Pengertian Bank menurut para ahli

Pengertian Bank menurut para ahli

Saat ini, mungkin tidak ada yang asing lagi dengan bank, kantor-kantor bank, fasilitas-fasilitasnya seperti ATM pemanfaatan kartu-kartu kredit dan debitnya hingga kepada pengucuran dana yang terkenal dengan kredit. Bahkan berbagai kemudahan seperti pembayaranpajak,listrik,pembelian pulsa, pajak air,serta pembayaran uang sekolah yang disediakan oleh bank bisa kamu manfaatkan. Dengan demikian, segala jenis transaksi ekonomi lebih mudah dilakukan dengan jasa bank. Adakah di antara kamu yang menjadi nasabah di bank-bank di daerahmu? Apa sajakah jenis-jenis bank, bagaimanakah prinsip kegiatan usaha bank, serta apa sajakah produk-produk yang disediakan oleh bank?

Bank2

 Pengertian Bank

Kata bank berasal dari bahasa Italia banque atau banca yang berarti bangku Para bankir Florence pada masa Renaissans melakukan transaksi mereka dengan duduk di belakang meja penukaran uang, berbeda dengan pekerjaan kebanyakan orang yang pada saat itu tidak memungkinkan mereka untuk duduk sambil bekerja. Maka, sejak saat itu, transaksi keuangan para bankir dikenal luas dengan sebutan banca atau bank.
Kamu sudah tidak asing lagi dengan sebutan bank bahkan berbagai jenis transaksi mungkin pernah kamu lakukan dengan melibatkan bank. Nah, apakah pengertian bank di negara kita? Apakah pula pengertian perbankan?
Disebutkan dalam Pasal 1 UU No. 10 Tahun 1998 tentang Perbankan, Perbankan adalah segala sesuatu yang menyangkut tentang bank, mencakup kelembagaan, kegiatan usaha, serta cara dan proses dalam melaksanakan kegiatan usahanya. Adapun pengertian Bank menurut UU No. 19 Tahun 1998 adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk-bentuk lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup rakyat banyak. Pengertian bank tidak hanya disebutkan dalam UU No. 10 Tahun 1998 tersebut, namun juga disebutkan oleh para ahli dan sumber-sumber berikut.

a. B.M. Ajuha
“Bank provided means by Which capital is transferred from those who cannot use it profitable to those who can use it productively for the society as whole. Bank provided which channel to invest without any risk and at a good rate of interest. (dikutip dari Malayu S. P. Hasibuan, 2009) Maksudnya, bank umum adalah lembaga keuangan, pencipta uang, pengumpul dana dan penyalur kredit, pelaksana lalu lintas pembayaran, stabilisator moneter, serta dinamisator pertumbuhan perekonomian.

b.Kasmir
Menurut Kasmir dalam bukunya Manajemen Perbankan, (2010:11),mengatakan pengertian bank adalah lembaga keuangan yang kegiatan utamanya adalah menghimpun dana dari masyarakat dan menyalurkannya kembali dana tersebut ke masyarakat serta memberikan jasa bank lainnya.
c.Macleod
Tugas bank menurut Macleod adalah menciptakan kredit, sedangkan bankir adalah pengusaha yang membeli uang dan peminjam dengan cara menciptakan pinjaman lainnya.
d. R.G. Hawtery
Pengusaha bank adalah pedagang yang mengadakan transaksi kredit, yang berupa penerimaan dan pengeluaran kredit.
e.A. Hann Menurut A. Hann tugas bank terletak pada pemberian pinjaman dengan cara menciptakan pinjaman dari simpanan yang dipercayakan.
f.UU No. 23 Tahun 1999
Bank adalah Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat sebagaimana dimaksud dalam undang-undang tentang perbankan yang berlaku.

Secara umum,bank adalah lembaga yang dipercaya masyarakat yang berfungsi sebagal lembaga intermediasi, membantu kelancaran sistem pembayaran dan yang tidak kalah pentingnya adalah sebagai lembaga yang menjadi sarana dalam pelaksanaan kebijakan pemerintah, yaitu kebijakan moneter. Bank merupakan lembaga keuangan yang penting dalam perekonomian negara.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.