Resep Tahu Bakso Nikmat dan Nendang di Mulut

Resep Tahu Bakso sendiri berasal dari daerah Ungaran, Semarang, Jawa Tengah. Makan yang terbuat dari sepotong tahu yang diisi dengan adonan bakso yang memiliki cita rasa gurih nan kenyal dimulut.

Tahu yang telah digorang garing kemudian dibelah pada bagian tengahnya. Setelah itu adonan bakso dimasukkan kedalam potongan tahu yang telah terbelah. Kemudian tahu yang telah berisi adonan bakso direbus didalam air yang mendidih untuk mematangkan adonan baksonya.

Banyak jalan menuju roma, nampaknya peribahasa ini cocok untuk menggambarkan bagaimana cara makan si Tahu Bakso. Para penggemar makanan khas semarang ini pasti sudah tak bingung untuk menentukan ingin makan dengan saus ataukan cabe rawit.

Pasalnya makanan yang satu ini cocok untuk disantap dengan berbagai cocolan dan cabe. Rasa tahu gurih bersanding dengan saus dan juga cabe rawit pedas pastilah menggoda seluruh pecinta kuliner di Indonesia.

Pasti food lover juga tak mau berhenti untuk mengunyah dan menyantap sepotong demi sepotong Tahu Bakso yang telah ada di hadapannya. Tambah nikmat lagi jika pecinta kuliner dapat membuatnya sendiri di rumah.

Karena dengan membuat makanan sendiri pasti akan mendapatkan kualitas makanan yang sehat tanpa pengawet dan juga vetsin. Rasa puas yang didapatkan juga berbeda jika kita membelinya di outlet penjualan.

Ada dua cara nikmat yang sering digunakan untuk menikmati tahu bakso. Satu cara dengan menyantap dengan kuah bakso dan lainnya disantap langsung. Mau yang mana, sama-sama enak kok. Yuk disimak bagaimana cara untuk membuat Tahu Bakso.

Bahan Untuk Tahu Bakso :

  1. 30 tahu goreng yang memiliki ukuran 4×4 cm atau sesuai selera.
  2. 250 gram daging sapi
  3. 250 gram daging ayam
  4. 250 tepung sagu
  5. 2 butir telur ayam
  6. 2 batang daun bawang

Bumbu Halus :

  1. 9 siung bawang putih
  2. 4 siung bawang merah
  3. ½ bawang bombay
  4. 1 ½ sendok teh merica bubuk
  5. ½ sendok makan garam

Air Rebusan Tahu Bakso :

  1. 3 siung bawang putih halus
  2. ½ sendok makan garam
  3. 2 liter air

Cara Membuat Tahu Bakso :

  1. Campurkan gilingan daging ayam dan sapi dengan bumbu halus yang telah disiapkan.
  2. Setelah tercampur rata taburkan daun bawang didalam adonan dan kembali diaduk rata (bisa dikreasinkan dengan ditambah jagung dan wortel untuk menambah serat).
  3. Kemudian masukkan kedalam tahu yang telah dibelah.
  4. Rebus kedalam air hingga tahu terlihat mengambang di atas air.
  5. Angkat lalu tiriskan.

Tahu Bakso buatan rumah siap untuk disajikan diatas meja makan sebagai kudapan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.