Macam-Macam Pemanasan Dalam Olaraga

Setiap olaraga pasti ada yang namanya pemanasan, pemanasan dalam olahraga akan membuat otot sebelum melakuakan olaraga menjadi fleksibel. Pemanasan mempunyai banyak manfaat meningkatkan suhu tubuh, meningkatkan aliran darah serta denyut jantung serta mengurangi kram dan kesleo pada saat olahraga. Contoh pemanasan yang dapat dilakukan sebelum berolahrga yaitu:

Pemanasan statis

Pemanasan statis dilakukan dari ujung kepala hingga ujung kaki dan menahanya hingga beberapa menit. Pemanasan ini biasanya menggunakan gerakan yang ringan. Setelah  melakukan pemanasan ini biasanya seluruh badan akan meregang dan mempengarui otot menjadi fleksibel.

Pemanasan dinamis

Pemenasan dinamis lebih melibatkan tanggan dan kaki. Contoh gerakan pada tangan memutar – mutarkan kedepan / ke belakan, contoh gerakan pada kaki bisa berlari kecil di rempat / lompat – lompat dan perlahan sambil meningkatkan kecepatan. Dapat dilakukaan bersaamaan ataupun satu persatu.

Pemanasan balistik

Pemanasan ini biasanya menggerakan bagian tubuh melebihi batas normal. Pemanasan ini memicu otot meregang dan refleks. Kalau belum tahu cara melakukan pemanasan ini akan membuat cidera bagian tubuh kita. Hanya orang/atlet tertentu yang dapaat melakukan pemanasan balistik dengan kompeten dan baik.

Pemanasan aktif terisolasi

Pemanasanasan ini digunakan untuk orang yang profesional dalam bidang tertentu. Contohnya , para atlet, terapi pijat, pelatih dan profesional lainya, untuk melakukan pemanasan satu ini lebih baik di dampingipara ahli. Anda harus berada dalam posisi tertentu untuk melakukan pemanasan ini dan melakukan gerakan dan menahanya dalam waktu tertentu tanpa bantuan siapapun untuk menahanya kecuali dengan otot anda sendiri.

Pemanasan isometrik

Pemanasan ini lebih ke peregangan otot  kita harus menahan peregangan itu sampai beberapa watu. Anda membutuhkan pasangan pemanasan untuk melakukanya, Contoh pemanasan isometrik yang bisa anda lakaukan, angkat kaki anda dan minta pasangan anda untuk menekan ke arah berlawanan dan tahan hingga beberapa waktu. Pemanasan ini paling aman di lakukan dan sangat efektif.

Pemanasan propriosepsi neuromuscular

Pemanasan ini gabungan dari pemanasan isometrik, statik dan pasif untuk mencapai kelenturan otot tinggkat tinggi . biasanya dilakukan dengan pemanassan pasif pada otot  dan regangkan secara pasif sampai jarak peregangan meningkat. Pemanasan ini membantu meningkatkan kelenturan atau fleksibilitas dan juga meningkatkan kekuatan pada tubuh.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.