Cara Mudah Menjadi Pembuat Game “ Game Developer”

thenextwe.com
thenextwe.com

Cara Mudah Menjadi Pembuat Game “ Game Developer” – menjadi seorang pembuat game adalah suatu bidang kreatif di dunia maya yang bisa menghasilkan uang sampai jutaan dollar. Kita bisa tau bahwa hampir semua game – game yang terkenal di playstore atau di appstore adalah semuanya milik perusahaan yang berbasis di game. Dan juga kita bisa tau nyatanya perkembangan game di Indonesia kurang melesat keatas dibandingkan dengan game kelas luar negeri.

Game dari Indonesia cenderung kurang diminati oleh masyarakat Indonesia, penyebabnya adalah game yang berasal dari Indonesia hampir jarang sekali yang menerapkan system online. Semuanya cenderung 70% dikuasai oleh offline, dan kepopulerannya juga bisa cepat lenyap dengan bergantian dengan zaman. Kita bisa ambil contohnya adalah game Tahu Bulat yang dibuat oleh Eldwin Viriya asal bandung.

Untuk mengusai ranah game di dunia kita masyarakat Indonesia harus turut serta membangun industry game, agar kemakmuran gamers di Indonesia serta ekonomi juga diharapkan bisa maju seperti di AS. Berikut adalah Cara Mudah Menjadi Pembuat Game “ Game Developer” :

1 . Belajar Dimanapun Kapanpun

Belajar untuk membuat game dapat dibuat dan dipelajari dimanapun, kapanpun. Jika kita memang berniat untuk membuat game ternyata sangat mudah untuk mencari tempat pembelajarannya, tidak harus bersekolah di sekolah program atau sekolah pembuatan game. Karena sekarang sudah banyak website yang menawarkan kelas online gratis untuk belajar membuat game. Salah satunya adalah dicoding.com

2 . Amati Game, Dan Pelajari

Untuk membuat game yang berkualitas bagus, jika anda kekurangan konsep dalam pembuatan game, lebih baik anda mencari konsep – konsep dari game – game orang dan kembangkan dari game tersebut, maka anda bisa mendapat ide yang lebih bagus dari konsep game yang anda lihat dari game orang lain. Tentu saja jangan 100% memplagiat game seseorang, karena sudah pasti orang yang bersangkutan akan marah. Dan ditakutkan anda bisa mendapatkan pelanggaran Hak cipta yang sudah menjadi UU yang ada di Indonesia saat ini .

3 . Mengikuti Kompetisi

Dalam mengikuti kompetisi pembuatan game, bisa anda lihat di www.dicoding.com karena web ini bukan hanya memberikan sarana belajar secara gratis saja, akan tetapi juga memberikan kompetisi setiap bulannya. Agar bisa lebih memacu developer yang ada di Indonesia. Hadiah yang ditawarkan juga tidak pernah nanggung – nanggung, karena kompetisi pembuatan game juga bertujuan untuk meningkatkan produktivitas game developer yang ada di Indonesia. Dan untuk melihat sejauh mana kemampuan game dev yang ada di Indonesia.

4 . Kalau Tidak Bisa Program, Gimana ?

Ini adalah pertanyaan yang paling banyak ditanyakan oleh calon – calon game developer yang ada di Indonesia ketika melakukan diskusi di forum – forum internet. Mereka berkeluh bahwa ingin sekali menjadi seorang pembuat game, akan tetapi skill yang ada pada dirinya sangat terbatas dan sangat kurang sekali. Terutama dalam segi program atau Coding. Karena mempelajari ilmu program tidak semudah belajar script Html. Program yang ada pada dunia game terbilang lebih sulit, dan harus intens belajar jika hendak terjun ke dunia programming game.

Tetapi tenang saja, karena sekarang sudah ada software yang dibuat khusus bagi anda yang berniat untuk membuat game tetapi tidak bisa Coding, nama softwarenya adalah Construct 2 . Construct 2 adalah software game yang paling banyak digunakan oleh game dev. Bahkan kebanyakan game yang ada di playstore adalah game yang dibuat menggunakan Construct 2.

5 . Selain Program, Desain Juga Harus Punya Skillnya !!

Karena jika kita tidak bisa program coding game, kita bisa beralih menggunakan software Construct 2. Akan tetapi jika tidak punya skill untuk mendesain maka hasil yang ada pada game, justru bisa dipastikan akan berantakan sekali. Karena design bisa berupa membuat Sprite atau karakter pada game yang bisa melalui 2D atau 3D. dan yang paling penting juga adalah tampila background pada game jugalah yang alan menjadi penilaian bagi semua pemain game yang ada di dunia.

Apabila gamenya memiliki tampilan background yang bagus, maka orang – orang bisa menilai dengan sendirinya kualitas dari game yang dibuat. Maka jika bagus, nanti akan sendirinya datang feedback positif yang didapatkan oleh user, sebaliknya apabila tampilan design kurang menarik maka feedback negatiflah yang akan membanjiri game tersebut.

6 . Software Paling Populer Dalam Dunia Game

Software yang mempunyai kualitas yang sangat bagus adalah software pembuat game 3D yang bernama Unity . ini karena hampir semua game yang bertemakan 3D baik itu di dalam playstation atau di android kebanyakan itu dibuat menggunakan software unity . dari segi grafis 3D software unity adalah yang paling menjuarai dalam masalah grafis yang memuat game bertemakan dengan konsep 3D selain itu software ini memiliki kode bahasa program yang harus dipahami yaitui bahasa C#.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.