Objek Wisata Sumatera Barat Danau Singkarak

danau-singkarak-sumbar

Danau singkarak adalah sebuah wisata alam yang terdapat di Sumatera Barat (Sumbar) jika Anda datang ke sumatera, danau singkarak sangat indah akan panorama alamnya, yaitu sebuah objek Wisata yang tak kalah menariknya di Sumatera. Tempat wisata ini berjarak sekitar 70 km dari Kota Padang yang merupakan ibu kota Sumatera Barat. Danau yang memiliki luas hingga mencapai 1.000 hektar ini merupkan danau yang terluas kedua setelah Danau Toba di dataran Sumatera. Danau Singkarak berada pada ketinggian sekitar 363,5 dari atas permukaan laut dan dengan kedalaman mencapai 268 meter. Danau ini termasuk jenis danau tektonik, karena diperkirakan terbentuknya danau tersebut karena adanya pergeseran lempeng bumi atau lempeng tektonik, sehingga selalu mengalami pertambahan panjangnya danau tersebut (mulai dari 8 – 12 km, dan sekarang panjang danau tersebut mencapai hingga 23 km).

Daya tarik dari tempat ini yaitu keindahan alamnya yang membuat Danau Singkarak ini selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun wisatawan dari luar kota. Seorang peneliti asal Jerman yang bernama Ernst Haeckel, dan juga sekaligus dia adalah orang yang membuat tempat ini dikenal luas oleh masyarakat secara luas, tepatnya pada tahun 1905 melalui journal biologi. Selain melakukan penelitiannya tersebut, Ernst juga membuatkan sebuah lukisan yang menggambarkan keindahan danau tersebut, dan kemudian  membuatnya terkagum-kagum.

Adapun jika Anda berkunjung ke Danau Singkarak ini, dan menikmati pesona alam di sekitarnya, tidak ada salahnya jika Anda pergi mecoba berenang di danau yang berwarna jernih tersebut. Namun jika tidak mau basah-basahan, Anda bisa mencoba berkeliling danau dengan menggunakan sampan/perahu. Kegiatan memancing dapat juga menjadi pilihan lain untuk menikmati suasana alamnya di sini, dan pengunjungpun juga diperkenankan untuk ikut menangkap dan memancing ikan dengan para nelayan yang dapat memberikan suatu pengalaman yang sangat menarik yang berbeda dan terkesan disaat Anda berliburan di Danau Singkarak ini.

Adapun kegiatan lain yang musti dilakukan adalah mengabadikan tempat tersebut dengan camera ponsel ataupun kamera digital Anda yang bisa menjadi sebuah kenangan saat berkunjung ke Danau Singkarak. Dari beberapa kegiatan menarik yang telah disebutkan di atas, masih terdapat pula kegiatan lainnya yang sayang untuk Anda lewatkan, yaitu wisatsa kuliner khas Danau Singkarak yang terdapat di warung-warung yang terletak di sekitar kawasan wisata tersebut. Yang mana banyak terdapat beragam makanan yang bisa menggugah selera Anda, dengan masakan khas Padang yang terdapat salah satunya rendang daging yang membuat para wisatawan menjadi betah untuk berkunjung ke daerah ini.

Danau Singkarak yang sudah menjadi bagian dari tour de singkarak ini adalah sebuah event balap sepeda untuk tingkat internasional yang rutin diselenggarakan disetiap tahunnya. Tuor tersebut tidak akan berjalan tanpa adanya dukungan dari kementrian pariwisata dan ekonomi kreatif amauty sprot organization. Untuk pertama kalinya, tour tersebut diselenggarakan di sini pada tahun 2009, mulai dari bulan april sampai bulan juni, yang mana tour tersebut berlangsung selama satu minggu yang harus melewati tujuh etape bagi setiap para peserta. Start tour Singkarak berawal dari kota Padang, dan berakhir di dermaga danau singkarak, lalu pada tahun 2012, garis start tersebut kemudian diubah, yaitu mulai dari sawahlunto (kota tua yang bersejarah di sumater) dan finish di Kota Padang.

Adapun dari spesies ikan, terdapat 19 spesies ikan yang hidup di Danau Singkarak. Tetapi hanya ada satu jenis ikan yang hanya dapat ditemukan di perairan danau ini yaitu ikan bilih. Ikan bilih atau disebut juga dengan nama latinnya Mystacoleucus padangensis, adalah merupakan ikan yang memiliki ukuran kecil dengan panjangnya hanya sekitar 10 cm dengan ciri fisik mempunyai sisik yang berwarna perak berkilau. Ikan bilih kini menjadi sebuah sumber ekonomi bagi warga sekitar di daerah Danau Singkarak, sekaligus menjadi oleh-oleh khas dari Danau Singkarak, Sumatera Barat. Ikan dari hasil tangkapan oleh nelayan setempat di sini yang kemudian dijual ke warung-warung untuk di olah menjadi berbagai makanan enak dan kemudian dikemas dengan berbagai macam ukuran. Adapun Jenis olahan ikan bilih yang paling enak adalah dengan cara digoreng, lalu kemudian dimakan sambil di cocol ke sambal. Rasanya terasa enak dan gurih, apalagi jika makan bersama dengan keluarga besar Anda.

Apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke tempat wisata di Sumatera Barat, yang lebih tepatnya ke danau singkarak? Semoga liburan Anda terasa berkesan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.