Cara Agar Tidak Kecanduan Terhadap Gadget

nomophobia

Cara Agar Tidak Kecanduan Terhadap Gadget – kecanduan terhadap gadget adalah hal yang lumrah yang sangat umum sekali dikenali di kehidupan sehari – hari pada zaman digital sekarang. Yang namanya kecanduan sudah pasti akan sulit untuk dihilanghkan, mau memakai cara apapun jika memang tidak sesuai maka tidak akan bisa dihilangkan sifat candunya.

Kecanduan terhadap gadget bisa sangat berbahaya sekali dalam kehidupan, masalahnya juka sudah kecanduan, maka yang ada adalah hal negative akan timbul di otak. Dan orang yang sudah mengenal dengan baik apa itu gadget dan bagaimana cara menggunakannya maka dia tidak akan terkena candu. Sedangkan untuk orang yang sudah kecanduan bermain gadget maka dia akan lebih mengenal lebih dalam tentang hal negative yang ada di gadget tersebut.

Nemophobia

Nemophobia adalah phobia terhadap seseorang yang kerap merasa takut, gelisah ,emosi tidak terkontrol apabila jauh dari gadget. Nemophobia ini adalah phobia yang memiliki jumlah pengikutnya hampir 70% warga dunia. Phobia yang paling banyak orang terjangkitnya dan sangat sulit untuk mengatasinya, terlebih lagi phobia ini adalah phobia yang sangat menyenangkan jika tidak ada masalah yang terjadi.

Berikut adalah Cara Agar Tidak Kecanduan Terhadap Gadget :

1 . Tidak Segalanya Urusan Bisa Diselesaikan Dengan Alat Digital

Perlu diketahui bahwa tidak segalanya urusan yang ada di dunia ini bisa diselesaikan dengan gadget atau perangkat digital yang lain. Memang sekarang perangkat digital sangat membantu bagi kehidupan seseorang, baik itu susah ataupun senang. Semuanya dapat terbantu dengan perangkat digital.

Ada beberapa urusan yang apabila kita menggunakan gadget atau alat perangkat elektronik lainnya, malah menjadi pusing dan malah menambah kepusingan untuk menyelesaikan masalah tersebut. Biasanya ini adalah masalah personal dari pribadi satu ke peribadi yang lainnya.

Tetapi tetap saja, ada baiknya kita harus meninggalkan alat digital untuk sementara waktu agar permasalahan yang kita hadapi dapat selesai  tanpa bantuan alat digital elektronik. Apakah anda ingin melepas tali nemophobia dalam diri anda ? cobalah cara ini.

2 . Puasa Tidak Menggunakan Gagdet

Strategi puasa adalah menahan dari. Puasa tidak menggunakan gadget disini adalah dimaksudkan untuk menahan diri dari penggunaan gadget yang sudah over atau sudah berlebihan. Adapun cara – cara untuk menggunakannya adalah dengan melakukan metode ini kebanyakan orang pasti sudah berhasil dan sukses dalam menjalaninya.

Caranya adalah pada permulaan, cobalah untuk tidak menggunakan gadget pada masa kurun waktu 1 hari. Jika memang pada permulaan ini anda tidak bisa melakukannya, cobalah untuk tidak mengisi pulsa dalam artian pulsa dalam gadget adalah 0 dan akses ke internet juga 0.

Selanjutnya jika berhasil, cobalah untuk menambah kurun waktu dalam tidak menggunakan gadget, jika satu hari sudah biasa maka coba untuk selama 3 hari, lalu 7 hari, selanjutnya 2 minggu. Tentu tidak harus selama satu bulan penuh tidak menggunakan gadget, nanti yang ada malah anda bakalan ketinggalan informasi terkini. Cobalah untuk melakukannya secara berselingan.

3 . Jangan Biasakan Dari Kecil

Jika dari kecil anak – anak anda sudah di biasakan untuk memegang gadget, baik itu hanya untuk sekedar melakukan permainan digital atau hanya untuk mendengarkan music saja. Maka sudah bisa dipastikan bahwa anak tersebut bisa menjadi kecanduan dalam gadget. Tentu sangat merepotkan bila anak anda sudah terkena candu gadget. Yang ada malah timbul sifat pemalas dan kerap membentak orang tua.

Oleh sebab itu, untuk yang dari kecil suah dibiasakan memegang gadget cobalah untuk berhenti dan memberi rentan waktu atau durasi kepada anak anda jika hendak menggunakan gadget tersebut. Selain untuk mengurangi tingkat emosional pada anak. dengan begini, sudah ada pembiasaan dalam melakukan puasa tidak memegang atau menggunakan gadget sejak dini. Atau bagi anda yang sudah terkena nemophobia ini alangkah baiknya melakukan step – bystep agar terbebas dari sifat candu terhadap gadget.

4 . “ Game “Gunakan Seperlunya Saja

Penggunaan gadget seperlunya dan tidak berlebihan memang sangat sulit diterapkan bagi anda yang sudah mempunyai smartphone yang canggih, karena rasa penasaran dan pencobaan produk – produk baru dari playstrore lah yang memicu menjadikan anda asyik dari pagi sampai malam menggunakan gadget.

Contohnya saja dalam dunia game, para pelaku game atau gamers, bisa bermain game selama lebih dari 4 jam non stop. Karena itu memang menyenangkan untuk dimainkan. Tetapi tahukah anda ? bahwa game juga adalah salah satu factor penyebab anda kecanduan bermain gadget. Dan yang paling lumrah terjangkitnya nemophobia pada anak adalah dari factor bermain game yang berlebihan.

Hanya karena pengejaran target yang ada pada game, menjadikan anda seolah – olah sudah ada didalam imajinasi yang dibuat oleh game tersebut. Cobalah untuk mengganti media game menjadi e-book atau komik itu lebih baik dari pada kecanduan bermain game yang sudah pasti tidak akan ada manfaatnya. Jika  ikut kompetisi sudah pasti ada manfaatnya yaitu uang dan hadiah, tetapi kerugiannya adalah akan terus ketagihan untuk bermain dari game tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.