6 Tempat Wisata Kediri yang Wajib di Kunjungi Pelancong dan Pecinta Kuliner

Wisata Kediri – Wisata memang tak dapat dilepaskan dari sebuah daerah baik kota maupun kabupaten. Di Jawa Timur sendiri memiliki banyak tempat wisata yang bakalan buat kamu ketagihan untuk datang lagi dan lagi.

Bukan hanya dikota besar di ujung pulau Jawa saja, di sebuah kota kecil yang berjarak sekitar tiga jam dari Kota Surabaya tepatnya Kediri mempunyai wisata yang cukup digandrungi. Bukan hanya wisata untuk cuci mata namun juga untuk mengenyangkan perut.

Kali ini saya akan membahas tentang tempat-tempat wisata kediri yang wajib dikunjungi saat datang di Kediri. Apa saja tempat di Kota Tahu yang wajib dikunjungi oleh para pelancong dan pecinta kuliner? Yuk disimak ulasan berikut :

1. Simpang Lima Gumur (SLG)

SLG Kediri

Jika kalian pernah melihat gedung ini memang serupa dengan Arc de Triomphe yang ada di Paris. Namun Kabupaten Kediri juga punya yang serupa, bangunan ini mulai dibangun sejak tahun 2003 dan diresmikan pada 2008.

Memang masih cukup baru, namun nyatanya sudah terkenal hingga keseluruh Indonesia. Tak jarang saat hari-hari besar banyak mobil yang singgah dan ingin mengambil foto untuk di upload di sosial media.

Untuk menuju ke tempat yang satu ini cukup mudah karena terletak di lima persimpangan jalan utama di Kabupaten Kediri. Sedang fasilitas yang disediakan juga menunjang diantaranya, Pasar Tugu, Convention Hall, Taman Baca dan wisata Air ‘Gumul Paradise Island’.

2. Wisata Ubalan (Kalasan)

Ubalan Kediri

Kalau mencari tempat yang adem di Kediri, cocok yang satu ini karena memang tempatnya yang rindang dan sejuk. Ditempat ini banyak fasilitas yang disuguhkan mulai dari kolam renang buatan, sumber air alami dan panggung pertunjukkan.

Ubalan sendiri berjarak sekitar 17 km dari Monumen Simpang Lima Gumul. Untuk menuju ke Ubalan anda dapat mengambil arah menuju ke Plosoklaten. Sedang untuk tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 7.500/orang, dan parkir kendaraan bermotor sebesar Rp 2.000.

3. Gunung Kelud

Kelud
©FB/Kurnia Novaldi

Memang nama Kelud sendiri mulai dikenal sejak tahun 2014 karena letusan dahsyatnya di bulan Februari. Kala itu seluruh kediri dihujani oleh materil dari batu, pasir hingga debu vulkanik.

Namun sekarang wisata Gunung Kelud sudah dapat dinikmati oleh pelancong. Dengan membayar retribusi sebesar Rp 5.000/orang dan parkir kendaraan motor mulai 2 hingga 10 ribu.

Tak hanya dua wisata pemandangan yang disuguhkan oleh Kediri. Kali ini saya akan mengulas tentang tempat kuliner yang wajib di kunjungi saat berkunjung ke Kediri.

1. Klepon

Klepon Miroso
Copyright ©Instagram/hellotyara

Makanan klepon memang lekat dengan lidah setiap orang, namun tidak ke kediri jika belum datang ke Penjual Klepon yang berarada di Gang Klepon Desa. Wonosari, Kec Pagu. Buka mulai pagi hingga malam para penikmat dapat menikmati manis gurihnya klepon dan cenil

Disajikan di atas piring kecil dengan taburan kelapa parut dan juga guyuran kelapa merah cair pasti nikmat. Dibanderol dengan harga Rp 3.000 pasti murah dikantong anak muda yang doyan cemilan manis.

2. Pecel Bek Kasih

Pecel

Makanan pecel sebenarnya banyak tersebar di wilayah jawa, baik Jawa Timur maupun Jawa Tengah. Terbuat dari sayuran yang diguyur dengan saus kacang bercita rasa pedas, manis gurih ini semakin nikmat jika disantap dengan menggunakan krupuk pasir.

Penjual yang terkenal di Kediri berada di Desa. Menang, Kec. Pagu, lokasi tepatnya berada di sekitar wisata Makam Sri Aji Jayabaya. Tak hanya pecel namun juga dawet hijau yang berasa manis dan terasa santannya yang gurih.

3. Rujak Ibun

Rujak

Rujak adalah salah satu makan khas yang berasal dari Jawa Timur. Terbuat dari campuran tahu, lontong, dan berbagai sayuran segar yang nikmat. Dengan guyuran saus kacang yang dicampur dengan petis dan juga pisang batu.

Makanan yang berjuluk Salad Jawa ini berada di Desa. Wates, Kec. Pagu. Buka mulai pukul 9 hingga 4 sore dan selalu rame dikunjungi oleh warga karena harganya terjangkau yaitu Rp 5.000 per porsi. Sedang untuk teman makannya paling enak dengan jenang sumsum.

Sampai sini dulu pasti akan diulas lebih lanjut tentang mekanan dan tempat wisata kuliner dikota-kota lain.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.