Mikrotik Router OS: Remote Ip Address via Winbox di UBUNTU

Kembali membeberkan masalah mengenai jaringan komputer namun ini adalah hal yang sangat dasar sekali melakukan remote ip address router os dengan winbox.

mikrotik

Sebelum terlalu jauh simak penjelasan mengenai mikrotik router os berikut!

Mikrotik Router OS adalah sebuah sistem operasi khusus yang didesain seminimalis mungkin yang hanya memungkinkan penggunaan CLI(Command Line Interface). Router Os ini dapat diinstal pada sebuah komputer sehingga berfungsi layaknya routerboard aftermarket. Apabila anda memiliki menginstall Router OS anda perlu memiliki license untuk dapat menggunakannya license sendiri memiliki beberapa level dan setiap level memiliki harga yang berbeda.

Penjelasan Mengenai Winbox

Apabila anda tidak familiar dengan antarmuka CLI(Command Line Interface), maka anda dapat mengkonfigurasi router os anda dengan menggunakan GUI(Graphical Usser Interface) sehingga tidak perlu berkutat dengan command yang seabrek hehehe.

Kekurang Router OS

Pada Router OS tentunya jumlah dari interface atau jumlah port yang dapat digunakan sebagai penerima atau pengirim paket data, Sebut saja Lan Card.

Kelebih Routerboard

Memiliki banyak interface sehingga anda tidak perlu pusing menambah lan card lagi.

Langsung Menuju Pembahasan Remote Ip Address via Winbox.

  1. Saya asumsikan bahwa anda sudah menginstall router OS
  2. Saya asumsikan anda sudah tahu ip address,broadcast, dan netmask host

Baca juga: Mengecek ip address di ubuntu

Ip Host:192.168.43.156

Broadcast:192.168.43.255

Netmask:255.255.255.0

Hal pertama kali yang kita harus lakukan adalah mengatur ip address,broadcast dan netmask pada router os sehingga nantinya bisa di remote via winbox.

  1. Login router
  2. Tambahkan ip address

ip address add address=192.168.43.157 broadcast=192.168.43.255 netmask=255.255.255.0 interface=ether1

ether1 adalah interface default apabila anda tidak memiliki lebih dari 1 lan card apabila anda memiliki lan card lebih dari 1 maka anda dapta mengeceknya dengan command berikut:

interface ethernet print

Nah pada tahap penambahan ip address sudah berhasil sekarang silahkan anda hubungkan menggunakan kabel utp sebut saja kabel lan.

Untuk mengetahui apakah router os dan host terhubung atau tidak silahkan lakukan ping dari salah satu atau keduanya. Melakukan ping dari host:

ping 192.168.43.157

Melakukan ping dari Router OS

ping 192.168.43.156

Jika ping sudah berhasil maka sekarang anda buka aplikasi winbox di komputer host anda, lalu masukkan ip router os lalu isikan username: admin dan password kosong jika tidak diubah.

Sekarang pasti sudah terbuka tampilah winbox dan tools apa saja yang dapat digunakan, nah itu saja tutorial kali ini semoga bermanfaat mohon kritik dan saran anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.