Jenis-jenis kebutuhan manusia

Manusia bekerja untuk mencari nafkah agar dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Agar dapat hidup layak, manusia harus memperoleh pendapatan yang layak pula sehingga dapat memenuhi kebutuhan hidup yang selalu berkembang dan banyak macamnya. Coba kamu pikirkan, apa saja kebutuhan hidup manusia? Berdasarkan pengertian yang telah kamu dapatkan, kebutuhan manusia dapat dibagi menurut intensitas, sifat, waktu penggunaan, dan subjek atau konsumennya.

Jenis-jenis kebutuhan

Kebutuhan manusia selalu meningkat seiring dengan perkembangan zaman. Kebutuhan yang semula belum ada, sekarang menjadi ada. Kebutuhan manusia ini tidak terbatas dan beragam jumlahnya sehingga tidak mungkin manusia dapat memenuhi semua kebutuhannya. Sebagai contoh, apabila kebutuhan sekolahmu seperti kebutuhan seragam, sepatu, tas, uang sekolah, les privat, telah terpenuhi; kebutuhan yang lain akan muncul, seperti bermain musik, rekreasi, nonton film, beli pulsa, handphone baru, dan laptop. Berkaitan dengan hal tersebut, manusia melakukan upaya untuk memenuhi kebutuhan yang pada dasarnya tidak pernah berakhir. Oleh karena itu, manusia perlu bertindak rasional, artinya berbuat sesuatu untuk mencegah pemborosan dan mencegah ketidakefisienan.

Kebutuhan untuk memenuhi keperluan manusia agar mampu bertahan hidup disebut kebutuhan ekonomi. Namun, sayangnya sebagian besar orang mengenali kebutuhan sebagai bentuk dari keinginan. Padahal antara kebutuhan dan keinginan memiliki makna yang berbeda. Cobalah tanyakan pada dirimu sendiri, kamu ingin pergi rekreasi ke Bali dan keinginan pergi ke Bali kamu anggap sebagai suatu kebutuhan. Di satu sisi, dana yang kamu gunakan untuk rekreasi ke Bali bisa kamu gunakan untuk membayar les privat bahasa lnggrismu atau membeli alat-alat sekolah. jika kamu pergi ke Bali, keinginanmu terpenuhi, namun kebutuhan utamamu menjadi tidak terpenuhi. Nah, kamu tidak akan kebingunan membedakan antara kebutuhan dan keinginan selama kamu mengerti tentang definisi kebutuhan.

Kebutuhan diartikan sebagai hasrat yang muncul dari dalam diri manusia dan harus dipenuhi karena jika tidak terpenuhi dapat mengganggu kelangsungan hidupnya. Lain hal dengan keinginan, keinginan adalah hasrat yang muncul dalam diri manusia yang jika tidak terpenuhi tidak akan mengganggu kelangsungan hidupnya. Maka, bisa dibedakan bahwa kebutuhan harus dipenuhi oleh manusia.

Kebutuhan Menurut lntensitasnya

Dilihat dari intensitasnya atau tingkat kepentingannya, kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut.

1). Kebutuhan Primer
Menurut asal katanya, primer berarti utama. Karena sifatnya yang utama, maka kebutuhan primer mutlak untuk dipenuhi saat itu juga guna memelihara kelangsungan hidup. Dengan demikian, kebutuhan primer adalah kebutuhan utama atau pertama yang harus dipenuhi. Kebutuhan primer disebut Juga kebutuhan alami karena kebutuhan itu merupakan kebutuhan tuntutan secara kodrati yang harus dipenuhi. Contoh kebutuhan primer, yaitu kebutuhan akan sandang, pangan, papan, dan lain-lain.

2).Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder menempati urutan setelah kebutuhan primer karena sifat kemunculannya setelah kebutuhan primer terpenuhi. Dengan demikian, kebutuhan sekunder adalah kebutuhan yang akan dipenuhi setelah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan pelengkap. Contohnya, kebutuhan akan sepeda motor, radio, sepatu, dan tas.

3).Kebutuhan Tersier
Jenis kebutuhan ketiga dalam tata urutan kebutuhan men urutintensitasnya adalah kebutuhan tersier. Artinya, kebutuhan tersier akan dipenuhi oleh seseorang setelah kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Biasanya kebutuhan tersier ini menunjukkan prestise seseorang karena berkaitan dengan barang-barang mewah. Sebagai contoh, kebutuhan akan laptop mahal, mobil mewah, rumah mewah, dan apartemen mewah. Dengan demikian, kebutuhan tersier adalah kebutuhan kemewahan atau kebutuhan yang akan dipenuhi setelah kebutuhan sekunder terpenuhi. Kebutuhan tersier hanya dapat dipenuhi oleh orang-orang tertentu yang memiliki tingkat/kemampuan ekonomi tinggi.

Kebutuhan Menurut Sifatnya

Menurut sifatnya, kebutuhan dibedakan menjadi dua macam, yaitu kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani.

1).Kebutuhan jasmani
Jasmani artinya badan atau fisik. Sesuai namanya, kebutuhan iasmani merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan Jasmani atau fisik. Artinya, kebutuhan jasmani berkaitan dengan pemenuhan barang-barang nyata (berzat) yang pemenuhannya bertujuan untuk memelihara Jasmani seseorang agar tetap hidup dan sehat sesuai etika dan norma. Contohnya, pakaian, makanan, olahraga, dan istirahat yang teratur.

2) Kebutuhan Rohani
Satu sisi dari kehidupan manusia selain Jasmani adalah rohani. Maka, kehidupan rohani manusia pun memerlukan kebutuhan. Adapun kebutuhan rohani adalah kebutuhan yang sifatnya psikis/kejiwaan yang dapat dipenuhi dengan pemuas kebutuhan yang bersifat abstrak (tidak dapat dilihat oleh mata). Contohnya, agama, pendidikan, rekreasi, hiburan, dan lain-lain.

Kebutuhan Berdasarkan Waktu Pemenuhannya.

Berdasarkan waktu pemenuhannya, kebutuhan manusia dapat dibedakan menjadi kebutuhan sekarang dan kebutuhan masa datang.

1). Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan sekarang adalah kebutuhan yang harus dipenuhi pada saat sekarang dan tidak boleh ditunda. Penundaan terhadap pemuasan kebutuhan ini akan memengaruhi kelangsungan hidup manusia. Sebagai contoh, kebutuhan makanan bagi orang yang kelaparan, kebutuhan minuman bagi orang yang kehausan, kebutuhan pemberian obat bagi orang yang sedang sakit, dan kebutuhan pertolongan pertama bagi orang yang pingsan.

2) Kebutuhan Masa Datang/Depan
Kebutuhan masa yang akan datang adalah kebutuhan yang dapat ditunda pemenuhannya karena digunakan untuk masa yang akan datang.Contohnya, menabung untuk membiayai sekolah anak dan asuransi hari tua.

Kebutuhan Berdasarkan Subjek Atau Pihak yang Membutuhkan

Berdasarkan pihak yang membutuhkannya, manusia memiliki dua jenis kebutuhan, yaitu kebutuhan perorangan atau individu dan kebutuhan publik.

1).Kebutuhan Individu
Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang pemenuhannya langsung berhubungan dengan pribadi setiap individu. Contohnya, mahasiswa membutuhkan buku-buku dan dokter membutuhkan tensimeter.

2).Kebutuhan Masyarakat/Publik/Kelompok
Kebutuhan masyarakat adalah kebutuhan yang bersifat dan berhubungan erat dengan kesejahteraan, ketertiban, dan keamanan masyarakat. Contohnya, kebutuhan akan jembatan, pasar, tempat ibadah, rumah sakit, transportasi.

Kebutuhan Berdasarkan Wujudnya

1).Kebutuhan Material
Kebutuhan material adalah kebutuhan berupa alat-alat yang dapat diraba, dapat dilihat, dan mempunyai bentuk. Contoh, minuman, makanan, dan rumah.

2) Kebutuhan Spiritual
Kebutuhan spiritual adalah kebutuhan yang dapat dipenuhi dengan benda-benda tak berwujud. Contohnya, hiburan, agama, dan keindahan.

Berbagai pengelompokan kebutuhan tersebut, sebaiknya dipahami oleh setiap orang. Tujuannya, agar mampu membedakan kebutuhan yang harus segera dipenuhi dan bisa ditunda. Selain itu, pemahaman terhadap pengelompokan kebutuhan membantu dalam menyusun skala prioritas kebutuhan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.