Membangun Warnet Mikrotik dan Modem Bolt 4G LTE

Warnet adalah hal yang sudah tak lazim lagi bagi anak-anak masa kini bahkan orang dewasa masih saja menggunakan warnet sebagai tempat nongkrong yang pas. Warnet jika dalah bahasa inggris adalah internet shop sementara di bahasa indonesia warung internet yang artinya tampat berjualan internet.

mikrotik-router-os

Warnet tidak hanya memberikan internet cuma-cuma tanpa adanya perangkan pendukung, di warnet sudah disediakan komputer untuk digunakan yang pastinya sudah bundling dengan internet. Biasanya sebuah warnet akan menggunakan ISP(Internet Service Provider) menggunakan layanan kabel telepon bahkan pada masa ini sudah menggunakan fiber optic yang kecepatannya luar biasa. Namun dari semua itu masih memiliki kekurangan yaitu harga paket yang tinggi sementara pengguna tidak begitu banyak, maka dari itu jika di daerah anda sudah memiliki cakupan jaringan bolt 4g maka akan menjadi salah satu alternatif pilihan.

Jaringan 4G milik Bolt ini saya rasa sudah cukup untuk digunakan untuk sebuah warnet yang memiliki 10 komputer, karena biasanya kecepatan download yang saya dapat selama menggunakan bolt tidak pernah kurang dari 512kb dan selalu aktif atau dapat dibilang jarang sekali RTO(Request Time Out).

Jaringan Bolt ini akan lebih maksimal jika kita menggunakan Mikrotik sebagai router yang pada fungsinya digunakan sebagai management bandwidth,firewal,proxy dan sebagainya. Namun penggunaan yang paling dibutuhkan adalah Management Bandwidth karena kita memiliki resource yang terbatas. Selain dari itu kita juga dapat melakukan pemblokiran situs yang akan memakan banyak resource dan juga mengarah ke hal negatif.

Penjelasan mengenai Bolt dan Mikrotik saya rasa sudah cukup sampai disini saja. Sekarang kita akan membahas jenis hardware yang akan kita gunakan.

  • Bolt slim 2 /orion /MF90
  • Mikrotik RB711UA-5HnD/RB951Ui-2HND

Pilihlah mikrotik yang memiliki port usb sebagai penghubung antara Bolt dan Mikrotik. Mikrotik yang support terhadap usb port adalah mikrotik yang memiliki kode ‘U’ seperti di atas.

Baca Juga:Rencana Membangun RT/RW Net dengan Bolt

Mengapa disini saya memilih Bolt?

Bolt menyediakan paket unlimited tanpa FUP (Batas Pemakaian Wajar) dengan adanya paket unlimited ini maka kita akan bebas layaknya menggunakan ISP(Internet Service Provider) Indihome,Biznet dan semacamnya. Namun diantara yang saya sebutkan tadi Bolt menjadi yang paling murah dengan Rp.299.000/Bulan. Namun paket bolt ini akan memberatkan sekali apabila anda tidak memiliki Credit Card karena memiliki batas minimum berlangganan yaitu 12 bulan. Jika ingin melakukan pembayaran langsung maka 12 bulan tersebut harus dibayarkan di awal.

Nah dalam mini labs ini saya akan mengasumsikan bahwa Mikrotik sudah terkoneksi dengan modem bolt. Saya akan mencoba melakukan setting menggunakan router os di dalam virtual box karena saya tidak memiliki Mikrotik namun saya memiliki Bolt. Hehehehehehe

Saya asumsikan bahwa ketiga perangkat ini sudah terhubung satu sama lain dalam arti ip masing masing sudah diatur di setiap perangkat.

Nah yang paling di tekankan disini adalah bagaimana memanajemen bandwidth yang kita miliki dan melakukan pemblokiran terhadap suatu situs melalui Winbox Mikrotik.

Pertama Manajemen Bandwidth ke youtube karena menonton video akan sangat memakan banyak bandwidth. Berikut adalah caranya:

Klik queue >> Klik Tambah>>isikan target ip youtube>>isikan max limit upload>>isikan max limit download

Sampai disitu membatasi akses ke youtube sudah selesai, dengan konfigurasi itu maka jika ada 10 komputer membuka youtube bersamaan maka batas paling tinggi untuk download adalah batas yang sudah ditentukan tadi.

Sekarang kita akan lanjut ke tahap memblokir sebuah situs yang dianggap tidak baik atau memang ada faktor lain. Berikut adalah cara melakukan pemlokiran menggunakan proxy.

Klik Ip>>Web Proxy >>Enable

Klik Access>>Klik Tambah>>Isikan Dst.Host dan Action terhadap host tersebut

Tara sekarang pengaturan sederhana kita sudah selesai, jika anda ingin membangun warnet browsing saja atau ingin membuat sebuah tempat bersantai namun tersedia wifi juga bisa menggunakan bolt dikolaborasikan dengan mikrotik dan tentunya hasilnya akan sangat powerfull sekali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.