Pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli

Pengertian ilmu ekonomi

Setiap manusia akan selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhannya agar dapat bertahan hidup serta mencapai kemakmuran. Seperti misalnya seorang murid bercita-cita ingin naik kelas dengan nilai yang memuaskan sehingga dapat membanggakan orangtuanya, tentu saja agar cita-cita tersebut dapat terwujud maka diperlukan usaha dan mencari cara yang tepat agar dapat mewujudkan cita-cita tersebut. Sehingga dapat kita simpulkan bahwa untuk mencapai dan mewujudkan suatu hal, dibutuhkan ilmu dan pengalaman yang berkaitan dengan tujuan yang ingin kita capai. Lalu ilmu apakah yang dapat mengatasi masalah manusia berkaitan dalam pemenuhan kebutuhan ?.

Ilmu yang mengkaji tentang tingkah laku manusia dalam pilihan untuk memenuhi kebutuhannya disebut dengan ilmu ekonomi. Ekonomi merupakan ilmu sosial yang mempelajari tingkah laku manusia berkaitan dengan kegiatan produksi, distribusi serta konsumsi terhadap barang maupun jasa. Amati dan perhatikanlah dalam kehidupan kita sehari-hari, ketika kamu diberi sejumlah uang saku, tentu saja uang tersebut kamu gunakan untuk memenuhi kebutuhan, seperti, membeli peralatan sekolah, untuk jajan, ataupun untuk ongkos angkutan pergi dan pulang sekolah. Amatilah pula kegiatan-kegiatan dibidang apapun yang berkaitan dengan permasalahan bagaimana pemenuhan kebutuhan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada.

Imu ekonomi memiliki peran penting dalam permasalahan kehidupan rumah tangga, seperti cara mengalokasikan uang dengan benar, pemenuhan kebutuhan, manajemen keuangan dan lain sebagainya. Ilmu ekonomi dapat dikatakan sebagai ilmu yang mempelajarai tentang rumah tangga. Dari segi istilah ekonomi berasal dari bahasa Yunani, yaitu ” oikos ” yang memiliki arti keluarga atau rumah tangga dan “nomos” yang berarti peraturan, hukum atau aturan. Maka dapat disimpulkan, ekonomi diartikan sebagai aturan rumah tangga atau manajemen rumah tangga.

Ilmu ekonomi modern berkembang berawal dari pemikiran seorang tokoh yang disebut dengan Bapak Ilmu Ekonomi, yaitu Adam Smith pada tahun 1776 Masehi. Dalam bukunya berjudul ” The Wealth of Nation” membahas tentang apa saja hal yang menentukan tingkat kesejahteraan suatu bangsa dan bagaimana cara meningkatkan dan mendistribusikan taraf hidup masyarakat. Pada saat itu, Adam Smith mengemukakan konsep-konsep tentang ekonomi baik ekonomi pasar maupun bebas hal ini menandakan lahirnya ilmu ekonomi.

Menurut pendapat Adam Smith, secara sistematis ilmu ekonomi mempelajarai tentang tingkah laku manusia dalam usaha untuk mengalokasikan sumber-sumber data yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu. Pendapat ini dikenal dengan sebutan teori ekonomi klasik. Dalam menganalisis , Adam Smith banyak menggunakan istilah-istilah normatif, seperti nilai (value), Kekayaan(welfare) dan utilitas( utility) berdasarkan asumsi berlakunya hukum alami.
Ilmu ekonomi merupakan bagian hidup yang takterpisahkan.

Pengertian ilmu ekonomi dari para ahli satu dan yang lain berbeda-beda dan berkembang dari waktu ke waktu. Berikut beberapa pengertian ilmu ekonomi menurut para ahli.

  1. Adam Smith
    Ilmu ekonomi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam usahanya untuk mengalokasikan sumber-sumber data yang terbatas guna mencapai tujuan tertentu.
  2. Wikipedia bahasa indonesia
    Dalam wikipedia bahasa indonesia, dijelaskan bahwa ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa.
  3. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi
    Dalam permendiknas nomor 22 tahun 2006 tentang Standar Isi, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi, dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan / atau distribusi.
  4. Collins
    Menurut Collins dalam kamus ekonomi, dijelaskan bahwa Ekonomi merupakan ilmu tentang pemakaian faktor-faktor produksi yang tersedia seefektif mungkin, dalam memenuhi permintaan masyarakat yang tidak terbatas atas barang dan jasa. Tujuan akhir kegiatan ekonomi adalah untuk memuaskan kebutuhan manusia terhadap barang dan jasa.
  5. P. A. Samuelson
    Menurut Prof. P.A. Samuelson dalam bukunya yang berjudul Foundation of Economic Analysis, ilmu ekonomi adalah suatu studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan, dengan atau tanpa penggunaan uang, dengan menggunakan sumber daya yang terbatas tetapi dapat digunakan dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa serta mendistribusikan nya untuk keperluan konsumsi sekarang dan di masa mendatang , kepada berbagai orang dan golongan masyarakat. Ilmu ekonomi menganalisis biaya dan keuntungan serta memperbaiki corak penggunaan sumber daya sumber daya.
    Berdasarkan definisi ilmu ekonomi yang dikemukakan oleh Prof. P.A. Samuelson, terdapat prinsip dasar yang melahirkan ekonomi, yaitu kelangkaan ( scarcity) dan pilihan ( choice ).
  6. Ekonomi Pancasila
    Ekonomi pancasila merupakan ilmu ekonomi kelembagaan( institutional economics) yang menjunjung tinggi nilai-nilai kelembagaan pancasila sebagai ideologi negara, yang kelima silanya, secara utuh maupun sendiri-sendiri, menjadikan rujukan setiap orang Indonesia.
    Kita telah mengetahui bahwa manusia mempunyai kebutuhan beraneka ragam, sedangkan barang-barang dan jasa-jasa yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan tersebut terbatas jumlahnya, maka dari itu muncullah ilmu ekonomi. Pada dasarnya, ilmu ekonomi mempelajari perihal pilihan dan keputusan yang dilakukan setiap orang dalam memobilisasi dan mengalokasikan sumber ekonomi yang jumlahnya terbatas terhadap alat pemuas kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

Dari gambaran di atas dapat disembuhkan bahwa yang dimaksud dengan ilmu ekonomi adalah ilmu tentang perilaku dan tindakan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya yang bervariasi dan berkembang dengan sumber daya yang ada melalui pilihan-pilihan kegiatan produksi, konsumsi, dan/atau distribusi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Mengapa belajar ilmu ekonomi? pertanyaan ini layak untuk di diajukan dalam kehidupan. Kalau kita mempelajari lebih lanjut tentang ilmu ekonomi akan dapat memberikan manfaat yang dapat kita peroleh dalam kehidupan, di antaranya sebagai berikut:

  1. Dengan mempelajari ilmu ekonomi , membuat manusia lebih mahir dan menguasai cara memanfaatkan ekonomi yang baik dan benar sehingga bisa memenuhi kebutuhan hidupnya;
  2. membantu memahami masyarakat;
  3. membantu memahami masalah-masalah
  4. internasional (global);
    bermanfaat dalam
  5. membangun masyarakat demokrasi;
  6. bisa mengetahui wujud perilaku ekonomi dalam hidup dalam kehidupan nyata;
  7. timbul pemahaman dan kesadaran akan keterbatasan potensi yang dimiliki oleh manusia dan lingkungan.

Adapun tujuan kita mempelajari ilmu ekonomi adalah agar kita dapat melakukan hal-hal berikut:

  1. memahami sejumlah konsep ekonomi untuk mengaitkan peristiwa dan masalah ekonomi dengan kehidupan sehari-hari, terutama yang terjadi di lingkungan individu, rumah tangga, masyarakat, dan negara
  2. menampilkan sikap ingin tahu terhadap sejumlah konsep ekonomi yang diperlukan untuk mendalami ilmu ekonomi;
  3. membentuk sikap bijak, rasional dan bertanggung jawab dalam memiliki pengetahuan dan keterampilan ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi yang bermanfaat bagi diri sendiri, rumah tangga, masyarakat, dan negara;
  4. membuat keputusan yang bertanggung jawab mengenai nilai-nilai sosial ekonomi dalam masyarakat yang majemuk, baik dalam skala nasional maupun internasional.

Dengan demikian, sudah jelas bagi kita tentang pengertian ilmu ekonomi dan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan setelah mempelajari ilmu ekonomi. Adapun hal yang paling utama yang bisa kita peroleh dari semua terjun itu adalah agar masalah ekonomi yang terjadi di sekitar kita dapat segera teratasi. Peran ilmu ekonomi yang suntuk dalam kehidupan sehari-hari menempatkan ilmu ekonomi menjadi penting untuk dipelajari dan diterapkan dalam kehidupan dewantara sehari-hari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.