncak kita harus berjalan jauh maka dari itu kepada generasi muda wajiblah anda memulai usaha anda sejak dini, baik itu secara fisik atau non fisik berupa blog karena suatu saat nanti anda akan dihadapkan dalam dunia nyata dima anda akan dituntut untuk bekerja keras dan mengembangkan potensi yang anda miliki.

Banyak kata yang sudah ditulis banyak opini yang sudah dikembangkan, terima kasih kepada forum IAPD telah mengadakan kontes SEO mengenai “POTENSI BLOG UNTUK GENERASI MUDA” karena dengan mengikuti event ini Saya selaku owner BLOG TINO sadar bahwa menulis bukanlah sebuah hal yang mudah dan juga persaingan tidaklah sedikit, apabila kemampuan ini tidak diasah maka tidak akan bertahan lama dalam dunia blogging.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.