Pengertian pasar monopoli beserta penjelasannya

Pasar Monopoli

Monopoli merupakan suatu bentuk interaksi antara permintaan dan penawaran yang ditandai oleh hanya ada satu penjual/produsen di pasar berhadapan dengan permintaan seluruh pembeli/konsumen. Adapun pengertian pasar monopoli adalah pasar yang di dalamnya hanya terdapat satu pelaku atau satu kelompok pelaku usaha produk sejenis sehingga pelaku usaha tersebut akan dapat menentukan harga jual produknya sendiri dengan mudah karena tidak ada pesaing. Contoh pasar monopoli, antara lain, perusahaan negara dan perusahaan minyak bumi serta gas alam. Monopoli sumber daya alam, adalah jika sumber daya alam tertentu dikuasai oleh produsen tertentu, misalnya PT Freeport menguasai tambang tembaga di Papua. Monopoli ciptaan pernerintah, yaitu monopoli yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan tertentu, misalnya PT KAI. 

Selain jenis monopoli sumber daya alam dan monopoli ciptaan pemerintah, adapula monopoli alamiah.
Monopoli alamiah, bisa terjadi jika sebuah perusahaan mampu melayani seluruh kebutuhan masyarakat karena adanya daya dukung alam, Misalnya: kurma dimonopoli oleh negara-negara yang berada di padang pasir, seperti Arab, Mesir, Iran, Pakistan,Algeria, Sudan, dan Sebagainya.
Dalam monopoli alamiah perusahaan bisa terus-menerus menikmati skala ekonomi hingga pada tingkat produksi yang sangat banyak jumlahnya, yang berarti Average Cost (AC) terns menerus menurun hingga ke tingkat produksi yang sangat tinggi.
Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”. Sebagai penentu harga (pricemaker), seorang monopolis dapat menaikkan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau lebih buruk lagi mencarinya di pasar gelap (black market).

Berdasarkan berbagai penjelasan tentang pengertian monopoli, bisa kamu ketahui sebabsebab terjadinya pasar monopoli.

Sebab-sebab terjadinya pasar monopoli. antara lain, sebagai berikut:
(1) penguasaan bahan mentah,
(2) penguasaan teknik produksi tertentu,
(3) pemberian hak istimewa dari pemerintah (misalnya hak paten), adanya lisensi (pemberian izin kepada perusahaan tertentu yang ditunjuk),
(5) adanya monopoli yang diperoleh secara alamiah,
(6) memiliki modal yang besar (karena penggabungan pemsahaan), (7) memiliki prestasi dan keahlian yang tidak dimiliki orang lain,
(8) adanya keterbatasan pasar.
Ciri-ciri pasar monopoli, di antaranya, sebagai berikut.
(1) Di dalam pasar hanya terdapat satu penjual.
(2) Jenis barang yang diproduksi tidak ada barang penggantinya (nosubstituties) yang mirip.
(3) Adanya hambatan atau rintangan (barriers) bagi perusahaan baru yang akan masuk ke dalam pasar monopoli.
(4) Penjual ini tidak memengaruhi harga serta output dari produk lain yang dijual dalam perekonomian.
Dalam pasar monopoli perusahaan dapat melakukan diskriminasi harga, dengan syarat-syarat berikut.

(1) Barang tidak dapat dipindahkan dari satu pasar ke pasar lain.
(2) Sifat barang atau jasa itu memungkinkan dilakukan diskriminasi harga atau barang yang diproduksikan dapat dijual di dua pasar yang berbeda.
(3) Sifat permintaan dan elastisitas permintaan di masing-masing pasar haruslah sangat berbeda.
(4) Kebijakan diskriminasi harga tidak memerlukan biaya yang melebihi tambahan keuntungan yang diperoleh.
(5) Produsen dapat mengeksploitir beberapa sikap tidak rasional konsumen.
(6) Biaya yang dikeluarkan tidak melebihi keuntungan tambahan yang diperoleh
(7) Ciri pembeli di suatu pasar berbeda dengan di pasar lainnya.

Dalam jangka pendek, monopolis bisa memperoleh laba/keuntungan atau dapat menderita kerugian. Namun, dalam jangka panjang monopolis akan memperoleh laba super normal (super normal profit). Kebaikan pasar monopoli, antara lain, sebagai berikut.
(1) Industri-industri yang berkembang banyak yang bersifat monopoli.
(2) Mendorong untuk adanya inovasi baru agar tetap terjaga monopolinya.
(3) Tidak akan mungkin timbul perusahaan-perusahaan yang kecil sehingga perusahaan monopoli akan semakin besar.
Sementara itu, kelemahan pasar. monopoli, yaitu sebagai berikut.
(1) Timbul ketidakadilan karena keuntungan banyak dinikmati oleh produsen.
(2) Tidak efisiensinya biaya produksi, karena perusahaan monopoli tidak memanfaatkan secara penuh penghematan ongkos produksi atau sering disebut timbulnya pemborosan.
(3) Konsumen merasa berat karena harus membeli barang dengan harga sangat tinggi oleh perusahaan monopoli.
(4) Adanya unsur eksploitasi terhadap konsumen dan pemilik faktor-faktor produksi.
Cara pencegahan atau mengurangi monopoli yang dilakukan pemerintah, yaitu sebagai berikut.
(1) Mencegah munculnya monopoli dengan undang-undang antimonopoli.
(2) Mendirikan perusahaan tandingan yang mampu menyaingi monopolis.
(3) Membuka impor untuk barang yang diproduksi oleh monopolis.
(4) Campur tangan pemerintah dalam penentuan produksi dan penentuan harga.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.