Mengenal Jenis Serangan Hacker Perusak (Cracker)

allready hackedKegiatan merusak sistem adalah sebuah pelanggaran apabila dilakukan tanpa persetujuan pemilik sistem tersebut dan dapat dihukum dengan UU ITE. Beberapa kegiatan merusak tersebut akan dijelaskan secara singkat dalam artikel ini yang mana berjudul mengenal jenis serangan hacker perusak. Berikut adalah penjelasannya.

Joyrider

Serangan jenis ini biasanya didasari oleh inspirasi sesaat yang biasanya didapat dari membaca novel,menonton film hacker dan seakan-akan mampu melakukan sebuah penetrasi kepada sebuah sistem. Setelah melihat dan membaca apa saja yang dilakukan oleh aktor dalam novel atau film tersebut sang attacker mulai belajar secara instan akan jenis serangan yang sudah diperankan oleh aktor sehingga attacker mulai mencoba melakukan penetrasi pada sistem tujuan tanpa mengetahui sebuah struktur dari sitem yang ingin diserang. Tidak jarang serangan jenis ini mengakibatkan kehilangan data dan pengrusakan data terhadap sistem yang di pentest.

Vandal

Secara nyata serangan ini bertujuan merusak sebuah sistem yang sudah ditarger oleh attacker sehingga serangan ini akan mengakibatkan hal yang buruk terjadi pada target dan biasanya attacker sudah mengumpulkan berbagai info mengenai sasaran. Penyerangan ini dapat berupa Cyberwar atau semacamnya.

ScoreKeeper

Sesuai dengan namanya yaitu Score dan Keeper yang memberikan arti serangan ini adalah menentukan jumlah keberhasilan yang dilakukan pada sistem tujuan. Salah satu yang sangat familiar dengan serangan jenis ini adalah Deface yang pada akhirnya memampang Nickname atau nama komunitas yang dimiliki sebagai ajang pengenanalan yang tujuannya adalah mengatakan bahwa mereka adalah sebuah komunitas atau perorangan yang mampu berkreasi dengan mendeface sebuah website.

Denial of Service (DoS)

Denial of Service adalah satu-satunya serangan yang sangat mudah dilakukan karena attacker hanya perlu menginputkan alamat dari sistem tujuan pada script exploit atau apalah namanya hehehe…..! Denial of Service ini berfungsi mengirimkan paket kepada sistem tujuan sehingga server sistem tidak bisa mengerjakan perintah atau memroses data yang ada sehingga sistem tujuan menjadi down atau lumpuh total. Kasus ini terjadi karena Distributed Denial of Service (DDoS), Mengapa disebut DDoS karena untuk melakukan penyerangan jenis ini biasa dilakukan secara serentak dan bersamaan atau dapat juga dengan menggunakan komputer zombie untuk melakukan penyerangan.

Spy

Dari beragam jenis serangan diatas, Spy adalah salah satu yang akan memberikan keuntungan bagi attacker karena tujuan dari serangan ini adalah mengambil informasi dari sistem yang diserang. Banyak serangan yang dilakukan dalam jenis Spy ini salah satunya adalah Carding. Spy biasanya ditujukan kepada sebuah sistem yang memiliki database yang isinya berupa informasi credit card atau semacamnya yang dapat memberikan keuntungan lebih bagi attacker.

Tidak hanya itu saja bagian dari Spy, Serangan Spy ini biasanya menjadi sebuah order bagi seorang Cracker dari pesaing bisnis atau yang lainnya untuk dapat mengambil informasi dari saingan tersebut. Hal ini sudah sangat lumrah terjadi dalam dunia underground.

Intrusion

Pada tahap akhir seorang yang benar-benar menjadi seorang hacker profesional adalah kebaikan yang ada dalam dirinya untuk melakukan kegiatan hacking yang memiliki etika dalam melakukan hacking.

Serangan intrusion ini dilakukan oleh seorang hacker profesional yang tujuannya adalah mendapatkan sebuah akses penuh dari sebuah sistem dan tentunya tidak untuk kegiatan merusak, bahkan seringkali sang hacker menjadi orang yang memberikan banyak info untuk dapat memperbaiki sistem yang dimiliki oleh target yang sudah dipentest oleh attacker ini.

Memiliki kemampuan dalam kegiatan underground adalah sesuatu yang sangat diinginkan bahkan banyak orang yang belajar secara khusus mengenai sebuah sistem, namun jangan berfikiran bahwa kegiatan underground itu selalu memberikan dampak negatif. Salah satau hal positif yang dapat diambil dari kegiatan underground adalah pelaku hacktivis dapat memberikan kontribusi terhadap sebuah instansi atau Negara untuk dapat membangun sistem yang aman dari serangan cracker.

Dengan panjang lebar pembahasan pada artikel Mengenal Jenis Serangan Hacker Perusak ini, kini waktunya Saya pamit untuk mengakhiri artikel ini semoga memberikan manfaat kepada anda dan saya berterima kasih kepada kecoak atas kebaikannya memperbolehkan mengambil info dari old postnya.

Credit: logC

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.