Rencana Membangun RT/RW Net Menggunakan BOLT 4G LTE

Setelah berkunjung ke banyak blog yang membahas mengenai RT/RW Net pada akhirnya saya sudah tertarik sejak lama, namun masih memiliki banyak kendala baik itu dari segi dana maupun SDM karena saya tidak terlalu mengerti mengenai jaringan. Pada pembahasan kali ini saya akan memberikan konsep yang sudah saya pikirkan dan mungkin bisa menjadi inspirasi bagi rekan-rekan yang juga ingin membangun RT/RW Net.

Apa itu RT/RW Net?

Pada mulanya nama RT/RW Net dipakai oleh Mahasiswa Universitas Muhammadyah Malang (Menurut Wikipedia). Mereka menggunakan sebuah jaringan tunggal lalu dibagikan menggunakan perangkat jaringan sehingga saling terhubung antara satu kost dengan kost yang lain sehingga membangun sebuah jaringan yang mencakup RT bahkan RW inilah mengapa penamaannya menggunakan RT/RW Net.

Berikut Topology(Pemikiran Saya)

rtrwnet

Perangkat yang digunakan:

1. BOLT Slim 2

Mengapa Slim 2 Karena Slim 2 Supoort dengan semua jenis frekuensi 4G di Indonesia.

2. Mikrotik RB951Ui-2HND

Pilihan Mikrotik ada di tangan anda jika ingin menggunakan BOLT Sebagai penghubung internet maka anda wajib memiliki mikrotik yang ada port USB sebagai perantara antara BOLT dan Mikrotik.

3. Acces Point Bullet M2HP

Acces Point ini memiliki fungsi sebagai pemancar sinyal wifi agar memiliki cakupan yang luas dengan tujuan mengkover area yang luas sehingga memiliki banyak pelanggan.

4. Antena Omni

Barang yang wajib jika anda ingin memiliki cakupan yang luas. Mengapa antena omni karena antena ini akan memancarkan sinyal 360 derajad atau bisa dikatakan membentuk lingkarang dengan Omni sebagai titik pusatnya.

Peluang Menggaet Pelanggan!

Apabila anda adalah seorang penjual tentunya anda harus tau bagaimana kebiasaan pelanggan anda dan apa yang mereka butuhkan sehingga perkiraan anda tidak meleset dan menghasilkan penjualan yang besar.

Disini alasan saya ingin membangun RT/RW Net adalah ingin mencari keuntungan ditengah penggunaan internet pribadi. Sudah jelaskan dengan kalimat di atas internet ini adalah untuk pribadi namun ingin dijadikan keuntungan.

Dengan Perencanaan di atas Berapa Dana yang Dibutuhkan?

Survei barang di Tokopedia:

  1. Mikrotik RB951Ui-2HND:Rp.750.000
  2. OMNI TP-LINK TL-ANT2415D 2.4GHz 15dBi:Rp.576.000
  3. BOLT SLIM 2:Rp.560.000
  4. Bullet M2HP:Rp.750.000

Total Modal: Rp.2.636.000

Modal yang sangat besar bagi anak kost seperti saya , jadi saya akan memangkas biasa tersebut dengan cara mencari barang bekas saja sehingga harganya akan lebih murah. Selain itu apabila belum memiliki modal yang cukup besar lebih baik membeli perangkat utama seperti modem BOLT dan Mikrotik saja. Sepertinya Mikrotik juga bisa dijadikan wifi acces point secara langsung meskipun jangkauannya tidak begitu luas.

Pemilihan KUOTA!

Menggunakan modem GSM tentunya akan menggunakan simcard sebagai penghubung internet maka dari itu carilah kuota yang paling murah dengan kecepatan yang tinggi dan kuota yang melimpah.

Pada kasus saya ini, saya akan menggunakan simcard dari indosat oreedoo sebagi provider karena menyediakan paket unlimited di jaringan 4G. Karena di kost saya lumayan jaringan dari indosat ini, tentunya tidak semahal berlangganan internet dengan telkom dengan produk indihomenya.

Saat ini saya belum memiliki salah satu diantara perangkat yang dibutuhkan dan saya masih menabung untuk membeli perangkat utamanya semoga terkumpul dengan cepat sehingga ide yang sudah banyak dipikirkan orang ini akan dilaksanakan.

Mungkin itu saja unek-unek yang ingin saya sampaikan tentang ide saya semoga bermanfaat dan semoga ini terlaksana secepat mungkin.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.