cara mengisi waktu luang dengan kegiatan yang lebih bermanfaat

Mengisi waktu luangBanyak orang sukses yang menyesali kenapa mereka dulu banyak membuang waktu dengan hal-hal yang tidak berguna. Waktu adalah uang itulah perumpaan yang tepat karena sangat penting bisa dibilang waktu lebih penting daripada uang karena waktu tidak bisa dikembalikan lagi, waktu akan terus berjalan dan melindas orang-orang yang dalam kehidupannya sering membuang-buang waktu sehingga banyak hal penting dan bermanfaat yang mereka tinggalkan. Banyak anak muda sekarang menghabiskan waktunya  dengan hal-hal yang sebenarnya tidak bermanfaat seperti menonton tv, bermain game, tidur berlebihan, dan hal-hal yang kurang bermanfaat lainnya. Tapi bagi orang yang sadar akan sangat berharga dan bermanfaatnya waktu maka mereka akan menggunakan waktunya dengan sangat baik dan akan sangat menyesal apabila waktunya habis hanya untuk hal-hal yang bermanfaat. Kebanyakan orang sukses selalu merancang dan membuat jadwal kegiatannya keesokan harinya dan melaksanakan kegiatan sesuai nadwal yang telah dibuat jadi kemungkinan untuk kehabisan waktu untuk hal yang tidak bermanfaat akan semakin berkurang. Lalu kegiatan apa yang baik untuk mengisi waktu luang anda berikut adalah contohnya:

1.Dengan membaca buku dan menuntut ilmu

Cara mengisi waktu luang yang bisa anda lakukan salah satunya adalah dengan membaca buku dan menuntut ilmu. Buku adalah sumber ilmu , kita dapat menjelajahi seluruh dunia dan bahkan luarangkasa hanya dengan membaca buku. Buku juga dapat mengubah kehidupan seseorang dari yang dulunya kurang pintar menjadi lebih pintar, dari yang dulunya tidak tahu menjadi tahu, dan masih banyak lainnya, kita dapat memperoleh banyak sekali manfaat dengan membaca buku. Sekarang buku-buku mudah sekali untuk didapatkan banyak toko-toko buku yang menjual buku yang lengkap kita juga dapat mengunjungi perpustakaan-perpustakaan  yang berada disetiap daerah kalaupun belum ada perpustakaan di daerah Anda ,mungkin Anda bisa mencari buku dan mendownloadnya dengan gratis di internet banyak website menyediakan ebook-ebok gratis untuk didownload secara cuma-cuma. Selain membaca buku kita dapat memperoleh ilmu dengan cara mengikuti seminar, melihat video-video pembelajaran, berlatih secara langsung kepada yang ahli, dan lain-lain.

2. Bersih-bersih

Bersih pangkal sehat, memang begitu adanya kebersihan sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita, apabila kita kurang menjaga kebersihan maka otomatis tubuh kita akan lebih mudah terserang penyakit. Bersih-bersih adalah salah satu kegiatan bermanfaat yang bisa anda lakukan pada saat memiliki waktu luang dan bingung akan melakukan kegiatan apa. Orang akan melihat kepribadian kita dari keadaan rumah, kamar, sepeda dan lain-lain apabila barang-barang tersebut kelihatan bersih dan rapi orang akan berpikir bahwa kita orang yang rajin dan sangat menjaga kebersihan. Apa yang seharusnya kita bersihkan terlebih dahulu? Tidak usah bingung untuk menentukan apa yang harus kita bersihkan mulailah dari badan kita apakah sudah bersih jika sudah kita bisa membersihkan kamar kita terlebih dahulu, lalu membersihkan rumah dan lingkungan rumah kita. Apabila lingkungan sekitar kita bersih kitapun senang melihatnya dan akan merasa nyaman sehingga kita akan lebih bersemangat dalam melakukan rutinitas sehari-hari.

3. Olahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang sangat disarankan apabila anda memiliki waktu luang. Olahraga berguna untuk menjaga  tubuh kita agara selalu prima sehingga dapat melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar. Olahraga yang bisa anda lakukan tanpa perlu keluar biaya dan yang bisa anda coba dirumah seperti joging, senam, bersepeda dan masih banyak yang lain. Olahraga juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah, membuat kita lebih segar, menjadikan awet muda dan lain-lain.Bagaiman anda tertarik untuk lebih rajin olahraga ? buatlah jadwal olahraga seperti 3 kali dalam seminggu atau 5 kali seminggu sesuai selera anda.Dan usahakan anda berolahraga secara teratur dan usahakan jaga pola makan sehingga tubuh anda bisa lebih segar dan bugar.

4.Berkarya

Janganlah Anda menghabiskan waktu luang hanya untuk sekedar bermalas-malasan, jadikanlah waktu luang tersebut untuk menjadikan lebih produktif. Jadikanlah waktu luang dan waktu sendirimu untuk membuat sebuah karya seperti menulis, melukis dan lain sebagainya. Pada saat seseorang menyendiri biasanya akan lebih mudah muncul ide-ide kreatif yang unik dan belum pernah ada. Untuk menghasilkan suatu karya yang luarbiasa dibutuhkan keadaan yang tenang dan menyenangkan, banyak ilmuwan-ilmuwan besar menjauh dari keramaian dan dapat menghasilkan karya-karya yang luarbiasa.

5.Mencari pekerjaan sampingan

Apabila pekerjaan utama Anda sudah selesai dan Anda punya banyak waktu luang. Daripada menghabiskannya hanya untuk tidur-tiduran atau nonton tv, tidak ada salahnya Anda coba untuk mencari pekerjaan sampingan, pekerjaan sampingan yang dapat menghasilkan pendapatan yang lumayan tetapi juga tidak mengganggu pekerjaan utama Anda. Banyak usaha atau pekerjaan sampingan yang bisa Anda coba seperti :

  • Jualan online

Berjualan online  hasilnya sangat menguntungkan dan tidak membutuhkan modal yang terlalu banyak, Anda hanya perlu laptop, internet, dan produk yang Anda jual.

  • Dropship

Dropship adalah pekerjaan dimana Anda jualan online tetapi yang Anda jual bukan produk Anda sendiri tapi produk orang lain. Keuntungan yang diperoleh adalah dari selisih harga jual.

  • Blogging

Bagi anda yang hobi menulis pekerjaan yang satu ini bisa Anda coba.Caranya mudah Anda hanya perlu menulis artikel yang menarik dan anda tulis secara konsisten lalu Anda mencari trafik pengunjung anda, dan apabila pengunjung blog sudah banyak bisa Anda pasang iklan. Atau anda bisa mendaftarkan blog Anda ke Adsense dan memasang iklan yang disediakan apabila ada yang me-klik iklan tersebut Anda akan dibayar sesuai yang telah ditentukan oleh pihak Adsense.

  •  Dan masih banyak yang lainnya

 

Itulah kegiatan-kegiatan bermanfaat yang bisa Anda lakukan pada waktu luang. Sekian artikel dari saya, Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.