Diagram Arus Kegiatan Ekonomi (Circular Flow Diagram)

Diagram Arus Kegiatan Ekonomi (Circular Flow Diagram)

Kamu telah memahami peran dan perilaku pelaku kegiatan ekonomi yang secara garis besar terdiri atas produsen dan konsumen. Kegiatan para pelaku ekonomi tersebut akan dengan mudah kamu pahami apabila mengetahui diagram arus kegiatan ekonomi. Dalam diagram tersebut menunjukkan interaksi antarpelaku ekonomi, baik dalam kegiatan produksi, distribusi, maupun konsumsi. Hubungan antara pelaku-pelaku kegiatan ekonomi tersebut dapat digambarkan mulai dari hubungan dua arah hingga hubungan secara lengkap atau arus empat arah. Perhatikanlah penjelasan berikut.

1. Arus Kegiatan Ekonomi antara RTK dan RTP (Arus Dua Arab)
Dalam kegiatan ekonomi masyarakat, produsen dianggap sebagai rumah tangga produksi dan konsumen dianggap sebagai rumah tangga konsumsi. Rumah tangga produksi dalam menghasilkan barang selalu mempergunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh rumah tangga konsumsi dan rumah tangga konsumsi akan memperoleh kompensasi atau imbalan atas penggunaan faktor produksi tersebut.
Berdasarkan uraian di atas, maka aktivitas ekonomi sebagaimana dikemukakan oleh Francois Quesney (1694-1774) dalam bukunya yang berjudul ”Tableua Economique”, yang disebut sebagai “The Circular Flow of Economic Activity” atau arus lingkaran kegiatan ekonomi meliputi arus barang dan arus uang. Hubungan antara rumah tangga produksi dan rumah tangga konsumsi dalam kegiatan ekonomi dapat digambarkan sebagai berikut.

Keterangan:
1. Aliran arus barang
a. RTK menawarkan faktor produksi kepada RTP
b. RTP menghasilkan barang/jasa untuk dijual kepada RTK
2. Aliran arus uang
a. Uang hasil penjualan barang/jasa diterima RTP dari RTK
b. Uang untuk membeli atau membayar faktor produksi (sewa,upah, bunga, dan laba)
3. Pasar hasil produksi/pasar output
4. Pasar faktor produksi/pasar Input
5.Hubungan antara RTP dan RTK

Pada gambar di atas terlihat arus lingkar kegiatan ekonomi sederhana. Kegiatannya yang hanya melibatkan dua kelompok yang berinteraksi dalam perekonomian, yaitu rumah tangga konsumsi (konsumen) dan rumah tangga produksl (produsen/ perusahaan). Pada diagram di atas tampak bahwa, RTK sebagai pemilik faktor produksi menyerahkannya atau menjual ke RTP melalui pasar faktor produksi. Faktor produksi tersebut digunakan oleh RTP untuk melaksanakan proses produksi. Sebagai kompensasi, RTK akan memperoleh imbalan balas jasa dari RTP berupa gaji/wage, uang sewa/ rent, bunga/interest, dan keuntungan/profit. Adapun balas jasa yang diterima oleh RTK dari RTP digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari dengan cara membelanjakan barang dan jasa yang dihasilkan oleh RTP.

2. Arus Kegiatan Ekonoml antara RTK, RTP, Pemerintah, dan Masyarakat Luar Negeri
Hubungan antara pelaku ekonomi dinyatakan dalam arus barang dan arus uang yang bertemu di pasar. Hubungan-hubungan tersebut dijelaskan sebagai berikut.
a. Sektor Rumah Tangga Konsumsi
Sektor rumah tangga konsumsi terdiri atas individu-individu yang bersifat homogen. Dalam circular flow diagram, hubungan antara RTK dan sektor yang lain digambarkan sebagai berikut.
1) Hubungan antara RTK dan RTP
a) Séktor RTK melakukan pembelian barang dan jasa yang dihasilkan oleh perusahaan untuk konsumsi.
b) Sektor RTK mendapatkan pendapatan berupa gaji, upah, sewa, deviden ,bunga, dan lain-lain dari perusahaan.
2) Hubungan antara RTK dan Pemerintah
a) Sektor RTK menyetorkan sejumah uang sebagai pajak.
b) Sektor RTK menerima penerimaan berupa gaji, bunga, penghasilan non balas jasa, dan lain lain.
3) Hubungan antara Dunia Internasional dan Sektor RTK
Dunia internasional mengimpor barang dan jasa dari luar negeri untuk memenuhi kebutuhan hidup bagi sektor RTK.
b.Sektor Rumah Tangga Produksi (RTP)
Sektor rumah tangga produksi (RTP) merupakan gabungan unit kegiatan yang menghasilkan produk barang dan jasa. Dalam circular flow diagram, hubungan antara RTP dan sektor yang lain digambarkan sebagai berikut.

1) Hubungan antara Sektor RTP dan Rumah Tangga
a) Sektor RTP menghasilkan produk-produk berupa barang dan jasa yang dikonsumsi oleh masyarakat.
b) Sektor RTP memberikan penghasilan dan keuntungan kepada rumah tangga berupa gaji, deviden, sewa, upah; bunga, dan sebagainya.
2) Hubungan antara Sektor RTP dan Pemerintah
a) Sektor RTP membayar pajak kepada pemerintah.
b) Sektor RTP menjual produk dan jasa kepada pemerintah.
3) Hubungan antara Sektor RTP dan Dunia Internasional (Masyarakat Luar Negeri) .
a) Sektor RTP melakukan impor atas produk barang maupun jasa dari luar negeri.
b) Sektor RTP melakukan ekspor atas produk barang maupun jasa ke luar negeri.

c. Sektor Pemerintah
Sektor Pemerintah bertindak sebagai pembuat dan pengatur kebijakan masyarakat dan bisnis. Dalam circular flow diagram, hubungan antara Sektor Pemerintah dan sektor yang lain digambarkan sebagai berikut.
1) Hubungan Sektor Pemerintah dengan Rumah Tangga
a) Pemerintah menerima setoran pajak rumah tangga untuk kebutuhan operasional, pembangunan, dan lain-lain.
b) Pemerintah memberikan bantuan kepada masyarakat berupa bantuan langsung tunai, subsidi, bea siswa, jaminan kesehatan, pendidikan, dan sebagainya
2) Hubungan Sektor Pemerintah dengan Perusahaan
a) Pemerintah mendapatkan penerimaan pajak dari pengusaha.
b) Pemerintah membeli produk dari perusahaan berdasarkan dana ang’ garan belanja yang ada.

d.Sektor Dunia internasional (Masyarakat Luar Negeri)
Sektor Dunia lnternasional (Masyarakat Luar Negeri) melakukan kegiatan ekspor dan impor dalam rangka menyediakan barang dan jasa untuk kepentingan rumah tangga.
Berdasarkan keterangan di atas, maka arus kegiatan ekonomi masyarakat digambarkan dalam berikut bentuk bagan berbentuk melingkar yang disebut circular flow diagram berikut.

3. Manfaat lnteraksi Pelaku Kegiatan Ekonomi’
Dari interaksi pelaku kegiatan ekonomi, manfaat yang dapat diperoleh, antara lain, sebagai berikut.
a. Pelaku kegiatan ekdnomi bisa memecahkan permasalahan ekonomi seperti kelangkaan barang, inflasi, pengangguran, pertumbuhan ekonomi, dan sebagainya.
b. Pelaku kegiatan ekonomi bisa meningkatkan kegiatan perekonomian suatu negara, baik arus uang maupun arus barang.
c. Pelaku kegiatan ekonomi bisa mencukupi kebutuhan produsen akan faktor produksi dan kebutuhan konsumen akan barang atau jasa.
d. Pelaku kegiatan ekonomi bisa meningkatkan pendapatan suatu masyarakat/ negara.
e. Pelaku kegiatan ekonomi bisa meningkatkan tabungan dan investasi.
Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan ekonomi masyarakat dalam rangka meningkatkan kesejahteraan, meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meratakan pembangunan. mengurangi pengangguran, dan sebagainya, melibatkan beberapa pihak, yakni rumah tangga konsumsi, rumah tangga produksi, rumah tangga pemerintah, dan masyarakat luar negeri. Pelaku kegiatan ekonomi tersebut memiliki peran masing-masing dan saling berhubungan satu sama lain serta bermanfaat dalam meningkatkan kegiatan ekonomi, sehingga dapat meningkatkan nilai guna suatu baPang yang dibutuhkan oleh masyarakat. Interaksi para pelaku ekonomi dapat digambarkan dalam bentuk interaksi rumah tangga produksi dan rumah tangga konsumsi [dua pelaku ekonomi), maupun seluruh pelaku ekonomi (empat pelaku ekonomi).

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.