Membuat Media Tanam Kecambah Sawit Tumbuh Sehat dan Subur | CV Tagar Benua

 Sebagaimana ilmu pertanian dan perkebunan, menyiapkan media tanam adalah hal yang sangat mendasar dan sangat penting untuk dibentuk dengan baik. Hal ini akan memberikan efek pada pertumbuhan pada saat penyemaian, khususnya kecambah sawit yang mana perlu dibesarkan didalam polibek sebelum ditanam ke lahan perkebunan. 

Media tanam kecambah yang baik akan memberikan efek pertumbuhan yang baik dan juga akan memudahkan ketika melakukan perawatan untuk pembesaran bibit sawit yang kita tanam. Mari kita membuat media tanam yang cocok  untuk kecambah kelapa sawit unggul yang ingin tumbuh subur.

1. Tanah Mineral

    Tanah mineral merupakan tanah pada umumnya sangat baik untuk ditanami asal jangan tanah gambut untuk membuat pembibitan karena akan sulit dalam perawatan. Tanah yang baik adalah yang tidak liat supaya dapat meresap air dengan baik, pengambilan tanah ini baiknya maksimal 30Cm dari permukaan tanah. Apabila tanah yang didapati bukan bagian humus lagi tidak masalah asalkan kedalamannya masih berkisar di 30 Cm. Kalau terpaksa menggunakan tanah yang lebih dalam bisa saja asal jangan lebih dari kedalaman 1 meter karena saya yakin tanah tersebut sudah sangat liat sekali.

Gambar diatas ini adalah contoh media tanam tanah permukaan kurang lebih kedalaman 30cm. Keadaannya tidak dilakukan pencampuran dengan pupuk dasar tapi masih cukup gembur dan air mudah untuk meresap.

Gambar diatas ini adalah media tanam yang pengambilan tanahnya dengan kedalaman lebih dari 30cm, seingatku saat pengambilan media di pembibitanku ini adalah sampai 80cm dan ini adalah salah satu contohnya. Air tidak poros, agak sulit meresap kedalam dan ketika air meresap maka airnya terperangkap didalam media tanam. Perlakuannya harus rajin melakukan penggemburan.

2. Pupuk Dasar

    Penggunaan Pupuk dasar untuk pembibitan adalah hukumnya wajib, agar dapat menggenjot pertumbuhan tanaman sawit dengan baik, biasanya penggunaan pupuk dasar ini disiapkan pada Polibag main nursery. Apabila rekan-rekan tidak menggunakan tahapan pre-nursery tidak perlu khawatir bahwa pupuk dasar ini pun akan tetap berguna dengan baik. Lalu untuk takaran pupuk dasar ini sebagai berikut.

   *  Rock Phospate 60gram/bag 

   * Dolomite 40gram/bag

Untuk menakar pencampuran dengan jumlah yang banyak, rekan-rekan hanya perlu mencoba sebuah takaran. Misal 1 Kubik Tanah dapat mengisi berapa polibek, jika sudah diketahui maka tinggal mengalikan jumlah pupuknya sesuai polibek yang terisi. 

Berikut perhitungannya:

1 Kubik tanah dapat mengisi 50 Polibek, maka untuk mendapatkan takaran Rock Phospate 50x60gram, Hasilnya adalah 3000gram atau 3kilogram untuk 1 kubik tanah. Hal serupa juga dapat dilakukan untuk menghitung takaran dolomit. 

Setelah kita mendapatkan takaran untuk pupuk dasar dan tanah maka sekarang tugas kita adalah mencampur tanah dan pupuk dasar secara merata lalu mengisikannya kedalam polibek.


Baiknya media tanam ini sudah disiapkan sebulan sebelum tanam untuk mendapatkan hasil yang maksimal jangan lupa media ini baiknya disiram untuk dapat mencampur dengan baik, pupuk dasar ini akan menjadi pembenah tanah yang baik dimana dolomit akan menetralisir PH tanah dan Rock Phospate memberikan nutrisi perakaran dan pertumbuhan. 


Sumber: The Brondol Videos on Youtube

Post a Comment for "Membuat Media Tanam Kecambah Sawit Tumbuh Sehat dan Subur | CV Tagar Benua"