danau-toba

Wisata di wilayah Danau Toba memang tidak ada habisnya untuk dibahas dan diceritakan, hal itu bisa dimaklumin saja, karena Danau Toba adalah salah satu danau yang terbesar di Indonesia, bahkan di kawasan Asia tenggara. Danau Toba ini terletak di Provinsi Sumatera Utara, setiap tahunnya, Objek Wisata di Danau Toba ini merupakan sasaran utama para wisatawan domestik maupun mancanegara. Nah, langsung saja kita bahas tempat wisata mana saja yang wajib kita kunjungi di Daerah ini? Inilah 6 tempat wisata di wilayah Danau Toba.

1. Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan sebuah Kabupaten di Sumatera Utara yang cukup unik dengan letak geografisnya, yang mana Pulau ini merupakan salah satu pulau besar di Indonesia. Sebuah pulau yang terletak di tengah-tengah Danau Toba ini juga merupakan sebuah Kabupaten, yaitu namanya Kabupaten Samosir, Kabupaten Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang baru terbentuk karena Kabupaten ini merupakan sebuah pemekaran dari Kabupaten Toba Samosir. Objek wisata yang ditawarkan disini cukup banyak, mulai dari wisata alamnya yang cukup menarik, dan wisata adat-istiadat yang sangat kental yang menjadikan Pulau Samosir merupakan salah satu objek wisata yang diandalkan yang berada di Provinsi Sumatera Utara.

2. Bakara

Bakara merupakan nama daerah yang terdapat di Kabupaten Humbang Hasundutan yakni Kecamatan Baktiraja, Anda bisa berwisata di tempat ini, menikmati suasana alam dan melihat pemandangan Danau Toba yang indah, bagi Anda yang suka memancing ikan, Anda bisa melakukan kegiatan Wisata Mancing di sana, sambil menikmati banyaknya pemandangan alam Danau Toba, jika Anda beruntung, Anda bisa membawa pulang ikan mujahir dan ikan mas kiloan yang Anda dapatkan dari tempat ini.

3. Parapat

Parapat merupakan salah satu tempat wisata yang indah pemandangannya di wilayah Danau Toba, karena di sini Anda akan disuguhkan alam yang cukup mempesona, sebab di sepanjang perjalanan menuju Parapat, Anda dapat beristirahat di sepinggir jalan untuk menikmati pemandangan alam Danau Toba yang cukup luas, di sana anda juga bisa bersantai ria serta dapat beristirahat dengan menikmati minuman kopi dan makanan ringan lainnya. Selain itu, sebelum sampai di Kota Parapat, Anda akan melihat banyaknya monyet-monyet yang berkeliaran mencari makan, jadi ini sebuah tips buat Anda yang hendak menuju ke sana, sebaiknya membawa makanan ringan seperti kacang atau kue yang nantinya akan Anda berikan untuk monyet-monyet disepanjang jalan tersebut. Parapat sendiri berada di Girsang Sipangan Bolon, yang terdapat di Kabupaten Simalungun. Adapun akses perjalanan yang ditempuh dari Kota Medan ke Kota Parapat tersebut hanya memakan waktu 4 hingga 5 jam saja.

4. Pulau Sibandang

Salah satu Objek Wisata Danau Toba yang perlu Anda dikunjungi yaitu Pulau Sibandang, yang berlokasi di wilayah Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau ini merupakan salah satu pulau yang dikelilingi oleh Danau Toba. Untuk mengakses transportasi daerah ini, Anda akan menggunakan akses kapal atau perahu, karena untuk menuju daerah ini tersedia perahu-perahu untuk membawa anda menuju Pulau Sibandang, di pulau ini dihuni oleh sekitar 1000 lebih kepala keluarga. Dan banyak sekali buah mangga di sini jika anda berkunjung pada musimnya tersebut, dan Anda bisa makan buah mangga yang harganya sangat murah, karena ada banyak mangga di sini, sehingga Anda bisa mendapatkannya dengan mudah. Serta rasanya yang manis dan Anda bisa makan mangga sepuasnya.

5. Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai Lumban Silintong Balige ini terletak di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir, Provinsi Sumatera Utara, perjalanan Anda ke sini dapat menggunakan jalan darat maupun melalui jalur udara, jika anda berangkat dari Kota Medan, Anda dapat memakai kendaraan umum untuk menuju kota Balige, dengan waktu perjalanan kira-kira 6 Jam perjalanan, tetapi jika Anda ingin cepat sampai ke Pantai Lumban Silitong Balige ini, Anda bisa menempuh jalur udara, melalui bandara kuala namu medan, Anda bisa terbang menggunakan pesawat menuju Siborong-Borong, Kabupaten Tapanuli Utara, dan perjalanan Anda cukup hanya menempuh setengah jam saja. Wisata Danau Toba Di lumban Silintong memang terasa menarik, Anda dapat berjalan di sepanjang bibir pantai tersebut, dan di sana Anda bisa pula berenang bersama keluarga atau pasangan Anda sambil menikmati indahnya pemandangan dan tawaran wisata kuliner yang cukup membuat selera makan Anda bangkit, khususnya seperti misalnya makanan khas ikan bakar ikan mas dan ikan mujair yang langsung ditangkap dari Danau Toba dan banyak pula makanan-makanan panggang lainnya.

6. Pusuk Buhit

Mengenai cerita Adat Istiadat khas Sumatera Utara yang begitu kental masih bisa kita dapatkan di daerah Pusuk Buhit, yang mana Pusuk buhit merupakan kawasan perbukitan yang terletak di daerah Pulau Samosir, menurut sejarah masyarakat setempat, bahwa tempat inilah asal mulanya orang batak yang dinamakan dengan Mula Jadinabolon. Di tempat ini pula kita akan disuguhkan dengan pemandangan yang indah mempesona, sehingga Anda akan terasa kagum melihat panorama alam yang dilihat di sini, jadi jika Anda akan menuju kesana, tersedia bus yang terdapat di kaki bukit dan menuju Pusuk Buhit, tapi angkutan umum tersebut tidak bisa sampai di puncak bukit, masih dibutuhkan sekitar 500 meter lagi untuk menuju daerah puncak. Sehingga disarankan untuk Anda jika berada di pulau Samosir, Anda harus singgah terlebih dahulu untuk bisa menuju tempat yang ini.

Itulah tadi pembahasan 6 tempat wisata di wilayah Danau Toba yang perlu Anda kunjungi, karena seperti yang sudah Saya bahas di atas, banyak ragam dan panorama alam yang sangat menarik yang membuat Anda sangat terkesan.

Categories: Travelling

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.