DRACOS v3.0 Kuntilanak Terapkan Rolling Release

Sudah diketahui dalam versi 3 DRACOS Linux yang memiliki code name Kuntilanak ini akan diterapkan sistem Rolling Release. Apakah teman-teman semua sudah mengetahui apa itu rolling release?

Dalam beberapa OS linux yang sudah menerapkan sistem rolling release seperti Arch Linux,Gentoo,Manjaro dan masih ada beberapa yang lain lagi. Sebagaimana yang kita ketahui linux memiliki dua versi berbeda yaitu Fixed Release dan Rolling Release yang keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Dalam penerapan dua sistem ini nyatanya banyak distro linux yang menerapkan sistem Fixed Release yang artinya akan ada versi terbaru dalam beberapa waktu yang sudah ditentukan. Saat menggunakan fixed release biasanya bug yang terjadi tidak begitu banyak karena aplikasi tambahan atau update sudah matang dites, namun dengan sistem fixed release ini akan menyulitkan pada saat update ke versi terbaru karena kita harus melakukan download file yang begitu besar karena yang di download adalah satu paket penuh dalam OS tersebut.

Berbeda halnya dengan sistem rolling release yang bisa saja sewaktu-waktu terjadi peningkatan versi dari OS namun dengan sistem ini tentunya tidak perlu melakukan download dari awal karena yang dilakukan rolling release hanya mendownload yang terbaru saja sehingga kita akan keep up to date namun jangan lupakan pula bahwa jika terjadi bug maka kita akan langsung merakannya.

Perlu diketahui juga bahwa DRACOS adalah salah satu OS yang dibangun dari nol atau biasa disebut LFS(Linux From Scratch) yang tujuan utama dari OS ini adalah penggunaan pentesting yang bisa dikatakan seperti Kali Linux dan pendahulunya Backtrack.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.