Dampak Positif dan Dampak Negatif Bermain Game Online

Bermain game online sudah banyak dilakoni oleh banyak kalangan, baik itu dari kalangan anak-anak, remaja, maupun orang dewasa sudah banyak yang beraktifitas bermain game online. Baik sekedar hiburan ataupun aktifitas penuh. Tetapi bukan sekedar hiburan yang akan dirasakan, tetapi akan memberikan dampaknya juga jika Anda terlalu banyak beraktifitas seperti ini. Berikut ini ada beberapa informasi tentang dampak positif dan dampak negatif bermain game online.

bermain-game-online

Adapun dampak positif dari bermain game online itu adalah berikut ini:

  • Strategi

Pada beberapa jenis game online, yang mana khususnya game yang membutuhkan sebuah strategi khusus didalam permainannya, hal ini akan membuat pelajar dapat melatih kemampuannya dalam berstrategi. Selain itu pula, pelajar juga mampu mengambil keputusan dan juga dapat melatih bernegosiasi.

  • Kosa Kata

Bermain game, khususnya game online merupakansebuah cara lain untuk berinteraksi juga. Dua macam interaksi yang pada biasanya terdapat pada game adalah sebuah interaksi jalur  satu arah untuk berbagai jenis game offline dan interaksi dua arah untuk game online. Cara-cara dalam bermain game dan interaksinya secara tidak langsung dapat membuat menambah dan bisa melatih kosa kata pada seorang pelajar, khusus untuk game online yang menawarkan interaksi antar sesama pemain, namun jika bermain dengan player yang berbeda negara, akan membuat pelajar dapat ilmu sedikit demi sedikit dalam mempelajari bahasa asing.

  • Konsentrasi

Konsentrasi merupakan suatu hal yang sangat diperlukan oleh serang player, dan dibutuhkan konsentrasi tersebut juga diperlukan dalam setiap game dengan jenis game apapun itu. Nah dengan berkosentrasi akan dapat melatih para pelajar agar bisa terbiasa dengan yang namanya konsentrasi ini.

  • Dapat Mengurangi Kepikunan

Percaya atau tidak, hal ini memang sudah terjadi. Dengan aktifitas gaming, seorang pelajar dapat mengurangi risiko kepikunan dini, karena bermain game akan menuntut otak pelajar untuk bekerja terus menerus secara sistematis, sehingga akan menghindari risiko kepikunan dini untuk seorang pelajar.

  • Melatih Visuan Skill

Memperoleh Visual skill merupakan hal pasti yang akan diperoleh oleh seorang pelajar karena skill atau kemahirannya dalam memainkan suatu visual game.

  • Dapat Melatih Koordinasi Mata

Koordinasi adalah suatu hal paling penting untuk bermain game. Koordinasi mata dan tangan serta skill motorik lah yang dapat bekerja secara terus menerus ketika pelajar untuk bermain game. Mata yang terus untuk mengawasi dan mengikuti suatu jalannya permainan, serta tangan yang memainkan semuanya itu disertai dengan skill motorik yang dapat bekerja secara beriringan.

Adapun dampak negatif bermain game online tersebut antara lain sebagai berikut:

  • Dapat Mendorong untuk Melakukan Hal-Hal yang Negatif

Walaupun jumlahnya kasusnya yang tidak banyak, tetapi cukup sering kita menjumpai kasus pemain game online yang berniat untuk berusaha mencuri ID pemain lain dengan bermacam-macam cara. Kemudian mengambil uang yang ada di dalamnya akunnya atau melucuti perlengkapan-perlengkapannya yang mahal-mahal. Kegiatan pencurian ID ini biasanya juga akan berlanjut pada pencurian akun lain seperti misalnya akun facebook, pencurian email dengan menggunakan keylogger, software kracking, dan masih bnyak lagi pencurian yang lainnya. Adapun bentuk dari pencurian ini tidak hanya sebatas pencurian id dan password, tetapi juga dapat menimbulkan pencurian uang, walaupun biasanya tidak terlalu banyak (dari uang SPP misalnya) kemudian pencurian waktu, misalnya bolos sekolah demi dapat bermain game.

  • Dapat Menimbulkan Kecanduan yang Kuat

Adapun dampak lain dari bermain game online itu adalah dapat Menimbulkan adiksi atau kecanduan yang kuat.
Sebagian besar game-game yang beredar pada saat ini memang didesain agar dapat menimbulkan kecanduan bagi para pemainnya. Semakin seseorang mengalami kecanduan pada suatu game, maka sang pembuat game akan semakin diuntungkan karena dari segi peningkatan pembelian gold/tool/karakter dan sejenisnya juga akan semakin meningkat. Tapi keuntungan yang diperoleh produsen ini justru dapat menghasilkan dampak buruk bagi kesehatan psikologis para pemain game.

  • Dapat Mendorong untuk Berbicara Kasar dan Kotor

Hal ini terjadi biasanya dari akibat emosi para pemain game online tersebut yang tidak bisa menahan diri atau menahan emosi, sehingga mereka akan mengucapkan kata-kata yang kotor atau tidak sopan. Dan para pemain game online tersebut sering mengucapkan kata-kata kasar dan kotor saat bermain game online di warnet atau game center.

  • Meningkatkan Pemborosan

Kecanduan bermain game online di warnet akan banyak mengocek uang, hal ini jelas untuk membayar sewa komputer di warnet dan juga membeli gold/poin/karakter yang terkadang jumlah nilainya bisa mencapai hingga jutaan rupiah. Belum lagi untuk koneksi internet, atau upgrade spesifikasi komputernya dirumah.

  • Dapat Menyebabkan Perubahan Pada Pola Makan dan Pola Istirahat

Kecanduan bermai game online dapat menjadi sebab akan perubahan pada pola istirahat serta pola makan bagi para gamers, hal ini akan mengakibatkan menurunnya kontrol diri. Pola makan akan menjadi tidak teratur dan mereka sering begadang demi mendapatkan happy hour (internet murah pada malam hingga pagi hari).

Demikianlah informasi tentang Dampak Positif dan Dampak Negatif Bermain Game Online, semoga memberikan manfaatnya bagi Anda yang suka bermain game online, dan semoga tetap happy serta dapat menjaga hal-hal positifnya, jangan lupa makan dan istirahatlah secara teratur demi menjaga kesehatan Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.