#8 Cara Ampuh Mengatasi Kulit Berminyak – Anda akan dapat melihat jika kulit berminyak pada cermin, dengan menghadap ke cermin, akan terlihat seberapa banyak minyak yang menempel di kulit Anda, tentu hal ini akan membuat Anda menjadi kurangnya rasa percaya diri. Tapi pernahkan Anda memperhatikan dengan seksama, yaitu apa saja jenis kulit yang dimiliki oleh Anda pada saat  bercermin? Tentunya Anda sering memperhatikannya, apalagi bagi kulit yang berminyak, tanpa bercermin juga pasti Anda akan dapat merasakannya.

kulit-berminyak

Dengan masalah kulit yang berminyak tersebut pasti akan membuat Anda sangat merasa terganggu dan juga dapat membuat tidak nyaman pada diri kita, apalagi jika sedang rapat di kantor atau sedang berkumpul dengan teman-teman di sekolah atau di kampus. Mengapa demikian? Karena hal tersebut disebabkan oleh produksi minyak pada wajah Anda tersebut terlalu berlebih dan akan membuat banyak polusi atau kotoran dan kemudian polusi tersebut melekat pada wajah Anda. Adapun selain itu pula wajah Anda akan sangat rentan sekali terkena jerawat, karena penumpukan minyak yang terdapat pada wajah Anda itu akan menyumbat pori-pori wajah, sehingga hal ini akan menimbulkan jerawat.

Terlebih dahulu sebelum kita mempelajari mengenai cara ampuh mengatasi kulit berminyak tersebut, kita harus tahu apa itu kulit berminyak? Kulit berminyak yaitu kulit yang mempunyai kelenjar lemak dengan produksi minyak yang berlebihan. Kulit berminyak memiliki ciri-ciri dan wajah yang terlihat mengkilap, pemakaian make up tidak akan dapat bertahan lama, dan akan mudah menimbulkan jerawat serta kotoran akan mudah menempel.

Dari beberapa contoh di atas, di sini Saya akan membagikan sedikit cara yang ampuh mengatasi kulit berminyak. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, kita harus mengenali apa saja penyebab kulit tersebut akan berminyak? Berikut ini penyebabnya:

  1. Pengaruh dari Makanan yang Berlemak
    Makanan yang banyak mengandung lemak tersebut tidak baik untuk dikonsumsi, apalagi dikonsumsi secara banyak dan  berlebihan, karena akan dapat menyebabkan penimbunan lemak dan juga akan dapat menimbulkan bibit penyakit. Kemudian untuk masalah minyak yang berlebihan di kulit wajah, merupakan masalah ringan yang disebabkan oleh akibat dari mengkonsumsi makanan yang tinggi lemak. Solusinya adalah hanya dengan mengurangi mengkonsumsi makanan yang berlemak.
  2. Mempunyai Kelenjar Minyak yang Aktif pada Kulit
    Seseorang yang mempunyai jenis kulit yang berminyak akan mempunyai kelenjar minyak alami pula yang sering timbul dan dapat hinggap di wajah pada berbagai kesempatan. Kelenjar yang aktif tersebut akan memproduksi minyak dalam jumlah yang banyak bila dibandingkan dengan jenis kulit yang lain.
  3. Perubahan Hormon Tidak Stabil (Stres)
    Pada ssaat menstruasi, para wanita sering mengalami hormon yang sedang tidak stabil, jadi dengan kondisi yang seperti ini akan dapat mempengaruhi produksi jumlah minyak pada kulit wajah. Masa perubahan pada hormon disaat-saat sedang haid tersebut dapat membuat wanita sering pula mengalami stres dan tidak dapat mengendalikan rasa emosinya. Nah, dalam  keadaan yang seperti ini dapat meningkatkan dan menambah jumlah minyak alami yang terdapat di bawah kulit yang muncul sesaat setelah wanita mengalami tekanan pada pikiran dengan perasaan gelisah yang besar.
  4. Faktor Penggunaan Kosmetik
    Penggunaan kosmetik atau make-up yang tidak cocok dengan jenis kulit akan dapat mempengaruhi pula tingkat kestabilan minyak alami yang terdapat di bawah kulit wajah kita. Penggunaan alat kosmetik yang tidak cocok tersebut akan dapat merusak jaringan yang paling dalam di kulit dan akan dapaat pula meningkatkan produksi minyak itu menjadi tidak dapat terkendali. Jadi penggunaan make-up yang tidak sesuai tersebut juga dapat berlaku untuk semua jenis kulit.
  5. Faktor Cuaca
    Pada saat cuaca yang sedang berada dalam kondisi yang lembab dan panas, kulit akan lebih banyak memproduksi minyak, dengan hal ini biasanya adalah untuk menyesuaikan suhu kulit dengan keadaan di lingkungan sekitarnya.

Nah, dari beberapa penyebab di atas, perlu diketahui, bahwa banyak faktor yang menyebabkan kulit menjadi berminyak. Dan berikut ini cara ampuh untuk mengatasi kulit yang berminyak:

  1. Menggunakan Jeruk Nipis
    Jeruk nipis dapat menekan dan mengurangi produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah.Adapun cara menggunakan jeruk nipis untuk mengatasi kulitberminyak tersebut adalah sebagai berikut:
    – Ambil jeruk nipis satu atau dua buah, cuci sampai bersih.
    – Potong jeruk nipis yang sudah bersih tadi, kemudian airnya diperas.
    – Hasil perasan jeruk itu tadi Anda minum, kemudian kulitnya dioles-oleskan ke wajah.
    – Biarkan selama kurang lebih 25 menit
    – Cuci wajah Anda dengan menggunakan air hangat. Lakukan secara rutin seminggu sekali.
  2. Menggunakan Buah Nanas
    Bagi wanita, nanas tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan, sebab akan mempengaruhi produktivitas rahim. Akan tetapi jika dipakai untuk obat luar akan sangat lebih baik dan tidak menimbulkan efek yang buruk.Adapun cara menggunakan nanas untuk mengatasi kulit berminyak adalah:
    – Nanas dibuat menjadi jus, lalu siapkan santan secukupnya.
    – Aduk hingga merata.
    – Pakai kapas, kemudian Oleskan pada wajah.
    – Biarkan selama 25 menit sampai olesan nanas tadi kering kemudian bilas dengan air hangat, lalu Anda bilas lagi dengan menggunakan air dingin.
  3. Menggunakan Buah Apel
    Pada buah Apel terdapat kandungan anti lemak yang mampu mengangkat lemak dan kotoran pada wajah.Cara menggunakannya yaitu:
    – Siapkan 1 buah apel, potong menjadi beberapa bagian, kemudian siapkan madu.
    – Apel tersebut diblender hingga lembut.
    – Campurkan madu pada hasil blenderan apel tadi lalu kemudian aduk sampai merata.
    – Langkah selanjutnya adalah memasukkan apel dengan madu tadi ke dalam kulkas, biarkan selama hingga 15 menit.
    – Adonan apel dan madu tadi Anda pakai seperti anda menggunakan masker, jika perlu Anda gunakan kuas yang bersih untuk mengoleskan ke wajah.
    – Setelah itu biarkan selama beberapa menit.
    – Setelah selama 30 menit atau lebih, bilas wajah Anda dengan air hangat kemudian Anda bilas lagi dengan menggunakan air dingin.
    – Lakukan secara rutin minimal seminggu sekali.
  4. Menggunakan Buah Semangka
    Buah semangkan juga dapat digunakan untuk mengatasi kulitwajah yang berminyak.Caranya antara lain sebagai berikut:
    – Siapkan kulit semangka sebanyak 1 potong saja, kemudian siapkan juga lidah buaya dan mentimun.
    – Kulit semangka tersebut dijemur hingga kering, kemudian haluskan dengan cara ditumbuk (diblender) sampai lembut.
    – Haluskan pula daging lidah buaya dan mentimun.
    – Campurkan kemudian aduk hingga merata.
    – Lalu oleskan pada wajah lalu diamkan selama beberapa saat.
    – Bilas dengan air bersih.
  5. Menggunakan Buah Anggur
    Caranya adalah:
    – Cukup hanya memotong buah anggur kemudian oleskan ke wajah.
    – Lakukan olesan tersebut hingg merata di wajah Anda.
    – Tunggu hingga kering selama 20 menit atau lebih.
    – Bilas dengan air dingin.
  6. Menggunakan Buah Tomat
    Caranya yaitu:
    – Haluskan buah tomat yang sudah tua.
    – Kemudian jadikan masker harian untuk dapat mengurangi minyak yang berlebih dan untuk mengangkat segala jenis kotoran serta semua polusi udara yang tersembunyi di dalam pori-pori kulit Anda.
    – Lakukan rutinitas ini setelah Anda pulang dari kerja
    – Pakailah selama 30 menit menjelang hendak tidur dimalam hari.
    – Bilas dengan air dingin hingga bersih.
  7. Menggunakan Putih Telur
    Putih telur kaya akan manfaatnya, selain bisa digunakan untuk mencerahkan dan mengencangkan kulit,putih telur mampu juga menstabilkan kadar minyak yang berlebihan pada jenis kulit berminyak.Caranya adalah:
    – Gunakan putih telur setelah Anda selesai melakukan aktivitas sehari-hari dan sesudah mandi agar kadar minyak di kulit tetap stabil dan tidak banyak memproduksi minyaknya.
    – Lakukan secara rutin selama beberapa minggu.
  8. Menggunakan Buah Mentimun
    Buah mentimun ini cukup efektif untuk salah satu perawatan kulit, sebab mentimun banyak mengandung vitamin yang diperlukan oleh kulit Anda.Caranya yaitu:
    – Haluskan atau blenderkan 1 buah mentimun sampai halus.
    – Setelah itu lalu Anda oleskan pada daerah sekitar wajah Anda.
    – Diamkan sejenak sampai lebih kurang 30 menit.
    – Setelah itu cuci wajah Anda dengan menggunakan air bersih.

Nah, dari beberapa tips untuk mengatasi kulit berminya dengan cara di atas cukup mudah dilakukan, itu juga masker alami untuk menghilangkan minyak pada kulit secara alami yang bisa dilakukan sendiri di rumah. Untuk hasil yang lebih baik, lakukanlah proses maskeran itu tadi dengan keadaan yang santai dan rileks (bisa dilakukan sambil tiduran). Lupakan sejenak semua permasalah yang Anda alami, untuk hasil yang lebih baik tersebut, karena pengaruh stres akan menjadi penyebab utama wajah Anda berminyak. Pastikan Anda lebih merasa nyaman dan lebih baik.

Demikianlah Cara Ampuh Mengatasi Kulit yang Berminyak Secara Alami. Terimakasih atas kunjungan dan waktunya dalam membaca artikel ini, semoga memberikan manfaat dan memberikan yang terbaik untuk masalah kulit Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.