Pengertian sistem ekonomi

Sistem Ekonomi

Setiap permasalah ekonomi, memerlukan sistem ekonomi yang membantu mempermudah penyelesaiannya. Sistem ekonomi berasal dari kata sistem dan ekonomi. Sistem merupakan seperangkat unsur yang saling berkaitan secara teratur sehingga membentuk suatu totalitas. Maka, sistem ekonomi mencakup totalitas tata kehidupan ekonomi yang terdiri atas beberapa sektor usaha yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Berikut beberapa pendapat mengenai pengertian sistem ekonomi.

1. Dumairy

Menurut Dumairy, sistem ekonomi adalah suatu sistem yang mengatur serta menjalin hubungan ekonomi antarmanusia dengan seperangkat kelembagaan dalam suatu tatanan kehidupan, selanjutnya dikatakannya pula bahwa suatu sistem ekonomi tidaklah harus berdiri sendiri, tetapi berkaitan dengan falsafah, padangan, dan pola hidup masyarakat tempatnya berpijak. Sistem ekonomi sesungguhnya merupakan salah satu unsur saja dalam suatu supra sistem kehidupan masyarakat. Sistem ekonomi merupakan bagian dari kesatuan ideologi kehidupan masyarakat di suatu negara.

2. Henricus W. lsmanthono

Dalam Kamus Istilah Ekonomi dan Bisnis disebutkan bahwa pengertian sistem ekonomi [economic system) merupakan suatu mekanisme untuk mengatasi masalah kelangkaan dan pilihan. Oleh karena sumber daya ekonomi terbatas. maka beberapa cara dibutuhkan untuk mengalokasikan sumber daya di antara alternatif akhir.
Dengan demikian, sistem ekonomi adalah cara untuk mengatur atau mengorganisasi seluruh aktivitas ekonomi, baik ekonomi rumah tangga negara atau pemerintah, maupun rumah tangga masyarakat atau swasta. Aktivitas ekonomi yang dimaksudkan di sini adalah kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat yang meliputi kegiatan produksi. distribusi, dan konsumsi. Setiap pengusaha atau usahawan sebaiknya mengetahui sistem ekonomi untuk membantu dan mempermudah dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi sehari-hari, karena sistem ekonomi tersebut tidak dapat lepas dari kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah khususnya di bidang ekonomi.

Pada dasarnya, sistem ekonomi merupakan seperangkat atau alat yang digunakan untuk menjawab secara tuntas masalah what, how, dan for whom barang diproduksi. Efektif atau tidaknya jawaban-jawaban yang diberikan sangat tergantung pada sistem ekonomi yang dipilih. Selain itu, sistem ekonomi bertujuan untuk mengatur pertukaran barang dan jasa guna meningkatkan kesejahteraan rakyat.

istilah sistem ekonomi sering juga disebut dengan sistem perekonomian. Sistem perekonomian adalah suatu sistem sosial kemasyarakatan dalam rangka mencapai kemakmuran. Dalam rangka mencapai kemakmuran hidupnya. maka manusia harus melakukan kegiatan ekonomi. Oleh karena pelaksanaan sistem perekonomian dipengaruhi oleh sistem kemasyarakatan, maka sistem perekonomian yang dianut oleh setiap negara tidaklah sama.

Perbedaan tersebut dikarenakan faktor-faktor sebagai berikut.

1. Falsafah dan dasar ideologi yang dianut.

2. Situasi dan kondisi masyarakat. pemerintah. dan negara yang bersangkutan.

3. Sistem dan struktur sosial kemasyarakatan.
4. Mata pencaharian masyarakat pada umumnya di negara yang bersangkutan.

Sistem perekonomian sekarang ini jauh lebih kompleks seiring berkembangnya kegiatan perekonomian suatu negara sehingga dapat menjawab tiga pertanyaan pokok what (apa dan berapa banyak barang diproduksi), how (bagaimana cara memproduksi), dan for whom [untuk siapa barang diproduksi).

Pada dasarnya. sistem ekonomi bisa dibagi menjadi empat sistem yang mendasar. yaitu sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi liberal. sistem ekonomi terpusat, dan sistem ekonomi campuran. Satu per satu sistem ekonomi tersebut dijelaskan sebagai berikut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.