Kepulauan Bala Balakang: Destinasi Wisata Sulawesi Barat

Kepulauan Bala-balakang atau juga disebut dengan Bala-balakang yang dulu dikenal dengan Kepulauan Paternoster Kecil adalah sebuah kepulauan yang terletak di Selat Makassar pada lepas pantai yang terletak di sebelah timur Pulau Kalimantan, di pertengahan jalan antara Kalimantan dengan Sulawesi, Indonesia. Secara administratif, kepulauan ini termasuk ke wilayah mamuju, Sulawesi Barat. Dan terdapat 2 Desa. yaitu Desa Bala-balakang barat serta Desa Bala-balakang timur.

bala-mamuju

Seperti yang telah dibahas di atas, Kepulauan Bala-balakang yang letaknya di sekitar 49,5 km dari Pusat Kota Mamuju, dan secara geografis, Kepulauan Bala-balakang ini sebagai salah satu wilayah administrasi yang terletak di Kabupaten Mamuju yang berbatasan secara langsung dengan Provinsi Kalimantan Timur dengan batas-batas wilayahnya: Sebelah Utara berbatasan dengan Provinsi Kalimantan Timur, Sebelah Timur dengan Kecamatan Simboro, Sebelah Selatan dengan Selat Makassar, dan Sebelah Barat berbatasan dengan Kabupaten Pasir Provinsi Kalimantan Timur.

Adapun akses Transportasi dan jarak yang lumayan jauh, biasanya hanya bisa dilalui dengan sebuah perahu motor selama jarak tempuh sekitar kurang lebih 4-5 jam membuat pulau ini tidak begitu banyak diketahui oleh orang banyak tentang potensinya, ditambah lagi minimnya ruang publikasi yang semakin membuat pulau ini tidak terlalu dikenal akan keindahan alam pulaunya, sebenarnya pulau ini yang sangat mengangumkan, serta menyimpan surga wisata yang tidak kalah menariknya dengan beberapa tempat wisata bahari yang terdapat di banyak tempat di Indonesia.

Alat Transportasi

Adapun mengenai transportasi, ini merupakan Salah satu program kerja dari Bapak Bupati H.Habsi Wahid, dan Wakil Bupati H. Irwan SP Pababari Mamuju, beliau berkunjung ke setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Mamuju.

Salah satu Kecamatan yang telah dikunjungi adalah kecamatan kepulauan Bala-Balakang, selain dari cuaca dan potensi alam yang memungkinkan untuk mengadakan perjalanan, serta untuk menjawab keinginan masyarakat, mengenai tanya jawab bersama dengan Bupati dan Wakil Bupati Mamuju.

Beberapa program kerja yang telah disepakati antar masyarakat setempat dengan Pemerintah Kabupaten Mamuju, yang mana masyarakat telah mengemukakan akan keluh kesah mereka kepada Bupati serta Wakil Bupati Mamuju.

Adapun salah satu program kerja yang akan dilaksanakan pada tahun depan adalah pada bidang transportasi yaitu pengadaan bantuan alat transportasi air seperti fery mini,

“hal ini dilaksanakan agar masyarakat yang ada di Kecamatan Kepulauan Bala-balakang dapat dengan mudah untuk melakukan perjalanan dari pulau ke Mamuju, adapun transportasi tersebut telah disubsidikan oleh Pemkab Mamuju, sehingga kalangan masyarakat dalam melaksanakan transportasi selain akan terasa nyaman, mudah dan juga murah,” ungkap Habsi Wahid pada saat memberikan sambutan di kecamatan Kepulauan Bala-Balakang.

Selain itu, Habsi juga menambahkan pembicaraannya, “bukan cuma  transportasi yang kami programkan, tetapi dari segi hal pendidikan yang mana kami akan membuat sebuah Sekolah Menengah Pertama yang jarak jauh, sehingga sejumlah pengangguran yang khususnya di Kecamatan ini akan sedikit tertangani, sementara itu dari segi kesehatan, kami dari Pemkab Mamuju akan membangun sebuah Pustu di setiap pulau dan kami akan mengangkat tenaga kontrak khusus, baik dari tenaga medis/kesehatan maupun dari tenaga pendidik, dan juga kami akan memberi insentif kepada tenaga kontrak khusus di daerah kepulauan tersebut, selain itu untuk tenaga kontrak khusus ini, kami akan mengutamakan putra daerah yang memiliki kualitas pendidikan yang ada dibidang tersebut,” jelasnya.

Keadaan Alam dan Penduduk di Kepulauan Bala-Balakang

Adapun Kecamatan kepulauan Bala-Balakang ini terdiri dari 16 buah pulau. Sebanyak 11 pulau tersebut diantaranya telah berpenghuni, serta 5 pulau tak berpenghuni. Secara geografis, dan jarak tempuh dari pulau satu ke pulau yang lainnya lumayan memakan waktu. Total jumlah penduduknya terdapat 2.436 jiwa. Pulau yang ada di Kabupaten Mamuju ini adalah Ambo, Popoongan, Saboyang, Salissingan dan pulau Sabakkatang.

Nah, pada informasi di atas, akan lebih baik jika tempat ini diperkenalkan kepada seluruh masyarakat di Indonesia agar dapat menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini (Kepulauan Bala-Balakang), dan tempat ini kaya akan panorama alam yang semestinya dapat dinikmati oleh wisatawan lokal maupun wisatawan dari dunia internasional. Boleh dikatakan bahwa kepulauan ini termasuk baru dalam hal wisata. Jadi akan lebih asik jika Anda dapat mengunjungi tempat ini.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.